sign up SIGN UP

LIFE

5 Hal Menjelang Tidur yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan, Nomor 3 Sering Banget!

Nisrina Salsabila | Jumat, 16 Oct 2020 21:00 WIB
5 Hal Menjelang Tidur yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan, Nomor 3 Sering Banget!
caption
Jakarta -

Ladies, pernah nggak sih kalian masih merasa capek dan pegal-pegal padahal sudah tidur 8 jam? Mungkin tidurmu kurang nyenyak, tuh! Bukan hanya tentang kuantitas, akan tetapi kualitas tidur yang baik juga perlu diperhatikan agar kita bisa tidur dengan nyenyak. Kualitas tidur yang baik dapat mengoptimalkan proses regenerasi sistem tubuh serta memperlancar aliran darah, sehingga bangun jadi lebih segar. Bahkan, istirahat yang cukup juga memengaruhi suasana hati, berat badan, dan kesehatan emosional kita, loh, Ladies.

Meskipun tidur merupakan aktivitas sehari-hari, namun masih banyak dari kita yang kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum tidur yang justru dapat mempengaruhi kualitas tidur. Wah, apa saja ya, Ladies? Pastikan setelah membaca artikel ini kamu tidak melakukannya lagi, ya!


1. Belum Membersihkan Wajah dan Badan

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur
Belum membersihkan makeup sebelum tidur/Foto: Pinterest

Ternyata, membiarkan tidur dengan wajah dan badan yang masih kotor dapat memengaruhi kualitas tidur, loh, Ladies. Hal tersebut membuat kulit tidak bisa bernapas serta menimbulkan rasa tidak nyaman karena lengket dan bau. Lantas, bagaimana kalau kita baru selesai bekerja di malam hari? Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari laman KlikDokter, tidak ada larangan untuk mandi malam menggunakan air dingin maupun hangat. Justru, hal tersebut dapat membantu kita tidur lebih pulas lantaran membuat tubuh lebih relaks dan melemaskan otot tegang. Terakhir, ada baiknya pula kita menyikat gigi dan mencuci kaki sebelum tidur. 

2. Pakaian Pagi Hari Masih Dipakai di Malam Hari

Kesalahan yang dilakukan sebelum tidur
Gunakan piyama yang longgar dan berbahan katun/Foto: Pinterest

Apa Ladies pernah jatuh terlelap ke tempat tidur dengan pakaian kerja lengkap atau tidur dengan pakaian ketat? Faktanya, dalam satu hari manusia mengeluarkan keringat, minyak, dan sel-sel kulit mati yang akhirnya menempel pada baju yang kamu kenakan. Lalu, mengenakan pakaian ketat saat tidur dapat menghambat peredaran darah.

Tips: Pilih piyama yang longgar dan berbahan menyerap keringat (seperti katun dan kaos) sebelum Ladies pergi tidur.

3. Main Gadget Jadi Lupa Waktu

Kesalahan yang dilakukan sebelum tidur
Bermain gadget sebelum tidur/Foto: Pinterest

Tahukah Ladies, dokter menyarankan untuk menyisihkan gadget/ponselmu setidaknya 30 menit sebelum kamu menutup mata di malam hari. Alasannya, stimulasi visual tidak sehat untuk otakmu sebelum tidur. Alih-alih menonton serial kesayanganmu di ponsel supaya mata jadi lelah sampai kamu terlelap, yang ada malah membuatmu terjaga hingga larut malam. Jadi, alokasikan waktu yang tepat, ya, untuk bermedia sosial, menonton atau melakukan hobimu.

4. Mengonsumsi Kafein, Gula, Alkohol atau Merokok

Kesalahan yang dilakukan sebelum tidur
Hindari kafein dan rokok sebelum tidur/Foto: Pinterest

Kafein, alkohol, gula, dan rokok mampu memengaruhi tubuhmu secara dramatis. Semakin dekat kamu mengonsumsinya dengan waktu tidur, semakin negatif pula efeknya. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, gula, alkohol maupun menghisap rokok, bakal mengganggu siklus tidur kamu serta memengaruhi tidur REM (Rapid Eye Movement/kondisi normal setelah kita mulai tidur, ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata yang berlangsung sekitar 90 menit).

5. Tidur dalam Keadaan Terang-Benderang

Kesalahan yang dilakukan sebelum tidur
Lampu tidur berona biru di kamar/Foto: Pinterest

Eits, maksudnya bukan tidur di siang hari, ya, melainkan tidur dengan lampu kamar yang masih menyala. Kualitas tidur lebih mudah diperoleh dalam gelap tanpa gangguan bagi mata lelahmu. Menurut laman Healthline.com, paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih nyenyak, bahkan berhubungan dengan beberapa efek samping berbahaya, seperti gangguan hormon, memicu obesitas hingga kanker payudara.

Tips: Pastikan tidak ada lampu yang menyala di kamarmu, atau setidaknya gunakan lampu tidur khusus. Setel suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau hangat dengan udara yang segar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id