sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Sederhana Menghilangkan Hama di Tanaman Hias

Budi Rahmah Panjaitan | Jumat, 06 Nov 2020 09:00 WIB
5 Cara Sederhana Menghilangkan Hama di Tanaman Hias
caption

Hobi menanam dan mengoleksi tanaman hias memang menjadi sangat populer belakangan ini. Terlebih lagi saat pandemi, menanam dapat dijadikan salah satu kegiatan positif selama di rumah saja. Namun satu permasalahan yang muncul adalah hama yang menyerang tanaman hias tersebut. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara sederhana menghilangkan hama di tanaman hias. Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Puntung Rokok

puntung rokok mengandung nikotin yang dapat membasmi hama/freepik.com
puntung rokok/freepik.com

Cara sederhana pertama untuk membasmi hama ialah menggunakan puntung rokok. Kamu bisa menggunakan puntung rokok sebagai pestisida alami. Kemampuan puntung rokok membasmi hama ini didapatkan dari kandungan nikotin yang ada di dalamnya. Ya, nikotin ini bisa menurunkan nafsu makan si hama dengan cara mengganggu sistem saraf pusatnya. Kelebihan lain dari puntung rokok ini ialah mudah terurai di alam sehingga lebih ramah lingkungan.

Cara membuatnya pun terbilang mudah, kamu tinggal sediakan sekitar 1 ons limbah puntung rokok, sabun colek 1 sendok teh dan air sekitar 7 liter. Setelah semua bahan terkumpul, bersihkan puntung rokok kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 7 hari. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan zat-zat yang ada di dalam putung rokok tersebut.

Jika sudah 7 hari, saring air rendaman kemudian tambahkan sabun colek ke dalamnya. Aduk menjadi satu lalu masukkan ke dalam botol spray. Finally, pestisida alami dari puntung rokok siap digunakan. Kamu bisa semprotkan pada tanaman agar terhindar dari hama seperti belalang, kutu dan juga ulat.

Soda Kue

soda kue selain dapat membasmi hama juga bisa menyeimbangkan pH tanah/freepik.com
soda kue/freepik.com

Selanjutnya ada cara sederhana menggunakan soda kue untuk membasmi hama yang ada pada tanaman hias. Cara membuatnya sangat mudah, kamu tinggal campurkan soda kue dengan dengan sabun kemudian di semprotkan ke tanaman hias. Campuran bahan ini mampu mengatasi hama seperti jamur hitam, kutu, serangga dan beberapa hama lainnya.

Selain itu, campuran ini juga bisa dipakai untuk mengusir semut dengan cara mencampurkan soda kue bersama bordo. Bagusnya lagi, pestisida alami ini bisa menjaga pH tanah agar tetap seimbang. Sebagaimana yang diketahui, pH yang seimbang akan lebih baik untuk mencegah berbagai hama untuk menyerang tanaman hias.

Bawang Putih

bawang putih dicampur dengan sabun cukup efektif membasmi hama/freepik.com
bawang putih/freepik.com

Apakah kamu pernah terpikir menggunakan bawang putih untuk membasmi hama? Ya, bawang putih juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan pembasmi hama pada tanaman hias. Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal haluskan 4 atau 5 bawang putih kemudian masukkan ke dalam air 1 liter. Setelah itu, tambahkan sabun herbal sebanyak 4 sampai 5 tetes.

Lanjutkan dengan menyaring campuran agar ampasnya terpisah. Setelah itu, simpan cairan di dalam botol kaca dengan penutup yang rapat. Untuk mengaplikasikannya pada tanaman, kamu tinggal encerkan cairan tersebut menggunakan 2 ½ gelas air.

Semprot pada tanaman yang ingin dibasmi hamanya. Campuran ini bisa membasmi berbagai hama seperti siput, kupu-kupu putih, semut, kutu daun, rayap dan juga kumbang.

Daun Pepaya

daun pepaya dapat membasmi hama seperti rayap, ulat dan aphids/freepik.com
daun pepaya/freepik.com

Tidak ketinggalan, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya sebagai pembasmi hama tanaman hias. Adanya kandungan alkaloid, glikosida dan enzim papain di dalamnya mampu mengendalikan hama seperti ulat bulu, aphids dan juga rayap. Cara membuatnya terbilang mudah, kamu tinggal siapkan daun pepaya sekitar 1 kilogram lalu blender dengan campuran air hingga teksturnya berubah seperti bubur.

Jika sudah, tuang campurannya ke dalam wadah lalu tambahkan 1 liter air. Aduk hingga merata dan diamkan selama 2 malam. Jika sudah 2 malam, maka lanjutkan dengan penyaringan dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Alhasil, pembasmi hama dari daun pepaya siap digunakan.

Kapur Sirih

kapur sirih mengandung zat penol dan kavokol yang bisa membasmi hama/shoope.co.id
kapur sirih/shoope.co.id

Nah, yang terakhir ada kapur sirih yang bisa kamu gunakan untuk membasmi tanaman hias dengan cara sangat mudah. Siapkan 100 gram kapur sirih dan 1 liter air kemudian campurkan keduanya.

Aduk hingga merata lalu masukkan ke dalam botol penyemprot untuk segera di aplikasikan ke tanaman hias. Adanya kandungan zat fenol dan kavokol di dalam kapur sirih mampu membunuh hama pengisap seperti tungau. Untuk itu, bahan satu ini wajib banget deh kamu coba.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id