sign up SIGN UP

LIFE

Jadi Sahabat untuk Dirimu, Berikan Afirmasi Positif Terbaikmu!

Ramadhani Indah | Kamis, 10 Jun 2021 22:00 WIB
Jadi Sahabat untuk Dirimu, Berikan Afirmasi Positif Terbaikmu!
Senyuman terbaik untukmu/ foto: unsplash.com/veronezcaroline

Saat bercermin, apakah kamu memuji bayangan dalam cermin? Jika belum, lakukan mulai sekarang, yuk! Jangan lupa berikan dirimu pujian ya. Bukan kok, itu bukan narsis! Ini yang kita sebut Positive Self Talk. Mencintai diri sendiri dengan membicarakan hal-hal baik mengenai dirimu.

Katakan “Cakep banget kamu hari ini” sambil tersenyum. Boleh diucapkan, atau dikatakan dalam hati, jadikan afirmasi positif untuk mengawali harimu. Sederhana namun bukan hal mudah untuk dilakukan berulang, perlu latihan hingga akhirnya terbiasa.

Tertarik untuk belajar Positive Self Talk? Kamu bisa lakukan mulai dari cara sederhana berikut ini!

Pujian untuk kamu yang sudah berjuang
Kamu keren/unsplash.com/chrishcush

Afirmasi Positif         

Jangan jadi jahat dengan menghukum diri sendiri. Jadilah hakim yang bijaksana, beri kritik yang membuatmu sadar apa yang sebaiknya dilakukan. Jangan katakan hal-hal buruk yang menyakitimu.

Berikan afirmasi positif, katakan “Aku luar biasa, aku menawan, aku bisa menggapai mimpiku, sahabatku mencintaiku, keluargaku selalu ada untukku, Tuhan selalu bersamaku”.  Apa yang kerap diucapkan, menentukan nasib di masa depan. Karena kata yang diucap berulang akan menjadi doa yang panjang.

Positive Self Talk adalah cara mengenali diri dan dengan afirmasi positif kita membangun persahabatan baik dengan diri sendiri.

Tapi, pernahkan kamu merasa hidup tidak berjalan semestinya? Semua yang direncanakan berakhir gagal? Hingga afirmasi positif  teredam dengan kegalauan yang pekat? Yuk kita tenangkan diri dengan cara sederhana ini!

Luangkan sedikit waktumu untuk merilekskan diri dengan meditasi
Rilekskan diri/unplash.com/jaredrice
 

Meditasi

Rasa galau dapat dipicu oleh overthinking yang sedang bertamu. Nah kalau sudah seperti ini, tenangkan dan rilekskan pikiranmu. Lakukanlah meditasi mindfullnes, yaitu memusatkan pikiranmu  di saat ini dan kenali emosi apa yang sedang dirasakan. Meditasi dilakukan dengan sederhana, namun harus penuh konsentrasi.

Cara meditasi yang benar adalah pertama, posisikan dirimu dengan nyaman. Kedua, tutup mata perlahan. Ketiga, pusatkan fikiran pada napas, rasakan udara yang dihirup masuk dan rasakan kembali udara yang perlahan dihembuskan keluar. Rasakan dadamu yang bergerak, sadari tulang rusuk yang berkontraksi dan berelaksasi di setiap napas. Tarik napas, hembuskan. Selanjutnya, rasakan udara yang menyentuh kulit, sinar matahari yang terang, dan lantai yang hangat tempatmu duduk saat ini.

Meditasi adalah waktu yang diberikan untuk diri sendiri. Pusatkan pikiran pada apa yang kamu rasakan dan pikirkan. Cara meditasi yang benar menjadi berhasil ketika kamu mengeluarkan hal-hal mengganggu dalam pikiran, kecemasan, ketakutan, hingga keinginan menyerah. Jika belum berhasil, tidak masalah. Bisa karena biasa. Latihan terus, yuk!

Tanyakan pada dirimu dan temukan jawabannya.
Kontemplasi/unsplash.com/j_erhunse

Kontemplasi

Saat meditasi sudah membuat hati dan pikiranmu nyaman, namun ada pertanyaan yang belum terjawab, berkontemplasilah. Karena ada jawaban-jawaban yang hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Seperti “Seberapa berharga Aku?” Hanya dirimu yang punya jawabannya. Kontemplasi adalah cara kamu mendapatkan jawabannya.

Ketika meditasi adalah membuang hal negative dalam diri, maka kontemplasi adalah mendapatkan hal positive yang membangun dirimu.

Untuk berteman dengan diri sendiri harus ada rasa cinta. Cinta tumbuh ketika kita menyadari bahwa kita berharga. Tidak perlu validasi dari orang lain untuk cinta diri. Jadilah dirimu sendiri yang tidak hanya hormat pada orang lain, tapi juga menghormati diri sendiri.

Jangan hanya cinta pada kekasih, tapi cintailah juga dirimu agar siap menerima cinta dari orang-orang terkasih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id