sign up SIGN UP

LIFE

6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Mendukung Tubuh Cepat Langsing

Henny Alifah | Rabu, 14 Oct 2020 23:45 WIB
6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Mendukung Tubuh Cepat Langsing
caption

Rajin menerapkan beberapa kebiasaan sebelum tidur dapat menghilangkan timbunan lemak yang tak diinginkan dari tubuh. Pertama, tidur yang berkualitas terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan berat badan. Kedua, kebiasaan dapat membentuk diri dan bahkan hidup seseorang.

Tak salah jika di antara sekian banyak tips langsing, enam di antaranya adalah menjalani kebiasaan ini sebelum tidur.

1. Makan malam dengan menu makan yang seimbang

makan malam dengan menu makan yang seimbang merupakan salah satu kebiasaan sebelum tidur yang bikin langsing
Sup Lentil/Foto: Pexels.com/Navada Ra

Makanan seimbang yang dimaksud di sini adalah makanan yang memenuhi karbohidrat, protein, dan lemak. Ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak akan tidur dalam keadaan lapar, sebagaimana yang dilansir dari Foxnews.

Protein rendah lemak yang berkualitas tinggi seperti ikan, ayam, buncis atau lentil, dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang pertumbuhan dan perbaikan otot. Dengan demikian, kamu dapat terus membakar kalori sepanjang malam.

2. Minum secangkir teh herbal hangat

kebiasaan minum teh herbal sebelum tidur bisa bikin langsing
Teh Chamomile/Foto: Pexels.com/cottonbro

Tips langsing yang kedua, minumlah secangkir teh herbal yang hangat menjelang waktu tidur. Teh herbal secara alami bebas kafein. Teh herbal memberikan efek yang rileks menenangkan. Cobalah teh chamomile hangat untuk melepas lelah sebelum tidur. Dengan demikian kamu bisa tidur nyenyak yang berkualitas, yang kemudian dapat mengurangi berat badan.

3. Yoga

melakukan yoga sebelum tidur bisa bikin langsing
Yoga/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu juga bisa cepat langsing dengan melakukan yoga sebelum tidur. Yoga malam hari adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh benar-benar rileks sebelum tidur. Menarik napas dalam-dalam ke dalam gerakan yoga juga dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis untuk mengurangi ketegangan sehingga membantu kamu tidur lebih nyenyak.

4. Sibukkan diri dengan hobi

melakukan hobi sebelum tidur seperti membaca buku bisa bikin langsing
Baca Buku/Foto: Pexels.com/Thought Catalog

Upaya langsing juga dapat dilakukan dengan terus menyibukkan diri sebelum tidur. Seringkali orang makan berlebihan di malam hari karena mereka bosan. Sebagai alternatif, cobalah membaca buku, mengajak anjing jalan-jalan, atau melakukan aktivitas lain yang akan mencegah kamu bolak-balik mengecek isi kulkas dan makan tengah malam.

5. Mematikan lampu

mematikan lampu sebelum tidur bisa bikin langsing
Lampu/Foto: Pexels.com/Taryn Elliott

Tips langsing berikutnya, matikan lampu sebelum tidur atau gunakan cahaya redup. Cahaya terang saat tidur dapat mengurangi produksi melatonin, yang kemudian akan mengganggu kualitas tidur. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Oxford University, Inggris, diketahui bahwa perempuan yang tidur di kamar paling gelap memiliki kemungkinan 21 persen lebih kecil untuk mengalami obesitas dibandingkan wanita yang tidur di kamar paling terang.

6. Bersegera membersihkan dan menyikat gigi

menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan sebelum tidur yang bikin langsing
Sikat Gigi/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Biar cepat langsing, disarankan pula untuk segera menyikat gigi sebelum tidur. Saat gigi terasa bersih dan segar, kamu bisa jadi berpikir dua kali sebelum ngemil, bahkan malah bertanya pada diri sendiri apakah benar-benar lapar atau tidak. Jadi, bersihkan dan sikatlah gigi lebih awal di malam hari untuk mengurangi godaan ngemil.

Selain keenam tips langsing ini, jadwal tidur yang teratur juga bisa bikin cepat langsing. Jadwal tidur yang berantakan akan mengganggu produksi melatonin dan mengurangi kualitas tidur, sehingga kamu mungkin merasa lelah di pagi hari dan cenderung ingin makan camilan berkalori tinggi untuk meningkatkan energi. Dan, jangan lupa tetap rutin olahraga dan atur pola makan, ya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id