sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati! Walaupun Kelihatan Positif Tapi Kebiasaan Ini Membuat Hidup Jadi Tidak Bahagia

Astari Dewi Larasati | Minggu, 04 Apr 2021 18:45 WIB
Hati-Hati! Walaupun Kelihatan Positif Tapi Kebiasaan Ini Membuat Hidup Jadi Tidak Bahagia
caption

Tiap orang memiliki kebiasaan masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kebiasaan ini belum tentu dapat membuat hidup bahagia. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari kebiasaan tersebut dan menganggapnya wajar.

Menjadi bahagia tidak hanya berasal dari hal-hal yang sudah jelas seperti melakukan perbuatan baik, menjadi sehat, dan mencapai impian. Maka dari itu, kalian perlu berhati-hati agar hidup tetap bahagia. Coba kenali hal yang kelihatan positif tapi membuat hidup tidak bahagia.

Mengikuti semua teman di media sosial

Mute story setiap akun Instagram yang tidak menginspirasi.
Freepik.com

Terhubung dengan semua teman tidak selalu membuat hidup bahagia lho. Media sosial memang bagus untuk membangun komunikasi satu sama lain, terhubung dengan orang lain, dan membentuk komunitas. Sayangnya, kebanyakan orang menggunakannya sebagai alat untuk memposting versi terbaik dalam hidup.

Hal ini membuat dampak tersendiri bagi yang melihat, mulai dari membuang waktu, selalu merasa hidup kekurangan, dan kurang bersyukur. Untuk membuat hidup lebih nyaman namun tetap menggunakan media sosial, mute story setiap akun Instagram yang tidak menginspirasi. Jadi bisa menelusuri Instagram dan hanya melihat hal yang diinginkan saja.

Sangat berorientasi pada tujuan

Membuat diri sendiri merasakan kekecewaan berlebihan dan tidak mempunyai empati.
Freepik.com

Setiap orang mempunyai tujuan dalam hidup agar tetap berada di jalur tepat. Faktanya, memiliki tujuan dapat membuat semangat dan mengambil langkah untuk mencapainya. Sehingga saat mencapai tujuan, akan merasa puas lalu menetapkan tujuan yang lebih tinggi lagi. Tetapi jika sangat berorientasi pada tujuan dan ternyata tidak bisa tercapai. Maka akan membuat diri sendiri merasakan kekecewaan berlebihan dan tidak mempunyai empati.

Menghabiskan banyak waktu dan uang untuk self care

Membuat terlalu fokus pada diri sendiri dan menumbuhkan rasa manja berlebihan.
Freepik.com

Self care merupakan perawatan untuk tetap merasa bahagia dan memedulikan diri sendiri. Jika kesehatan dan kebugaran membuat diri puas serta diperhatikan, maka lakukan self care secara teratur dan sisihkan anggaran untuk tetap berjalan. Tapi hindari menghabiskan banyak waktu dan uang untuk self care. Karena akan membuat terlalu fokus pada diri sendiri dan menumbuhkan rasa manja berlebihan.

Menghindari sesuatu yang membuat cemas

Ingatlah bahwa tiap orang memiliki kendala dalam hidupnya.
Freepik.com

Tidak ada orang yang mau terjebak dalam situasi mengerikan dan tidak nyaman. Tapi jika selalu menghindarinya, hal ini akan membuat diri menjadi tidak dewasa bahkan tidak merasakan kemajuan. Karena sudah tidak ingin keluar dari zona nyaman. Ingatlah bahwa tiap orang memiliki kendala dalam hidupnya. Jadi kalian perlu menghadapinya secara tegar dan tetap teguh.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id