sign up SIGN UP

5 Hal Ini yang Biasanya Jadi Alasan Seseorang Melakukan Self-Harm atau Melukai Diri Sendiri

Siti Mukaromah | Selasa, 28 Sep 2021 23:30 WIB
5 Hal Ini yang Biasanya Jadi Alasan Seseorang Melakukan Self-Harm atau Melukai Diri Sendiri
caption

Cara seseorang untuk mengekspresikan emosi negatif ada beragam bentuk. Mulai dari menangis, sampai membanting atau melempar benda-benda yang ada di sekitarnya. Ada juga orang yang melukai dirinya sendiri agar merasa lebih tenang dan lega, hal ini disebut juga dengan Self-harm.

Menurut National Alliance on Mental Illness, Self-harm  merupakan salah satu upaya untuk melukai diri sendiri dengan sengaja. Salah satu metode yang sering digunakan adalah menggunakan benda tajam.

Tapi, dalam kasus lain seseorang bisa saja berkeinginan untuk membuat luka bakar, mencabut rambut atau mencungkil luka untuk mencegah penyembuhan. Dalam kasus yang lebih ekstrem lagi, seseorang yang menyakiti dirinya sendiri bisa mengakibatkan patah tulang.

Dikutip dari laman Instagram Biro Psikologi Dinamis, sebuah akun yang memberikan layanan kesehatan mental mengungkapkan, bahwa ada beberapa hal yang dapat memicu seseorang untuk melukai dirinya sendiri. Di antaranya:

Tekanan Emosional yang Terpendam

self-harm, mental health
Tekanan karena menahan emosi/Pexels.com/Andrew Neel

Seseorang yang berusaha untuk menyakiti dirinya sendiri biasanya termasuk orang yang segan untuk berbagi cerita, tentang apa yang sudah atau sedang ia alami. Oleh karena itu, ia akan terus-menerus memendam emosi yang sedang dialami. Sampai-sampai si korban merasa ingin 'meledak', sehingga ia cenderung akan melampiaskan emosi dengan menyakiti diri sendiri.

Melakukan Self-harm Sebagai Pengalih Perhatian

Tindakan menyakiti diri sendiri yang dilakukan sebagai upaya mengalihkan perhatian adalah ketika seseorang mengalami “trigger” terkait hal-hal yang membuat mereka merasa gelisah, kewalahan atau traumatis.

Perasaan Bersalah

self-harm, mental health
Melakukan self-harm karena merasa bersalah/pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika melakukan kesalahan yang mereka pikir tidak dapat ditangani hingga membuat mereka merasa malu, seseorang yang kerap kali menyakiti dirinya biasanya cenderung akan melampiaskan kekesalannya dengan cara melukai dirinya sendiri. Nah, hal ini dirasa sebagai upaya penebusan atas kesalahan yang telah mereka perbuat.

Merasa Putus Asa

Beauties, kamu mungkin pernah merasa buntu, atas permasalahan yang sedang dihadapi. Kebanyakan orang mungkin akan mulai mencari solusi dengan mengomunikasikan dan mendiskusikan masalah yang sedang ia alami.

Namun, lain halnya dengan mereka yang suka menyakiti dirinya sendiri. Mereka dapat putus asa karena merasa tidak bisa membangun komunikasi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, sehingga lebih memilih untuk menyakiti diri mereka sendiri.

Perasaan ‘Mati Rasa’

self-harm, mental health
Mati rasa/pexes.com/eman genatela

Seseorang yang mulai mengalami mati rasa diakibatkan adanya trauma psikologis yang ia alami, cenderung melakukan self harm.

Beauties, jika kamu termasuk salah satu orang yang melakukan self-harm, ada baiknya untuk mulai berbagi cerita tentang masalah yang sedang kamu alami pada orang terpercaya, atau menghubungi tenaga ahli seperti psikolog.

Karena meskipun kamu berpikir melukai diri sendiri akan membuat perasaanmu lebih lega dan tenang, namun masih banyak cara untuk mengolah perasaanmu tanpa harus menyakiti diri sendiri.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id