sign up SIGN UP

LIFE

7 Cara Merawat Janda Bolong Agar Makin Subur dan Indah untuk Pemula

tyana | Sabtu, 28 Nov 2020 13:00 WIB
7 Cara Merawat Janda Bolong Agar Makin Subur dan Indah untuk Pemula
caption

Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu #dirumahsaja saat pandemi corona. Salah satunya adalah menanam tanaman hias. Kegiatan ini dipercaya memiliki banyak manfaat seperti membuat lingkungan lebih indah, udara lebih sejuk dan mengatasi stress selama di rumah.

Janda bolong atau Monstera Adansonii merupakan tanaman yang sedang hits sekarang ini. Dikutip dari Wolipop, janda bolong menurut CRC World Dictionary of Plant Names termasuk ke dalam keluarga tanaman Araceae dan banyak ditemukan di kawasan tropis Amerika. Nama monstera diambil dari bentuk daunnya yang unik dan mirip dengan daun zombie yang ada dalam game

Apakah kamu tertarik untuk menanam janda bolong? Begini cara merawat tanaman ini agar tumbuh subur dan indah.

1. Pilih Media Tanaman Tanah Poros

Cara Merawat Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/thatplantylife

Tanah poros merupakan jenis tanah yang memiliki jumlah udara dan air di dalamnya seimbang. Media tanaman ini akan dapat membuat janda bolong tumbuh lebih sehat dan subur karena tanah poros yang tidak padat dapat mempermudah akar untuk tumbuh dan mendapatkan suplai oksigen. 

Wuri Setyaningsih pemilik @kebunwuri memberikan tips untuk membuat tanah poros dengan campuran andam, pakis cacah oven, sekam bakar, pasir malang, cocopet bubuk, dan cangkang telur. Tanah poros ini dapat diganti sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sekali. 

2. Pilih Tempat yang Teduh

Cara Merawat Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/aubreedavis

Paparan sinar matahari langsung dapat memberikan efek buruk terhadap daun janda bolong. Daun akan lebih cepat kering, layu ataupun menguning. Tempat yang paling cocok untuk merawat tanaman janda bolong adalah yang memiliki suhu sekitar 23-30 derajat dan tidak langsung terkena sinar matahari. 

3. Sediakan Tempat untuk Merambat

Cara Merawat Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/AtelierHasonova

Janda bolong dalam habitat aslinya merupakan tanaman pemanjat inang. Hal ini karena tanaman ini memiliki sifat hemifit atau sebagian epifit, yaitu memerlukan tanaman inang untuk tumbuh sebelum tumbuh mandiri.

Untuk itu agar tanaman ini dapat hidup sehat, indah dan subur kita perlu menyediakan media untuk merambat dapat berupa berupa turus ataupun di pohon. Janda bolong memiliki kemampuan memanjat sampai dengan 20 meter lho, Ladies. 

4. Perlu Disiram Air Dua Kali Sehari

Cara Merawat Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/gardenknowhow

Janda bolong merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air untuk tumbuh oleh karena itu tanaman ini membutuhkan dua kali penyiraman setiap hari. Penyiraman dapat dilakukan pada pagi hari dan sore hari untuk membuat tanaman ini tumbuh lebih indah dan subur. 

Apabila hujan turun tanaman ini tidak perlu disiram kembali karena hujan tak hanya dapat memberikan suplai air tetapi juga nutrisi untuk janda bolong. 

5. Pupuk Dua Minggu Sekali

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/apttherapy

Untuk memastikan janda bolong tumbuh dengan sehat dan subur kita perlu memberikan pupuk dua minggu sekali. Hal ini dikarena janda bolong membutuhkan banyak penyiraman yang dapat mengurangi jumlah nutrisi dalam tanah. 

Salah satu pupuk yang bagus untuk tumbuh janda bolong adalah pupuk organik tetapi semua jenis pupuk dapat digunakan untuk membantu tumbuhnya tanaman ini. 

6. Siram dengan Air Cucian Beras

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/casadevalentina

Ladies, tahukah kamu kalau air cucian beras masih mengandung nutrisi yang ada dalam beras itu sendiri? Oleh karena itu jangan dulu membuang air cucian beras karena dapat bermanfaat untuk menutrisi tanaman janda bolong agar tumbuh subur dan sehat.

Air cucian beras mengandung B1 yang dapat membantu pembentukan klorofil sehingga tanaman bisa lebih hijau. Tak hanya itu air cucian beras juga dapat meningkatkan kekebalan tanaman dalam melawan berbagai hama penyakit.

7. Membersih Tanaman dari Gulma

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong/pinterest.com/gardenknowhow

Perawatan terakhir untuk membantu janda bolong agar tumbuh sehat dan subur adalah dengan memastikan tidak ada gulma yang mengganggu tanaman ini tumbuh. Gulma dapat menyerap air dan nutrisi yang dibutuhkan janda bolong untuk tumbuh sehat. Oleh karena itu pastikan media tempat tumbuh tanaman ini bersih dari gulma. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id