sign up SIGN UP

LIFE

Anti Repot! 5 Tanaman Hias yang Tak Perlu Disiram Tiap Pagi Ladies

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 01 Oct 2020 15:00 WIB
Anti Repot! 5 Tanaman Hias yang Tak Perlu Disiram Tiap Pagi Ladies
caption

Apakah kamu salah satu penyuka tanaman hias namun terkendala soal perawatannya? Ya, tidak bisa dipungkiri, tanaman merupakan makhluk hidup yang juga memerlukan perawatan. Salah satunya adalah disiram secara rutin.

Biasanya, pagi hari menjadi waktu yang paling pas untuk menyiram tanaman karena akan sangat baik bagi pertumbuhannya. Namun di saat itu juga, pagi hari merupakan saat-saat yang krusial karena banyak perkerjaan yang harus dilakukan. Misalnya menyiapkan sarapan untuk keluarga, harus bergegas tepat waktu untuk bekerja, atau bahkan pekerjaan tak terduga lainnya.

Dilansir dari Haibunda.com, ada 5 tanaman hias yang tidak perlu disiram tiap pagi sehingga lebih mudah perawatannya. Apa saja?

Bunga Amarilis

Bunga dengan keindahan yang tidak membutuhkan siraman tiap pagi
bunga Amaralis/bukalapak.com

Tanaman hias yang begitu populer dengan keindahan bunganya ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Ya, tanaman Amarilis ini tidak butuh penyiraman secara rutin sehingga lebih mudah untuk dirawat.

Jika biasanya tanaman hias, terutama yang berbunga harus disiram rutin agar tidak layu, maka berbeda halnya dengan tanaman ini. Amarilis tetap mampu bertahan dan tidak layu meskipun tidak disiram selama dua hari.

Dengan begitu, kamu akan lebih fleksibel dan tidak perlu khawatir jika tidak sempat menyiram ataupun lupa menyiramnya. Satu lagi yang perlu digarisbawahi adalah, frekuensi penyiraman juga tidak berpengaruh terhadap keindahan bunga yang dihasilkan. Kamu akan tetap mendapatkan pesona bunga yang indah meskipun tidak menyiramnya setiap pagi.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya tidak perlu disiram tiap pagi
Lidah Buaya/shoope.co.id

Tanaman yang sudah tidak asing ini memang sangat mudah untuk dirawat. Penanamannya bisa dilakukan di dalam pot ataupun langsung ke tanah. Campuran perlite, pasir dan juga tanah di dalam pot sudah bisa menumbuh kembangkan lidah buaya dengan baik. Jadi, tidak perlu pupuk ataupun tanah khusus untuk itu.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah soal penyiraman tanaman. Kamu tidak perlu repot-repot menyiramnya tiap pagi karena lidah buaya ini mampu bertahan dengan baik di berbagai kondisi. Kamu hanya perlu menyiramnya saat tanah di sekitar tanaman sudah mulai terlihat kering.

Cakar Beruang

Tanaman dengan bentuk cakar beruang ini hanya perlu disiram saat tanahnya sudah kering
cakar beruang/shoope.co.id

Tanaman hias outdoor yang satu ini juga sangat mudah untuk dirawat. Kamu tidak perlu repot untuk melakukan penyiraman tiap pagi. Bentuknya yang menyerupai cakar beruang merupakan daya tarik tersendiri untuk dijadikan hiasan alami di pekarangan rumah. Selain itu, jika diperhatikan dari permukaan daunnya, akan terlihat tekstur bulu halus warna putih.

Bukan hanya daunnya, bunga dari cakar beruang ini juga sangat beragam sehingga semakin memperlengkap keindahan yang ditampilkan. Penyiraman hanya perlu dilakukan ketika tanah tanamannya sudah mulai terlihat kering dan gersang. Tempatkan tanaman ini di tempat yang tepapar sinar matahari langsung agar pertumbuhannya bisa sempurna.  

Donkey Tail

Tanaman hias Donkey Tail cocok untuk kamu yang tidak mau repot menyiram tiap hari
Donkey Tail/shoope.co.id

Tanaman hias gantung menjadi salah satu pilihan menarik untuk dipajang di depan teras rumah. Salah satu yang bisa dipilih adalah Donkey Tai. Kalau di Indonesia sendiri, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan kaktus anggur. Bentuknya yang mirip dengan anggur hijau menjadi alasan utama penyebutan tersebut.

Perlu diketahui tanaman hias ini cocok diletakkan di suhu panas. Hal ini juga berarti menyiramnya tiap hari bukanlah suatu keharusan. Bahkan jika terjadi genangan di dalam pot nya malah akan membuatnya layu dan mati. Jadi, cukup siram tanaman Donkey Tail ketika sudah tampak terlalu kering.

Siklok

Tanaman siklok mudah dirawat dan tidak membutuhkan siraman air tiap pagi
Siklok/shoope.co.id

Nah, yang terakhir ada tanaman siklok yang tentunya tidak kalah populer dengan tanaman-tanaman hias sebelumnya. Bentuk daunnya yang panjang serta runcing ke atas menjadi ciri khas tersendiri. Ukurannya juga cukup minimalis sehingga bisa efisien untuk memaksimalkan taman di belakang rumah.

Selain itu, hal yang terpenting adalah soal perawatannya. Tanaman siklok tidak membutuhkan siraman tiap hari karena sangat toleran dengan kekeringan. Kalau pun kamu lupa untuk menyiramnya, hal tersebut bukanlah suatu masalah. Hanya saja, penyiraman perlu dilakukan jika tanaman sudah terlihat terlalu kering ataupun gersang.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id