sign up SIGN UP

Dunia Luar Terasa Mencekam! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Seseorang yang Fobia Keramaian

Octavia Tunggal Dewi | Rabu, 08 Sep 2021 23:15 WIB
Dunia Luar Terasa Mencekam! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Seseorang yang Fobia Keramaian
caption

Memiliki fobia terhadap sesuatu adalah hal yang wajar, seperti fobia takut keramaian disebut juga dengan agoraphobia. Agoraphobia merupakan rasa cemas dan takut terhadap suasana ramai.

Mereka yang memiliki fobia seperti ini menganggap bahwa dunia luar adalah ancaman sehingga penghidapnya cenderung menghindari tempat ramai seperti pasar, tempat umum, ruang terbuka, dan lain sebagainya. Yuk kenali fakta dan penyebab seseorang yang phobia terhadap keramaian. Simak di sini ya, Beauties!

1. Pernah Mengalami Peristiwa Negatif

Pernah mengalami peristiwa negatif
Pernah Mengalami Peristiwa Negatif/Foto: Freepik.com/8Photo

Trauma terhadap sesuatu yang pernah menimpa dirinya di masa lalu dapat menjadi penyebab phobia keramaian. Dalam pikirannya saat berada di tempat yang ramai atau mirip dengan pengalaman yang menimpanya. Diantaranya yaitu seperti kehilangan seseorang, mengalami penyiksaan, mendapat perlakuan buruk, dan segala hal yang membuat mentalnya terganggu.

2. Memiliki Panic Disorder

Memiliki panic disorder
Memiliki Panic Disorder/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Gangguan panic disorder yang menimbulkan kecemasan secara tiba-tiba kapanpun dan dimanapun secara berulang-ulang. Hal ini juga dapat menjadi penyebab seseorang yang tidak menyukai keramaian karena memiliki kejadian traumatis ataupun terdapat perubahan drastis  dalam hidup yang menimpanya, sehingga sewaktu-waktu rasa panik menimpanya tanpa alasan yang jelas. Jadi jika berada di keramaian, maka bawa ia ke tempat yang tenang.

3. Memiliki Perasaan Takut Terancam yang Berlebihan

Memiliki perasaan takut yang berlebihan
Memiliki Perasaan Takut yang Berlebihan/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Mereka yang fobia keramaian juga dominan memiliki perasaan takut terancam yang berlebihan terhadap kerumunan. Mereka mengkhawatirkan hal yang tak pasti dan kecil kemungkinan untuk terjadi bahkan tidak mungkin menimpanya. Namun, rasa takut berlebihan menyelimuti diri mereka sehingga cenderung curiga dan hati-hati terhadap segala sesuatu di sekelilingnya.

4. Kehilangan Rasa Percaya Diri

Kehilangan rasa percaya diri
Kehilangan Rasa Percaya Diri/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Fakta seseorang yang fobia keramaian salah satunya yaitu kehilangan rasa percaya diri di keramaian dan cenderung merasa asing di tengah kerumunan banyak orang. Merasa kehilangan jati dirinya dan tidak menemukan rasa nyaman di lingkungan tersebut. Rasanya mood menjadi buruk dan ingin cepat meninggalkan tempat itu untuk segera pulang ke rumah.

5. Menganggap Dunia Luar Menakutkan

Menganggap dunia luar menakutkan
Menganggap Dunia Luar Menakutkan/Foto: Freepik.com/Master1305

Orang yang fobia terhadap kerumunan atau keramaian menganggap dunia luar adalah ancaman yang menakutkan baginya. Sehingga mereka lebih dominan menghabiskan waktu di rumah yang dianggap sebagai tempat paling aman dan nyaman. Tak jarang apabila seseorang yang fobia keramaian meninggalkan rumah, maka sifatnya akan berubah drastis dan suasana hati menjadi menyedihkan.

Nah, itu dia beberapa fakta dan penyebab seseorang takut terhadap keramaian. Apakah kamu mengalaminya? Jika iya, maka sebaiknya kamu segera mencari jalan keluarnya.

Jika kamu sudah mengalami kesulitan dalam cara mengatasi fobia keramaian, maka segeralah pergi ke para ahli dan periksakan kondisi kesehatan mentalmu. Sebab, hal tersebut tidak bisa dianggap remeh dan dapat memberikan banyak dampak buruk bagi dirimu sendiri nantinya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id