sign up SIGN UP

LIFE

Tips Menyusun Kembali Rutinitas yang Mulai Berantakan

Diyah Wulandini | Rabu, 07 Apr 2021 16:00 WIB
Tips Menyusun Kembali Rutinitas yang Mulai Berantakan
Foto: Perempuan Sedang Stress/freepik.com

Rutinitas yang padat bukannya membuat kamu semakin produktif, tapi juga dapat menghilangkan semangat secara enggak sadar. Jangan forsir tenaga dengan berlebihan, Ladies. Bisa-bisa rutinitasmu jadi semakin berantakan dan enggak terurus.

Beberapa tips berikut bisa kamu terapkan agar enggak terus terjebak dalam kesibukan melelahkan. Tanpa perlu khawatir terbengkalai, aktivitas padatmu tetap masih bisa dikontrol. Yuk, mulai terapkan hal sederhana yang enggak kalah penting buat kamu. 

Buat Planning Baru

Membuat perencanaan baru bisa membantu kamu mengatur kembali kesibukan yang sedang berantakan.
Membuat Perencanaan/foto: freepik.com

Memperbaiki segudang kesibukan yang menyita waktu memang paling benar dengan membuat perencanaan baru. Aktivitasmu yang sudah berantakan perlahan akan tersusun kembali. Hidup yang normal bisa kembali kamu dapatkan lho, Ladies.

Planning sederhana bisa dimulai dengan jadwal harian yang perlu dituntaskan dari pagi sampai menjelang waktu istirahat. Catat hal penting yang enggak boleh terlewat bersama batas waktunya. Ini bisa bikin kamu mengingat dan menuntaskan urusan lebih mudah.

Prioritaskan Kepentingan

Memikirkan skala kesulitan bisa memudahkan kamu untuk mempriotaskan aktivitas yang perlu dikerjakan.
Berpikir Keras/foto: freepik.com

Dari sekian urusan yang harus selesai pasti ada satu atau dua prioritas penting. Yuk, mulai bangkit dari tempat tidur dan memikirkan apa yang harus dilakukan saat ini juga. Aktivitas yang berantakan enggak bisa kamu abaikan begitu saja, Ladies.

Buat pertimbangan mana yang harus diselesaikan dalam waktu singkat sampai jangka panjang. Lihat kembali jadwal kesibukan yang kamu miliki. Urutkan kesibukan mulai dari yang terpenting sampai paling sederhana.

Atur Skala Kesulitan

Menimbangkan kepentingan mulai dari skala yang sulit sampai mudah sangat membantu mengatur jadwal kesibukan.
Perempuan Berpikir/foto: freepik.com

Kamu pasti paham urusan mana yang enggak boleh terlewat sampai bisa ditunda. Tapi, bukan berarti kamu boleh meninggalkan kepentingan lain. Bukannya memberi ruang istirahat, justru kesibukkanmu semakin padat dan berantakan.

Buat skala prioritas mulai saat ini juga. Utamakan hal yang paling sulit untuk diselesaikan lebih dulu. Menyelesaikan hal paling mudah bisa menjadi urusan belakangan melihat waktu yang diambil enggak cukup banyak.

Ambil Istirahat Cukup

Istirahat tetap perlu diambil di tengah banyaknya kesibukan agar mampu mengisi kembali energi.
Mengambil Istirahat/foto: freepik.com

Kamu harus mulai membuat pertimbangan penting ketika aktivitasmu mulai berantakan. Tapi, istirahat tentu enggak bisa ditinggalkan begitu saja. Masukkan waktu istirahat dalam segudang aktivitas yang sedang melanda.

Tubuhmu juga perlu waktu agar siap menerima kesibukan selanjutnya. Meski hanya 30 menit sampai 1 jam kesempatan tersebut juga sangat penting buat kamu. Jangan pernah lupakan makan siang ya, Ladies. Pastikan energimu juga tercukupi.

[Gambas:Instagram]

Hargai Setiap Pencapaian

Mengapresiai pekerjaan yang sudah terselesaikan mampu mengembalikan energi untuk beraktivitas kembali.
Menyelesaikan Pekerjaan/foto: freepik.com

Bukan salah kamu jika ada kesibukan yang tertunda. Kamu bisa mengambil kesempatan lebih banyak untuk memperbaiki hal yang belum sempat terselesaikan. Hargai setiap pencapaian yang sudah kamu buat tanpa perlu menyesal berlebihan.

Ungkapkan terimakasih atas semua kepentingan yang sudah berhasil kamu selesaikan. Hitung-hitung self reward, kamu bisa memberikan hadiah yang bisa meningkatkan mood. Kalau mood sudah baik pasti bakalan lebih siap menerima kesibukan selanjutnya.

Meski aktivitas yang berantakan bukan sepenuhnya salah kamu, pastikan untuk tetap menyelesaikannya. Tips di atas bisa kamu terapkan lho, Ladies. Jangan pernah menyerah menghadapi tantangan setiap harinya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id