sign up SIGN UP

LIFE

7 Cara yang Bisa Mengurangi Kecemasan Secara Alami, Hmm Apa Aja ya

Intan Dwi | Sabtu, 09 Jan 2021 17:00 WIB
7 Cara yang Bisa Mengurangi Kecemasan Secara Alami, Hmm Apa Aja ya
caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang mungkin menganggap kecemasan adalah bagian hidup yang normal dan kecemasan tidak semuanya buruk. Tapi terkadang kecemasan yang timbul dan tidak terkendali itu bahkan bisa mengganggu orang sekitar dan memengaruhi kualitas hidup. Berikut ini ada tujuh cara yang bisa mengurangi kecemasan secara alami, apa saja?

Hindari Kafein

kafein dapat menyebabkan gugup dan dan gelisah, keduanya tidak baik jika kamu cemas.
Hindari Kafein/pexels.com

Jika kamu mengalami kecemasan kronis, kafein bukanlah teman kamu lagi. Karena kafein dapat menyebabkan gugup dan dan gelisah, keduanya tidak baik jika kamu cemas. Penelitian telah menunjukkan kafein dapat menyebabkan atau memperburuk kecemasan.

Ini juga dapat menyebabkan serangan panik pada orang dengan gangguan panik. Jadi lebih baik hindari kafein dari daftar makanan dan minuman, karena secara signifikan itu memperbaiki gejala kecemasan.

Meditasi

Tujuan utama meditasi adalah untuk menghilangkan pikiran kacau dari pikiran kamu dan menggantinya dengan perasaan tenang
Meditasi/freepik.com

Tujuan utama meditasi adalah untuk menghilangkan pikiran kacau dari pikiran kamu dan menggantinya dengan perasaan tenang dan perhatian penuh. Meditasi dikenal untuk meredakan stres dan kecemasan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa meditasi harian selama 30 menit dapat meredakan beberapa gejala kecemasan dan bertindak sebagai antidepresan.

Tetap Aktif

Olahraga teratur baik untuk kesehatan fisik dan emosional kamu, olahraga teratur juga bermanfaat sebagai pengobatan untuk meredakan kecemasan
Tetap Aktif/freepik.com

Olahraga teratur baik untuk kesehatan fisik dan emosional kamu, olahraga teratur juga bermanfaat sebagai pengobatan untuk meredakan kecemasan bagi sebagian orang. Ini bukan hanya perbaikan jangka pendek, kamu mungkin mengalami pengurangan kecemasan selama berjam-jam setelah berolahraga.

Latih Pernapasan Dalam

Saat mengalami kecemasan biasanya kamu akan mengalami nafas yang cepat dan pendek. Ini dapat menyebabkan detak jantung menjadi cepat,
Latih Pernapasan Dalam/freepik.com

Saat mengalami kecemasan biasanya kamu akan mengalami nafas yang cepat dan pendek. Ini dapat menyebabkan detak jantung menjadi cepat, pusing atau bahkan serangan panik. Latihan pernapasan dalam secara perlahan dan teratur dapat membantu memulihkan pola pernapasan normal dan mengurangi kecemasan.

Kamu bisa berlatih teknik pernapasan tiga bagian untuk membantu menenangkan diri. Teknik ini mengharuskan kamu menarik napas dalam-dalam dan kemudian menghembuskan napas sepenuhnya sambil memperhatikan tubuh.

Setelah merasa nyaman dengan pernapasan dalam, kamu bisa mengubah rasio inhalasi dan pernapasan menjadi 1:2 (memperlambat pernapasan sehingga dua kali lebih lama dari pernapasan kamu). Latihan teknik ini saat kamu tenang, agar kamu mengetahui cara melakukannya saat cemas.

Jangan Minum Alkohol

Alkohol merupakan obat penenang alami tapi setelahnya kecemasan mungkin akan kembali dengan pembalasan.
Jangan Minum Alkohol/freepik.com

Alkohol merupakan obat penenang alami, karena hanya minum segelas wine atau whiskey saat gelisah mungkin menenangkan kamu pada awalnya. Namun setelahnya, kecemasan mungkin akan kembali dengan pembalasan.

Jika kamu mengandalkan alkohol untuk meredakan kecemasan, alih-alih mengobati akar masalahnya kamu justru mengembangkan masalahnya karena ketergantungan alkohol.

Minum Chamomile Tea

Secangkir teh kamomil merupakan obat rumahan yang umum untuk menenangkan saraf yang tegang dan membantu tidur.
Minum Chamomile Tea/freepik.com

Secangkir teh chamomile merupakan obat rumahan yang umum untuk menenangkan saraf yang tegang dan membantu tidur. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan chamomile juga bisa menjadi sekutu yang kuat untuk melawan gangguan kecemasan umum.

Cobalah Aromaterapi

Aromaterapi menggunakan minyak esensial yang wangi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.
Cobalah Aromaterapi/pexels.com

Aromaterapi menggunakan minyak esensial yang wangi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Minyak dapat dihirup langsung atau ditambahkan ke bak mandi air hangat atau diffuser. Penelitian menunjukkan bahwa aromaterapi dapat membantu rileks, tidur nyenyak, meningkatkan mood dan mengurangi detak jantung.

Beberapa minyak esensial yang digunakan untuk meredakan kecemasan adalah, bergamot, lavender, clary sage, grapefruit dan ylang ylang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id