sign up SIGN UP

LIFE

Agar Hidup Lebih Tenang, Ini Cara Mengatasi Ketagihan Media Sosial

Rumaysha Milhania | Senin, 28 Sep 2020 22:00 WIB
Agar Hidup Lebih Tenang, Ini Cara Mengatasi Ketagihan Media Sosial
caption
Jakarta -

Lelah dengan aktivitas media sosial yang membuatmu seperti ketergantungan? Yuk, intip cara mengatasi ketagihan medsos berikut ini.

1. Matikan Notifikasi

Nyala notifikasi menjadi salah satu hal yang menyebabkan seseorang mengalihkan perhatian kita dari segala aktivitas dan kegiatan ke media sosial. Tanpa disadari notifikasi yang terus menerus membuat menjadi terbiasa dengan rutinitas membuka media sosial. Inilah yang kemudian membuat seseorang menjadi ketergantungan dan bahkan terkadang merasa seperti melihat notifikasi padahal tidak ada sama sekali. Untuk itu, matikan notifikasi untuk aplikasi media sosial kamu untuk menghentikan ketergantungan agar tidak berlanjut.

Matikan notifikasi untuk aplikasi media sosial kamu untuk menghentikan ketergantungan agar tidak berlanjut.
Ketagihan Media Sosial/ Sumber: Freepik.com

2. Batasi Diri

Buat timer di ponsel untuk membatasi jumlah waktu yang kamu habiskan di media sosial. Kendalikan batas waktu dengan mempertimbangkan tingkat keparahan addiction yang kamu rasakan. Kamu bisa membuat batasan seperti dengan mengatur waktu bermain sosmed hanya 1 jam sehari atau 7 jam per minggu. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus saat melakukan kegiatan lain.

3. Cari Hobi Baru

Kamu mungkin memiliki lebih banyak waktu luang sehingga banyak waktu yang malah terbuang untuk bermain medsos. Untuk itu, mengapa tidak memilih hobi baru untuk mengisi waktu luangmu? Kamu dapat mempelajari keterampilan baru atau melakukan sesuatu yang selalu ingin kamu lakukan tetapi tidak pernah punya waktu. Jika kamu lakukan ini, kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya waktu luang yang kamu miliki ketika kamu berhenti menelusuri feed Instagram dan Facebook.

Alih-alih terus mengikuti perkembangan kehidupan teman dan anggota keluarga melalui pos sosial mereka, kirim pesan atau telepon mereka secara langsung.
Ketergantungan Media Sosial/ Sumber: Freepik.com

4. Habiskan Waktu dengan Teman dan Keluarga

Alih-alih terus mengikuti perkembangan kehidupan teman dan anggota keluarga melalui pos sosial mereka, kirim pesan atau telepon mereka secara langsung. Meskipun kamu tidak dapat bertemu langsung telepon dan chat akan menjadi lebih dekat daripada memperhatikan hidup mereka melalui media sosial. 

5. Media Sosial sebagai Hadiah

Lihat media sosial sebagai hadiah. Nah, cara itu dapat membatasimu untuk membuka media sosial hanya ketika kamu sudah selesai dengan pekerjaan dan aktivitasmu. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa penggunaan media sosial kamu tidak mengganggu kegiatan harianmu.

Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa penggunaan media sosial kamu tidak mengganggu kegiatan harianmu.
Ketagihan Media Sosial/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketergantungan media sosial. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id