sign up SIGN UP

LIFE

3 Cara Penting Merawat Tanaman Hidroponik Agar Tetap Tumbuh Sehat

tyana | Sabtu, 14 Nov 2020 10:30 WIB
3 Cara Penting Merawat Tanaman Hidroponik Agar Tetap Tumbuh Sehat
caption

Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih menanam sayur secara hidroponik dibandingkan menggunakan media tanam berupa tanah. Hidroponik merupakan sistem penanaman dengan menggunakan media air. Sistem penanam ini memiliki banyak manfaat tak hanya hemat lahan tetapi juga aman dari gangguan cacing. 

Dibalik semua kelebihan yang dimiliki, tanaman hidroponik juga membutuhkan perawatan yang benar agar tumbuh dengan baik dan sehat.

1. Memenuhi Nutrisi yang Cukup

Cara Merawat Tanaman Hidroponik
Tanaman Hidroponik/pinterest.com/segretofinishe

Sama halnya dengan tanaman konvensional, tanaman hidroponik juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Apalagi tanaman hidroponik hanya bergantung pada pemberian nutrisi pada bak air tanpa bisa menyerap nutrisi dari tanah.

Untuk itu pastikan nutrisi yang berada dalam bak air cukup agar tanaman hidroponik tumbuh dengan baik dan sehat. Pastikan juga nutrisi yang diberikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman karena setiap tanaman memiliki perbedaan kebutuhan nutrisi. Lakukan pengecekan nutrisi setiap 3 hari sekali untuk memastikan tanaman hidroponik tidak kekurangan sumber makanan. 

2. Pencahayaan 

Cara Merawat Tanaman Hidroponik
Tanaman Hidroponik/pinterest.com/buzzfeed

Tak kalah penting dari pemberian nutrisi, tanaman membutuhkan sinar matahari untuk pembuatan makanan. Seperti yang kita tahu tumbuhan melakukan fotosintesis untuk hidup. Pastikan tempat penyimpanan hidroponik terpapar cahaya matahari yang cukup. 

Agar tanaman dapat hidup dengan baik dan sehat dibutuhkan minimal 5 jam pencahayaan, tetapi ada beberapa tanaman juga yang membutuhkan sedikit paparan cahaya atau membutuhkan lebih banyak paparan sinar matahari.

3. Membersihkan dari Lumut dan Pengganggu 

Cara Merawat Tanaman Hidroponik
Tanaman Hidroponik/pinterest.com/merlinneedshelp

Tanaman hidroponik memang memiliki resiko yang kecil mendapat gangguan dari cacing, tetapi karena hidup dengan perantara air tanaman hidroponik juga membutuhkan perawatan khusus agar tidak menjadi sarang penyakit dan nyamuk. Pastikan agar air dalam bak tetap mengalir dan bersih dari renik nyamuk.

Hidup dengan perantara air membuat tanaman hidroponik juga sering diganggu oleh lumut. Untuk itu pastikan untuk membersihkan lumut agar tanaman dapat mendapatkan nutrisi dengan cukup.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tanaman dengan cara memotong daun yang kering ataupun layu agar tanaman terlihat indah dan sehat. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id