sign up SIGN UP

Benar Nggak Sih Harus Ganti HP Biar Tetap Bisa Pakai WhatsApp per November 2021? Cek Faktanya di Sini!

Fina Prichilia | Kamis, 09 Sep 2021 17:30 WIB
Benar Nggak Sih Harus Ganti HP Biar Tetap Bisa Pakai WhatsApp per November 2021? Cek Faktanya di Sini!
caption
Jakarta -

Seiring pembaruan yang dilakukan, diketahui beberapa ponsel terancam tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi. Duh!

Padahal aplikasi satu ini jadi salah satu yang paling banyak digunakan ya, Beauties.

Ini dikarenakan WhatsApp akan memperbarui sistem operasi (OS) Android dan iOS iPhone yang menjalankan aplikasi ini.

Versi Apa yang Didukung WhatsApp?

Jika ingin mengirim pesan Whatsapp ke dosen, kamu harus memperkenalkan diri di awal percakapanWhatsApp. /Foto: id.pinterest.com/tecnologia.libero.it/ Foto: Dhea Salsabila

"Mulai 1 November 2021, WhatsApp tidak lagi mendukung telepon Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan versi yang lebih lama," tulis WhatsApp dikutip dari lamannya.

Ini artinya, support cuma akan diberikan pada Android dengan OS 4.1 (Jelly Bean) ke atas, sementara pada iOS yakni 10 ke atas dan telepon yang menjalankan KaiOS 2.5.1.

Untuk itu, upgrade atau mutakhirkan OS dengan cara beli ponsel baru, tampaknya menjadi keharusan bila kamu masih ingin menggunakan platform WhatsApp. Namun benarkah harus sampai beli yang baru?

Sebelum menjawabnya, dikutip dari laman MYSA beberapa ponsel yang tidak bisa menggunakan WhatsApp per 1 November 2021 antara lain:

Women's hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.Ilustrasi WhatsApp atau ponsel/ Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa

Android:

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core and Galaxy Ace 2.

LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD and 4X HD, and Optimus F3Q.

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 and Grand Memo.

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, and Ascend D2.
Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S.

Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 and THL W8.

iOS:

Apple iPhone SE
Apple iPhone 6S
Apple iPhone 6S Plus

Mengutip dari lama WhatsApp, tertulis bahwa: pada telepon Android yang di bawah 4.0.4 dan versi yang lebih lama, silakan berganti ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat chat Anda sebelum tanggal tersebut.

Sementara pada iPhone, WhatsApp menyarankan untuk menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia di telepon kamu.

"Silakan kunjungi situs web Dukungan Apple untuk mempelajari cara memperbarui perangkat lunak iPhone Anda," tulisnya.

Nah, jadi sebelum kamu buru-buru mengganti ponsel, kamu bisa mengecek status software kamu, ya. Bila memang tidak support, maka mau tak mau kamu perlu menggantinya juga, Beauties. Sebaiknya, kamu juga hindari untuk 'mengakali' secara ilegal, ya! 

"Kami tidak secara eksplisit melarang penggunaan perangkat yang telah dimodifikasi atau di-jailbreak. Namun, kami tidak dapat memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan versi sistem operasi iPhone yang telah dimodifikasi karena pengubahan seperti ini dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda," tulis WhatsApp.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id