sign up SIGN UP

LIFE

Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Tumbuh Cantik dan Segar

aqillahdiaz | Sabtu, 05 Jun 2021 10:15 WIB
Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Tumbuh Cantik dan Segar
sumber : freepik
Jakarta -

Kaktus adalah salah satu tanaman hias yang sedang populer saat ini. Tanaman ini adalah tanaman yang cocok jadi pilihan kalian untuk menghias rumah. Kaktus memiliki bentuk yang cantik dan memiliki perawatan yang mudah. Terlebih lagi, tanaman kaktus ini cocok bagi kalian yang ingin memiliki tanaman tetapi tidak ingin repot untuk mengurusnya. Namun, kalian tetap tidak boleh untuk tidak mengurusnya, karena dapat membuat tanaman kaktus mati dan bisa busuk.

Meskipun cara perawatannya tidak terlalu rumit, berikut ada beberapa cara dan tips merawat tanaman kaktus agar tumbuh cantik dan segar

Pastikan kaktus terkena sinar matahari

sumber : freepik
sumber : freepik

Kaktus yang ditanam di dalam ruangan indoor, harus dikeluarkan agar bisa mendapatkan sinar matahari. Hal ini agar kaktus terlihat segar. Jangan letakkan kaktus langsung di bawah sinar matahari ya, karena dapat membuat kaktus berubah menjadi kuning. Kalian bisa menjemur kaktus satu atau dua minggu sekali. 

Jangan terlalu sering disiram

sumber : freepik
sumber : freepik

Penyiraman tanaman kaktus harus disesuaikan dengan kebutuhannya, yakni seminggu sekali. Jangan terlalu banyak saat menyiram tanaman kaktus karena bisa mengakibatkan tanaman busuk. Namun, jika kekurangan air, kaktus juga bisa mengecil dan dehidrasi.

Memberikan pupuk

sumber : freepik
sumber : freepik

Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanaman kaktus agar pertumbuhannya tetap bagus. Jangan sampai terlalu banyak memberikan pupuk. Pemberian pupuk yang tepat adalah dengan menggunakan pupuk organik, serta pemberian pasir khusus kaktus juga tidak boleh dilewatkan. Jenis pupuk yang biasa disarankan adalah pupuk NPK karena mengandung fosfor, hara nitrogen, dan kalium.

Media tanam dan pot yang tepat

sumber : freepik
sumber : freepik

Kalian harus memperhatikan media tanam pada kaktus ya, yakni dengan meletakkan bebatuan atau pasir malang di bagian bawah agar tingkat kelembaban tanah berkurang, selain itu gunakan pot yang berlubang di bagian bawahnya. Agar dapat membantu kaktus untuk melancarkan siklus air dan tidak terlalu lembab.

Pindahkan posisi kaktus secara berkala

sumber : freepik
sumber : freepik

Cara lain untuk merawat kaktus adalah dengan memindahkan posisi tanaman secara berkala, agar tanaman juga mendapatkan sinar matahari yang merata. Selain itu, hal itu juga dapat membuat tanaman beradaptasi di tempat baru sehingga tidak mudah mati. 

Merawat kaktus bisa dibilang susah-susah gampang, yang terpenting kalian harus rajin dan sabar merawat kaktus agar lebih cantik dan segar.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id