sign up SIGN UP

LIFE

Bikin Resah, Ini Fenomena Catcalling yang Sering Dialami Wanita

Anindya Milagsita | Senin, 05 Apr 2021 16:00 WIB
Bikin Resah, Ini Fenomena Catcalling yang Sering Dialami Wanita
caption

Ladies, pernahkah kamu mendengar atau bahkan mengalami tindakan 'catcalling'? Catcalling atau bisa juga dikenal sebagai 'street harrasment' ini menjadi salah satu bentuk pelecehan seksual yang sering banget dialami oleh para wanitaMeskipun termasuk dalam tindakan pelecehan, tapi tak banyak orang yang memahaminya lho.

Sebagian orang masih memaklumi dan menganggap kalau catcalling itu hanya sebuah candaan. Padahal ada dampak yang membekas bagi si korban. Lalu sebenarnya seperti apa sih bentuk catcalling ini? Yuk, kenali lebih jauh tentang catcalling lewat artikel berikut!

Mengenal Seputar Catcalling

Berbagai wujud yang termasuk dalam catcalling.
Mengenal Pelecehan Seksual Catcalling/sumber: freepik.com

Seperti namanya catcall punya arti bersiul, berteriak, ataupun berkomentar kepada wanita yang tengah lewat. Makna catcalling sendiri enggak lepas dari kata 'pelecehan jalanan' karena peristiwa itu kerap dialami wanita saat mereka tengah berjalan. Meskipun enggak menutup kemungkinan pria bisa mengalami catcalling, tapi sebagian besar wanitalah yang seringkali menjadi korban.

Tindakan catcalling termasuk pelecehan seksual lho, meskipun dilakukan secara verbal. Tindakan ini berisikan memuat unsur seksual yang dilontarkan lewat ucapan, siulan, pujian, teriakan, komentar, bahkan lirikan sampai ekspresi mengedipkan mata. Nah, saat itu juga ada rasa tak nyaman dan terganggu yang dialami korban. Inilah mengapa catcalling masuk dalam salah satu tindakan pelecehan seksual, Ladies.

Wujud Catcalling yang Sering Terjadi

Wujud tindakan catcalling.
Mengenal Pelecehan Seksual Catcalling/sumber: freepik.com

Enggak hanya siulan, komentar, bahkan teriakan, ada berbagai wujud catcalling yang sering dialami wanita. Pernahkan kamu diberi pujian oleh orang tak dikenal padahal tak melakukan apa-apa? Seperti misalnya ucapan, "kamu cantik banget deh" atau "manis banget senyumnya". Nah, kalau kamu merasa tak nyaman saat dipuji semacam itu, tandanya kamu mengalami catcalling atau pelecehan seksual, Ladies.

Selain itu ada banyak wujud catcalling lainnya yang juga cenderung mengganggu. Semisal ucapan salam saat tengah lewat di jalan dari orang tak dikenal. Seperti ucapan, "Assalamualaikum ukhti" atau "pagi kakak, mau ke mana?". Tindakan-tindakan semacam inilah yang masuk dalam kategori pelecehan seksual secara verbal.

Timbulnya Tindakan Catcalling

Alasan terjadinya catcalling yang sering dialami wanita.
Mengenal Pelecehan Seksual Catcalling/sumber: freepik.com

Kalau sebagian orang masih menganggap tindakan catcalling timbul karena korban yang dianggap 'memancing' pelaku melakukannya itu sama sekali enggak benar, Ladies. Seperti anggapan kalau wanita mengalami catcalling karena pakaiannya yang terlalu terbuka ataupun penampilannya yang cenderung mengundang. Padahal pada kenyataannya, banyak wanita yang memakai pakaian tertutup dan berpenampilan sopan masih mengalami catcalling lho.

Sebagian pria menganggap kalau catcalling dilakukan hanya untuk bercanda ataupun bersenang-senang tanpa ada maksud lain, tanpa memahami kalau ada dampak yang ditimbulkan dari tindakannya. Tak hanya merasa terganggu ataupun rasa enggak nyaman, tindakan catcalling terhadap korban juga bisa menimbulkan efek trauma berkepanjangan.

[Gambas:Instagram]

Beda Catcalling dan Bukan

Perbedaan antara catcalling dan bukan.
Mengenal Pelecehan Seksual Catcalling/sumber: freepik.com

Nah, kalau kamu pernah mengalami atau menjumpai tindakan catcalling tetapi ragu itu termasuk kategori pelecehan seksual atau bukan, jangan khawatir karena ada tolok ukur untuk menentukannya. Kuncinya ada di persetujuan, Ladies. 

Saat kamu mengalami tindakan yang bernuansa seksual baik dari segi ucapan ataupun tingkah laku dari orang tak dikenal tapi bertentangan dengan diri kamu yang menimbulkan perasaan tak nyaman, risih, bahkan terganggu itu termasuk dalam pelecehan.

Cara yang Tepat untuk Melawannya

Cara melawan tindakan catcalling.
Mengenal Pelecehan Seksual Catcalling/sumber: freepik.com

Saat kamu mengalami catcalling apa yang harus dilakukan? Salah satu cara yang tepat untuk mengatasinya adalah melawan, Ladies. Kalau kamu berani dan tegas untuk berkata 'tidak' pada apa yang dilakukan oleh mereka, kemungkinan besar ke depan mereka akan kapok untuk melakukannya. Meskipun terkadang pada kenyataannya ada berbagai kalimat tak menyenangkan yang akan diucapkan oleh mereka saat kamu melakukannya.

Tapi dengan melawan dan berkata 'tidak', efek jera akan mereka rasakan. Nah, kalau kamu belum siap dan merasa takut melakukannya cara yang tepat untuk mengatasi catcalling adalah dengan mengabaikannya. Kamu juga bisa menghindari posisi ataupun lokasi kalau mengalaminya berulang kali. Meskipun enggak menyelesaikan masalah, paling tidak kamu bisa merasa aman dan nyaman, Ladies. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id