sign up SIGN UP

LIFE

Bisa Dapat Manfaat Luar Biasa, Yuk Lakukan 5 Tips Agar Rutin Baca Buku

Dian Aprilia | Kamis, 11 Mar 2021 08:00 WIB
Bisa Dapat Manfaat Luar Biasa, Yuk Lakukan 5 Tips Agar Rutin Baca Buku
caption

“Books are the quietest and most constant of friends; they are the most accessible and wisest of counselors, and the most patient of teachers.” Charles William Eliot.

Tingkat literasi Indonesia termasuk yang sangat rendah dibandingkan negara lainnya. Berdasarkan riset yang berjudul World’s Most Literate Nations Ranked yang pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara perihal minat membaca. Angka tersebut bisa dibilang sangat memalukan sekaligus menyedihkan.

Padahal membaca memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Mulai dari menstimulasi mental, mengurangi stres, menambah wawasan dan pengetahuan, melatih keterampilan berpikir, meningkatkan fokus, melatih skill penulisan, dan lainnya. Meski begitu banyak yang beralasan tidak hobi membaca dan tak punya waktu membaca.

Untuk itu, beautynesia.id telah merangkum 4 tips agar bisa rutin baca buku:

Luangkan Waktu yang Realistis

Luangkan waktu
Luangkan waktu/pexels.com

Tidak ada alasan tidak mau membaca buku hanya karena tak punya waktu. Sebab, sejatinya kita selalu punya waktu asalkan bisa mengelola waktu dengan benar dan mengklasifikasikan prioritas kegiatan. Buku memiliki peranan yang penting dalam memberikanmu modal pengetahuan untuk menjalani kehidupan, untuk itu penting meluangkan waktu untuk membacanya.

Tak perlu muluk-muluk, bagi kamu yang pemula, kamu cukup meluangkan waktumu 30 menit saja per hari untuk membaca buku. Jika memungkinkan, kamu bisa menambahkan durasi secara berkala. Kamu bisa membagi 30 menit tersebut jadi 3 waktu, misal 10 menit saat bangun tidur, 10 menit istirahat makan siang, dan 10 menit sebelum tidur.

Selalu Bawa Buku

Selalu bawa buku
Selalu bawa buku/pexels.com

Supaya kamu terbiasa membaca buku, coba bawa buku kemana pun dan kapan pun kamu pergi. Sehingga, saat kamu menjumpai waktu luang seperti saat menunggu, saat jenuh dan lainnya, kamu bisa jadikan buku sebagai obat. Dengan begitu, kamu bisa tetap produktif sepanjang waktu dan juga mendapat wawasan yang luas.

Kamu bisa menaruh satu di tas, meja kerja, kamar, kamar mandi, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membeli buku versi e-book yang lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja selama membawa smartphone.

Cari Teman yang Hobi Baca Buku

Teman
Teman/pexels.com

Salah satu support system untuk membiasakan diri membaca buku adalah memiliki teman yang memiliki satu frekuensi. Coba cari teman yang hobi membaca buku, bisa sahabat, teman di kelas ataupun ikut berbagai komunitas buku.

Dengan begitu, kamu bisa saling mendukung untuk membentuk kebiasaan membaca buku. Agar lebih seru, kamu juga bisa saling sharing hasil pengetahuanmu setelah membaca buku tersebut.

Buat Daftar Bacaan

Daftar buku
Daftar buku/pexels.com

Hal terpenting selanjutnya adalah membuat daftar buku bacaan. Catat buku apa saja yang ingin sekali kamu baca. Kamu bisa memilih berdasarkan kebutuhan dan juga keminatanmu. Misalnya bagi kamu yang baru saja punya anak, buku parenting bisa masuk daftar list. Atau bagi kamu yang suka sekali dengan karya Tere Liye, kamu bisa mencatat bukunya yang belum dibaca.

Selain itu, kamu bisa menantang diri untuk menyelesaikan buku tersebut. Untuk membiasakan diri, tetapkan target yang realistis terlebih dahulu, misal 1 buku per bulan, lalu tingkatkan secara berkala.

Itulah 5 tips agar bisa rutin membaca buku. Selamat mencoba! 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id