sign up SIGN UP

LIFE

Jarang Disadari, Ini 5 Mental Miskin yang Bikin Kamu Gagal dalam Karier

Dian Aprilia | Selasa, 20 Apr 2021 21:00 WIB
Jarang Disadari, Ini 5 Mental Miskin yang Bikin Kamu Gagal dalam Karier
caption

Mental miskin bukan berbicara mengenai kondisi ekonomi seseorang, melainkan cara berpikir yang bikin kamu gagal dalam hidup. Kadang cara berpikir ini bisa menyusup dalam pikiranmu secara tidak sadar. Tanpa disadari pula kamu bertindak dan bersikap sebagaimana isi dari mental miskin tersebut.

Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja sih mental miskin yang bikin gagal dalam hidup, supaya bisa introspeksi dan menjauhinya. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 mental miskin yang bikin gagal dalam hidup:

Tidak Menghargai Karya Orang Lain

tidak menghargai karya orang lain
Tidak menghargai karya orang lain/pexels.com

Mental miskin yang pertama ini biasanya adalah oknum yang sering minta gratisan ke teman. Tanpa rasa sungkan atau malu, mereka biasanya minta ‘harga teman’ saat ingin membeli jualan temannya sendiri. Sikap ini menunjukkan bahwa kita tidak menghargai hasil kerja orang lain.

Seharusnya teman bisa menjadi sosok terdepan yang membantu usaha temannya. Kamu bisa membantunya dengan turut mempromosikan produk, memberi saran dan kritik terhadap produk, menyukai atau pun memberi komentar pada akun instagram jualannya. Kalau pun temanmu mau membeli potongan harga padamu, itu semata bukan karena permintaanmu tapi karena ia berterima kasih atau menghargaimu.

Senang Melihat Kesusahan Orang Lain

Senang melihat kesusahan orang lain
Senang melihat kesusahan orang lain/pexels.com

Sikap kedua yang jarang disadari adalah senang melihat kesusahan orang lain. Sebaliknya merasa sedih dan marah jika melihat kesuksesan orang lain. Contoh simpelnya kamu benci melihat tetangga yang beli sepeda motor baru, atau senang saat tetangga mendapatkan musibah.

Tanpa disadari hal ini adalah bibit dari sikap iri dan dengki. Jika bibit ini kamu pelihara dan bahkan menjadi karakter atau akhlakmu, maka hidupmu akan dipenuhi dengan hal-hal negatif. Seperti halnya tidak mau bersyukur, tidak tenang, sering gelisah, progress hidup stagnan karena terlalu banyak mengurusi hidup orang lain.  

Berprasangka Buruk pada Kesuksesan Orang Lain

Berprasangka buruk pada orang lain
Berprasangka buruk pada orang lain/pexels.com

Selain itu, hal yang juga termasuk mental miskin adalah menumbuhkan prasangka buruk terhadap kesuksesan orang lain. Misalnya, “Dia sih pantesan bisa sukses, soalnya orang tuanya kaya”, “Wajarlah dia sukses, soalnya temen-temennya hebat dan suportif”, “Orang cakep dan pinter ngomong, ya jelaslah bisa sukses” dan lainnya.

Suara-suara ini seringkali muncul saat kamu melihat orang lain berhasil. Tanpa disadari, mindset ini bisa bikin langkahmu terhambat. Sebab kamu merasa segala kekurangan yang kamu miliki, tak akan mampu membawamu pada kesuksesan. Kamu selalu mencari-cari alasan atas kegagalanmu, sehingga menganggap bahwa hal tersebut tak bisa diubah lagi.

Hasil adalah Hal Terpenting

Hasil adalah hal terpenting
Hasil adalah hal terpenting/pexels.com

Mental miskin selanjutnya adalah hanya peduli pada hasil. Hasil adalah wujud kesuksesan. Jika hasilmu kecil, maka itulah nilai kesuksesan. Padahal, orang yang saat ini menduduki posisi puncak kekayaan, puncak kesuksesan, dan puncak makna diri pasti melewati berbagai kegagalan.

Mereka pasti pernah atau bahkan sering melakukan upaya yang hasilnya nol. Tapi justru hal itulah yang membentuk mereka di masa depan. Tanpa kegagalan, mereka tak mungkin bisa kuat dan tangguh mencapai puncak.

Fokus pada Hal Negatif

Fokus pada hal negatif
Fokus pada hal negatif/pexels.com

Terakhir, mental miskin yang bikin kamu gagal dalam hidup adalah sering berfokus pada hal negatif. Saat sudah menikah kamu merasa hidupmu semakin berat karena mengurus anak, saat lajang kamu merasa hidupmu berat karena tak memiliki pasangan, saat punya pekerjaan kamu merasa tak punya waktu untuk keluarga dan lainnya.

Padahal posisi-posisi tersebut adalah posisi yang pernah kamu mimpi-mimpikan di masa sebelumnya. Oleh sebab itu coba fokus pada hal positif dalam setiap situasi. Niscaya kamu bisa menjalani momen tersebut dengan baik dan mendulang banyak manfaat. Selain itu hidup terasa lebih menyenangkan dan minim stres.

Itulah 5 mental miskin yang bikin kamu gagal dalam hidup. Oleh sebab itu mulai sekarang kamu perlu untuk berhati-hati terhadap pikiranmu sendiri. Jangan sampai ada pikiran negatif yang mengarahkan jalan dan tindakanmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id