sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati dengan Kesehatan Mentalmu, Ini Cara Menghentikan Kebiasaan Overthinking

Rumaysha Milhania | Rabu, 21 Oct 2020 22:00 WIB
Hati-Hati dengan Kesehatan Mentalmu, Ini Cara Menghentikan Kebiasaan Overthinking
caption
Jakarta -

Overthinking tidak hanya dapat mengganggu tetapi juga dapat merugikan kesejahteraan dan kebahagiaan hidup.

Penelitian mengatakan bahwa memikirkan kekurangan, kesalahan, dan masalah yang kamu miliki dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental. Ketika kesehatan mental kamu menurun, kecenderungan kamu untuk merenung meningkat dan sulit untuk dihentikan. Studi juga menunjukkan bahwa terlalu banyak berpikir menyebabkan tekanan emosional yang serius.

Penelitian mengatakan bahwa memikirkan kekurangan, kesalahan, dan masalah yang kamu miliki dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental. Dan ketika kesehatan mental kamu menurun, kecenderungan kamu untuk merenung meningkat dan sulit untuk dihentikan.
Menghentikan Overthinking/ Sumber: Freepik.com

Jika kamu sering sekali overthinking, kamu mungkin sudah tahu bahwa kamu tidak bisa tidur ketika pikiran kamu tidak berhenti. Studi juga menemukan bahwa merenung dan mengkhawatirkan sesuatu hal menyebabkan lebih sedikit jam tidur dan menurunkan kualitas tidur. Nah, untuk dapat menghentikan kebiasaan overthinking, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

Perhatikan Saat Kamu Terlalu Banyak Berpikir

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri overthinking. Mulailah memperhatikan cara kamu berpikir. Jika kamu menyadari bahwa kamu selalu memikirkan suatu hal terus menerus atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan, akui bahwa pikiran kamu sudah tidak produktif.

Tantang Pikiranmu

Sangat mudah untuk terbawa oleh pikiran negatif. Akui bahwa pikiran kamu sudah terlalu negatif. Mengkhawatirkan sesuatu yang berlebihan merupakan salah satunya. Belajarlah untuk mengenali dan mengganti cara berpikir kamu.

Jika kamu mempunyai masalah, memikirkannya dan mengkhawatirkannya terus menerus tidak akan membantu menyelesaikan masalahmu.
Overthinking/ Sumber: Freepik.com

Tetap Fokus Pada Pemecahan Masalah Secara Aktif

Jika kamu mempunyai masalah, memikirkannya dan mengkhawatirkannya terus menerus tidak akan membantu menyelesaikan masalahmu. Akan tetapi mencari solusi yang tepat merupakan cara yang dapat membantu mengatasi masalahmu. Tanyakan pada diri mu sendiri langkah apa yang dapat diambil untuk belajar dari kesalahan atau untuk menghindari masalah di masa depan. Daripada bertanya mengapa ini terjadi? Tanyakan pada dirimu apa yang dapat saya lakukan?

Jadwalkan Waktu Untuk Merenungkan

Mengatasi dan memikirkan masalah untuk jangka waktu yang lama tidaklah produktif, tetapi dengan refleksi singkat dapat membantu mengatasi masalah yang ada. Berpikir tentang bagaimana kamu dapat melakukan sesuatu secara berbeda dapat membantu kamu melakukan hal lebih baik di masa yang akan datang.

Sisihkan waktu 20 menit untuk "waktu berpikir" ke dalam jadwal harian kamu. Selama waktu ini, biarkan dirimu khawatir, merenung, atau memikirkan apa pun yang kamu inginkan tentu saja dengan mencari solusinya. Kemudian, ketika waktunya telah habis, lanjutkan ke sesuatu yang lebih produktif. Saat kamu menyadari dirimu terlalu banyak memikirkan hal-hal di luar waktu yang dijadwalkan, ingatkan diri sendiri bahwa kamu akan memikirkannya nanti.

Berlatih Kesadaran Penuh (Mindfulness)

Tidak mungkin untuk mengulang kembali kemarin atau mengkhawatirkan hari esok ketika kamu hidup di masa sekarang. Kamu harus berkomitmen untuk menjadi lebih sadar di masa sekarang. Sama seperti keterampilan lainnya, mindfulness membutuhkan latihan, tetapi seiring waktu, ini dapat mengurangi overthinking.

Tidak mungkin untuk mengulang kembali kemarin atau mengkhawatirkan hari esok ketika kamu hidup di masa sekarang.
Mindfulness/ Sumber: Freepik.com

Ubah Cara Berpikir

Menyuruh diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu bisa menjadi boomerang. Semakin kamu mencoba untuk menghindari memikirkan sesuatu, semakin besar kemungkinannya untuk terus bermunculan. Sibukkanlah dirimu dengan suatu aktivitas adalah cara terbaik untuk mengubah pikiranmu. Latihan untuk terlibat dalam percakapan tentang topik yang berbeda, atau mulai mengerjakan kegiatan yang akan mengalihkan pikiran kamu dari rentetan pikiran negatif.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id