sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Tunggu Lama, Ini 6 Tanda Tanaman Hias Harus Segera Ganti Pot

Dian Aprilia | Minggu, 06 Jun 2021 21:00 WIB
Jangan Tunggu Lama, Ini 6 Tanda Tanaman Hias Harus Segera Ganti Pot
Ganti pot/ foto: pexels.com

Mengganti pot tanaman hias jadi salah satu kegiatan berkebun yang cukup merepotkan. Tidak semudah menyiram air pada tanaman, mengganti pot menuntut kita untuk hati-hati dan lebih cermat agar tanaman tidak rusak.

Langkah-langkah mengganti pot tanaman ini terdiri dari memilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman yang terbaru, mempertimbangkan lubang drainase pada pot dan juga media tanam, memindahkan tanaman dengan perlahan-lahan, dan merapikannya. Sebelum melakukan langkah-langkah tersebut, perhatikan ini 7 tanda tanaman harus segera ganti pot:

Akar Keluar dari Pot

Tanda pertama adalah akar keluar dari pot, baik dari bagian pot bawah atau pun bagian pot atas. Jika akar keluar dari pot, maka berarti tanaman hias telah kehabisan ruang. Untuk itu perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar lagi agar bisa berkembang lebih baik dan subur.

Akar Memenuhi Sisi Dalam Pot

root bound
Root bound/pexels.com

Selain itu, akar yang memenuhi ruang dalam pot juga merupakan pertanda buruk. Hal ini sering disebut dengan istilah root bound. Biasanya, tanaman yang mengalami hal ini berarti bawah tanaman tumbuh terlalu besar dibandingkan dengan wadahnya. Tanda-tanda tanaman yang akarnya sudah memenuhi pot adalah tanaman dapat layu dengan cepat, memiliki daun warna kuning atau cokelat, dan pertumbuhan yang kerdil.

Pertumbuhan Melambat

Pertumbuhan melambat
Pertumbuhan melambat/pexels.com

Jika tanaman tidak menunjukkan progress pertumbuhan yang signifikan, kamu perlu berhati-hati dan menaruh curiga. Bisa jadi hal ini dikarenakan tanaman berada di pot yang kecil dan sudah tidak sesuai. Pertumbuhan tanaman yang lambat bisa ditunjukkan dengan munculnya daun-daun yang berukuran lebih kecil.

Media Tanam Terlalu Padat

Pastikan media tanam tidak terlalu padat sehingga bisa menyokong pertumbuhan tanaman. Media tanam yang bagus harus bisa menyediakan air dan unsur hara dalam jumlah yang cukup untuk pertumbuhan tanaman. Pastikan komposisi tanah, udara dan air cukup baik sehingga kuat menahan air dan leluasa untuk pertumbuhan akar.

Tanaman Lebih Cepat Kering

Tanamanlebih cepat kering
Tanaman lebih cepat kering/pexels.com

Tanda berikutnya adalah tanaman jadi lebih cepat kering meski sudah mendapatkan asupan air yang cukup. Hal ini biasa ditandai dengan tanaman layu, tanah kering, ujung daun jadi kering dan mati. Untuk itu jika melihat kondisi tersebut, ada baiknya kamu mulai merencanakan untuk mengganti pot.

Tanaman Terlalu Besar

Tanaman
Tanaman/pexels.com

Sesuaikan ukuran tanaman dengan ukuran pot yang digunakan. Hal ini untuk menjaga agar tidak jomplang, sehingga tanaman bisa berkembang dan bertumbuh dengan baik. Menurut Bawden-Davis, rasio tanaman dan pot yang ideal adalah total tingginya adalah 2/3 tinggi tanaman dan 1/3 tinggi pot.

Itulah 6 ciri-ciri tanaman hiasmu sudah harus segera ganti pot. Idealnya kamu perlu mengganti pot setiap enam bulan atau setahun sekali agar tanaman bisa tumbuh baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id