sign up SIGN UP

Hati-hati, Terlalu Berempati Tinggi Bisa Sebabkan Emotional Sponge! Apa Maksudnya?

Retno Wulandari | Selasa, 20 Jul 2021 18:30 WIB
Hati-hati, Terlalu Berempati Tinggi Bisa Sebabkan Emotional Sponge! Apa Maksudnya?
caption

Emotional sponge adalah salah satu dampak dari empati berlebihan kepada orang lainĀ dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Yup, berempati terlalu tinggi kepada orang lain ternyata bisa membuat kamu lebih sensitif hingga akhirnya menyebabkan emotional sponge.

Apa itu emotional sponge? Lalu, bagaimana seseorang bisa mengalami emotional sponge? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Emotional Sponge

Emotional sponge
Emotional sponge/ Foto: Freepik.com

Memiliki rasa empati memang tidak salah, jika tidak terlalu berlebihan. Mengapa? Sebab, empati yang berlebihan bisa membuat kamu dengan mudah mengalami emotional sponge. Dilansir dari Quietrev, emotional sponge adalah seseorang yang bisa menyerap emosi dan stres dari orang lain ke dalam tubuh mereka sendiri.

Menurut Psychology Today, seseorang yang terlalu berempati tinggi kepada orang lain dapat dengan mudah merasakan nuansa emosional dari orang lain. Misalnya, ketika ada orang yang sedang kesal atau marah, mereka yang mengalami emotional sponge akan dengan mudah peka karena lebih sensitif. Efek dari emotional sponge ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan mental kamu lho, Beauties.

Tidak banyak yang sadar, di balik empati yang tinggi bisa membuat seseorang merasa kewalahan karena ikut menyerap emosi dan stres orang lain. Bahkan efek dari emotional sponge ini juga bisa membuat seseorang mudah kelelahan, hingga stres setelah mendengar cerita negatif orang lain. Orang dengan emotional sponge akan terus menyerap emosi dan stres dari orang lain, hingga menimbulkanĀ serangan panik dan depresi.

Orang Seperti Apa yang Bisa Mengalami Emotional Sponge?

Emotional sponge
Emotional sponge/ Foto: Freepik.com

Biasanya orang-orang yang berempati tinggi ini memang sangat mudah diajak bicara, sehingga membuat orang lain nyaman saat bercerita. Menjadi tempat curhat untuk orang lain memang tidak salah, yang salah adalah ketika kamu terlalu sensitif merasakan emosi orang lain dan membuat kamu mengalami emotional sponge.

Menurut Exploring Your Mind, orang-orang yang emosional dan mengalami emotional sponge akan sangat mudah kewalahan. Artinya, bagi seseorang yang kesulitan mengendalikan emosi, tentu saja emotional sponge bisa membuat mereka sangat terbebani. Seluruh hal-hal negatif dari orang lain akan mereka rasakan hingga berdampak buruk bagi tubuh dan mentalnya.

Emotional sponge
Emotional sponge/ Foto: Freepik.com

Nah, buat kamu yang cukup sensitif dan sulit mengatur emosi, sebaiknya patut berhati-hati karena lebih rentan mengalami emotional sponge. Untuk itu, berikanlah empati sewajarnya kepada orang lain, mulailah untuk belajar mengendalikan emosi agar tidak mengalami emotional sponge.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id