sign up SIGN UP

LIFE

Sering Merasa Kesepian dan Tidak Punya Siapa-Siapa? Ini Cara Mengatasinya!

Astari Dewi Larasati | Minggu, 03 Jan 2021 13:00 WIB
Sering Merasa Kesepian dan Tidak Punya Siapa-Siapa? Ini Cara Mengatasinya!
caption
Jakarta -

Tahun 2020 menjadi tahun penuh rintangan bagi semua orang. Tidak heran banyak orang yang mengalami stres dan merasa kesepian. Apalagi saat ini perlu mengurangi interaksi secara langsung dengan banyak orang termasuk orang terdekat. Padahal manusia adalah makhluk sosial yang masih membutuhkan orang lain.

Jadi saat ini banyak orang yang mulai memahami betapa pentingnya hubungan antar manusia. Kesepian adalah perasaan dimana berada di situasi tanpa pemahaman dan dukungan. Selain itu, kesepian bisa mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Ada beberapa cara untuk mengatasi kesepian seperti berikut ini.

Manfaatkan penggunaan teknologi

Teknologi dapat mengurangi kesenjangan antara panggilan telepon dan pertemuan tatap muka.
Manfaatkan penggunaan teknologi/freepik.com

Teknologi adalah media yang efektif untuk memerangi perasaan kesepian. Baik itu melalui pesan teks, facetime, atau platform media sosial. Teknologi dapat mengurangi kesenjangan antara panggilan telepon dan pertemuan tatap muka.

Maka dari itu, manfaatkan teknologi yang saat ini sudah kian pesat kemajuannya. Hubungi orang-orang terdekat atau orang yang sudah lama tidak dijumpai. Hal ini akan menumbuhkan perasaan hangat serta merasa dikelilingi oleh orang yang peduli.

Prioritaskan kontak sosial dan sentuhan fisik

Kontak sosial dan sentuhan fisik sangat diperlukan untuk mengatasi kesepian.
Prioritaskan kontak sosial dan sentuhan fisik/freepik.com

Kontak sosial dan sentuhan fisik sangat diperlukan untuk mengatasi kesepian. Namun karena saat ini kondisi tidak memungkinkan, pastikan orang tersebut aman dan sehat. Bisa dengan berjabat tangan hingga berpelukan. Jika tidak bisa, lakukan kontak mata dengan orang yang sedang berinteraksi.

Selain itu, bisa berlatih memijat diri sendiri, melembapkan tubuh atau refleksiologi. Memanjakan diri seperti berendam atau berenang bisa melepaskan oksitosin atau hormon pengikat saat menerima kasih sayang secara fisik.

Perhatikan perasaan diri sendiri

Yang paling penting dalam berperan adalah diri sendiri agar tahu tindakan apa yang akan diambil kedepannya.
Perhatikan perasaan diri sendiri/freepik.com

Saat merasa kesepian, jangan mengelak dan akui saja. Dengan memperhatikan kondisi mental dan emosional, bisa memperoleh kesejahteraan secara menyeluruh. Kesepian dapat dikurangi dengan mengungkap apa yang membuat merasa terhubung dan mendedikasikan waktu untuk mengembangkan hidup. Dalam tahap ini, yang paling penting dalam berperan adalah diri sendiri agar tahu tindakan apa yang akan diambil ke depannya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id