sign up SIGN UP

Berhenti Haus Akan Validasi dari Orang Lain, Agar Hidupmu Bisa Lebih Bahagia

Ayuliy Lestari | Sabtu, 24 Jul 2021 08:30 WIB
Berhenti Haus Akan Validasi dari Orang Lain, Agar Hidupmu Bisa Lebih Bahagia
caption

Beauties, apakah kamu haus akanĀ validasi atau pengakuan atas apa yang sudah kamu lakukan? Ketika kamu berbuat baik, apakah kamu memang benar-benar ingin berbuat baik atau hanya ingin dinilai baik oleh orang lain?

Setiap orang akan merasa bangga ketika mendapat pujian. Naluri alami manusia adalah merasa puas ketika dirinya diakui. Namun ketika kamu terlalu sering mencari validasi dari orang lain, hal tersebut malah akan membuat hidupmu tak nyaman. Kamu akan menjadi seseorang yang bukan dirimu. Kamu juga tak akan pernah benar-benar bahagia karena terus menerus ingin terlihat baik di mata orang lain.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, stop haus akan validasi dengan cara-cara berikut!

1. Terapkan Self-love

Berhenti haus akan validasi
Berhenti haus akan validasi/Foto: Pexels.com/Rutherford

Self-love merupakan aspek penting dari kesehatan mental. Ketika kamu menerapkannya, kamu akan merasa lebih mudah untuk berpikir positif, termasuk saat marah, kecewa atau sedih, karena self-love adalah bentuk dari penerimaan diri. Kamu pun tidak akan menggantungkan diri terhadap validasi atau pengakuan orang lain lagi.

Self-love bahkan bisa menjadi sebuah fondasi yang memungkinkan kamu untuk bersikap tegas, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain dan merasa bangga kepada diri sendiri. Kamu pun akan merasa tenang dalam menjalani hidup. So, mulai sekarang, cobalah berdamai dengan dirimu sendiri, Beauties.

2. Rehat dari Sosial Media

Berhenti haus akan validasi
Berhenti haus akan validasi/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Media sosial sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat positif seperti mendapatkan informasi yang lebih aktual, lalu jika kamu memiliki sebuah bisnis bahkan media sosial bisa membantu memperlancar bisnismu. Kamu juga bisa mendapatkan jaringan atau kemitraan dengan lebih mudah dan lain-lain. Namun sadarkah kamu bahwa media sosial juga jadi salah satu wadah yang biasa digunakan untuk mencari validasi orang lain?

Banyak orang yang berusaha mencari perhatian dengan mem-posting banyak hal di akun media sosial pribadinya. Seseorang bisa terlihat pintar, kaya, rajin dan lain-lain dengan dipamerkan secara halus melalui media sosial. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan validasi dari orang-orang yang melihat postingan tersebut.

Jika kamu sering melakukannya, cobalah untuk berhenti sejenak dari media sosial. Cobalah untuk memperbanyak interaksi dengan orang-orang sekitar dan berhenti mencari validasi. Terkadang kamu tidak perlu menunjukkan siapa dirimu, biarkan orang lain tahu dengan sendirinya dan teruslah berjuang menggapai mimpi dalam diam agar hidupmu lebih tenang.

3. Biarkan Hidupmu Lebih Mengalir

Berhenti haus akan validasi/Foto: Pexels.com/
Berhenti haus akan validasi/Foto: Freepik.com/Jlow

Beauties, dengan atau tanpa validasi dari orang lain, kamu tetap sama berharganya. Cobalah membiarkan hidup lebih mengalir karena ketika kamu sibuk mengais validasi dari orang lain, itu hanya akan membuatmu semakin tersiksa. Setiap hari rasanya kamu dituntut untuk membuktikan pada dunia tentang kelebihanmu dan hal-hal yang kamu bisa.

Demi kewarasan, cobalah untuk berhenti melakukan hal tersebut. Membiarkan hidup mengalir, bukan berarti kamu berhenti untuk ber-progress. Kamu tetap perlu memiliki rencana dan target untuk mencapai sesuatu yang kamu inginkan. Hanya saja tanpa mengais validasi, artinya kamu akan menggapai mimpi dengan lebih santai dan tanpa tekanan. Kamu melakukannya untuk dirimu, bukan orang lain.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa hidup lebih tenang dan bahagia tanpa haus akan validasi, semoga bermanfaat.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id