sign up SIGN UP

LIFE

Cara Menghilangkan Stres dan Lebih Produktif di Usia 25 Tahun Meski Belum Dapat Pekerjaan

Retno Wulandari | Jumat, 16 Oct 2020 21:30 WIB
Cara Menghilangkan Stres dan Lebih Produktif di Usia 25 Tahun Meski Belum Dapat Pekerjaan
caption

Stres tidak hanya menghampiri seseorang yang sudah memiliki karir, tekanan karena belum memiliki pekerjaan juga dapat membuat seseorang mudah mengalami stres lho. Apalagi di usia 25 tahun yang merupakan quater life crisis dan tidak memiliki pekerjaan tentu saja menambah tingkat kekhawatiran, ragu terhadap kemampuan diri sendiri, dan bingung menentukan tujuan hidup.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan ini, berikut cara menghilangkan stres dan lebih produktif di usia 25 tahun meskipun belum mendapatkan pekerjaan.

Terima dan Hadapi

Tips Hilangkan Stres
Terima dan Hadapi/Freepik.com/

Gagal belum bisa bekerja di perusahaan yang diinginkan bukanlah hal yang memalukan, meskipun sulit, menerima kegagalan karena belum bisa bekerja merupakan cara yang harus dihadapi agar tidak menambah tekanan pada diri sendiri. Hadapilah situasi sulit yang kamu rasakan saat ini dan jangan terlalu terpuruk dengan kegagalan.

Jangan Menyalahkan Diri

Tips Hilangkan Stres
Jangan Menyalahkan Diri/Freepik.com/

Yup, ketika gagal mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, cara yang paling mudah dilakukan adalah menyalahkan diri sendiri. Mengkritik kekurangan yang ada pada diri sendiri merupakan cara yang salah sehingga kamu tidak bisa bangkit dari keterpurukan. Sebaiknya fokus dengan kelebihan yang kamu miliki dan mengubah mindset bahwa kamu layak mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kelebihan yang kamu miliki di kemudian hari. Jadi, jangan menyerah dan tetap grow up ya.

Fokus dengan Aktivitas Lain

Tips Hilangkan Stres
Fokus dengan Aktivitas Lain/Freepik.com/

Agar tidak stres, sebaiknya cari aktivitas lain seperti melakukan hobi yang kamu sukai, berwirausaha, berolahraga, berkumpul dan mengobrol dengan keluarga atau teman, dan lainnya. Ketika kamu sudah menemukan aktivitas baru, cobalah untuk fokus dengan aktivitas tersebut agar tekanan karena belum memiliki pekerjaan di usia 25 tahun perlahan menghilang.

Menyusun Rencana

Tips Hilangkan Stres
Menyusun Rencana/Freepik.com/

Jangan biarkan kegagalan membuat kamu patah semangat untuk mencari pekerjaan lainnya. Agar kamu kembali bersemangat, buatlah sebuah rencana seperti membuat resume atau CV, mencari lowongan pekerjaan, dan sebagainya. Usahakan membuat rencana secara bertahap dan urutkan berdasarkan prioritas ya.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tips Hilangkan Stres
Menerapkan Pola Hidup Sehat/Freepik.com/

Stres juga berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, dan istirahat yang cukup. Hindari begadang, merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi agar lebih tenang dan rileks.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id