sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Ampuh Mengusir Rasa Ngantuk Selama Puasa Ramadan

Lulu Lukyani | Selasa, 13 Apr 2021 17:30 WIB
5 Tips Ampuh Mengusir Rasa Ngantuk Selama Puasa Ramadan
caption
Jakarta -

Selain pola makan, pola tidur selama bulan Ramadan pun ikut berubah. Akibatnya, kita jadi lebih mudah mengantuk di siang hari dan tubuh terasa lemas saat menjalankan aktivitas. Biasanya, rasa kantuk mulai menyerang sejak pagi hingga siang hari. Apalagi, di siang hari tubuh mulai mengalami penurunan kadar gula darah.

Agar hari-harimu tetap produktiv selama bulan Ramadhan, berikut adalah tips mengusir rasa ngantuk, sebagaimana dilansir dari WebMD.

1. Bergerak

Ilustrasi berjalan kaki.
Ilustrasi berjalan kaki/Freepik

Robert Thayer, PhD, profesor di California State University, mengatakan bahwa berjala kaki selama 10 menit mampu meningkatkan energi selama dua jam. Ini disebabkan tubuh memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot.

Sering-seringlah bangun untuk bergerak atau berjalan sebentar. Misalnya, saat istirahat bekerja, sempatkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kantor agar tubuh tetap segar.

2. Tidur siang

Ilustrasi tidur siang.
Ilustrasi tidur siang/Freepik

Jika memungkinkan, tidur siang bisa menjadi pilihan untuk mengusir rasa ngantuk saat berpuasa. Durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah maksimal 25 menit.

Bagi yang bekerja di kantor, solusi ini sulit dilakukan karena memaksakan tidur di meja bukan ide yang baik. Kebiasaan ini hanya akan membuat tubuh merasa lebih lelah.

3. Istirahatkan mata

Ilustrasi bekerja di depan layar laptop.
Ilustrasi bekerja di depan layar laptop/Freepik

Menatap layar komputer terus-menerus akan menyebabkan mata lelah sehingga memperburuk rasa kantuk. Solusinya, alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala agar mata lebih rileks.

4. Mengobrol

Ilustrasi mengobrol.
Ilustrasi mengobrol/Freepik

Mengobrol dengan teman kerja bisa jadi obat untuk mengusir rasa kantuk. Aktivitas mengobrol akan membuat pikiran kembali bergerak dan segar.

Apalagi, jika obrolannya adalah seputar hal-hal yang kamu sukai. Tentunya kamu lebih antusias dan lupa dengan rasa kantuk.

5. Ambil nafas dalam

Ilustrasi latihan pernapasan.
Ilustrasi latihan pernapasan/Freepik

Mengambil nafas dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Ini akan memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

Untuk melakukannya, ambil napas dalam ke perut, bukan dada. Lakukan sambil duduk tegak dan coba hingga 10 kali. Dalam yoga, teknik merangsang napas digunakan untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan dengan cepat.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id