sign up SIGN UP

LIFE

Kurangi Main Smartphone! Simak 5 Langkah Untuk Mulai Membiasakan Diri Membaca

Rumaysha Milhania | Minggu, 22 Nov 2020 20:45 WIB
Kurangi Main Smartphone! Simak 5 Langkah Untuk Mulai Membiasakan Diri Membaca
caption
Jakarta -

Membaca memberikan banyak sekali manfaat dalam perkembangan kepribadian dan kemampuan kognitif seseorang. Selain menambah pengetahuan, membaca dapat melatih fokus dan mengembangkan kreativitas dan imajinasi seseorang.

Tidak peduli bacaan apapun yang dibaca, semua buku dan artikel dapat membantumu untuk menjadi individu yang lebih cerdas dan teredukasi. 

Membaca memberikan banyak sekali manfaat dalam perkembangan kepribadian dan kemampuan kognitif seseorang. Selain menambah pengetahuan, membaca dapat melatih fokus dan mengembangkan kreativitas dan imajinasi seseorang.
Membaca/ Sumber: Freepik.com

Namun, popularitas media sosial nampaknya mengalihkan ketertarikan banyak orang dari buku. Tidak hanya itu, scrolling di media sosial ternyata dapat memperpendek fokus dan kemampuan seseorang untuk berpikir lebih dalam atas sebuah isu.

Jangan heran jika kamu mudah sekali bosan dan selalu mencari hal baru di laman media sosial kamu.

Itulah sebabnya, memulai kebiasaan membaca sangatlah penting untuk kembali melatih fokus dan membantu diri untuk bisa mengembangkan kemampuan verbal dan visual tanpa bergantung pada umpan yang diberikan di media sosial kamu.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk kembali melatih kebiasaan membaca.

Akan sulit untuk kamu mulai membaca buku, artikel di koran atau majalah, atau novel sekalipun jika kamu masih ketagihan dengan media sosial. Perlahan, lepaskan ketergantungan kamu dengan media sosial agar kamu bisa memiliki banyak waktu luang untuk melakukan hal lain, termasuk membaca.
Membaca Buku/ Sumber: Freepik.com

1. Mulai dengan Membatasi Penggunaan Smartphone

Akan sulit untuk kamu mulai membaca buku, artikel di koran atau majalah, atau novel sekalipun jika kamu masih ketagihan dengan media sosial. Perlahan, lepaskan ketergantungan kamu dengan media sosial agar kamu bisa memiliki banyak waktu luang untuk melakukan hal lain, termasuk membaca.

Gunakan fitur pengaturan screen time di ponsel kamu untuk bisa memperingati bahwa penggunaan media sosial kamu sudah berlebihan.

2. Cari Bacaan Ringan dan Menarik

Jika kamu sudah lama tidak membaca, cobalah untuk memulai mencari bacaan yang ringan dan menarik. Bacaan itu bisa berupa novel fiksi atau sekedar buku-buku non-fiksi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Kamu bahkan bisa membaca buku dengan tema-tema yang membangkitkan semangat untuk lebih rajin membaca seperti buku tentang manajemen waktu, manajemen keuangan, hingga buku tentang pengasuhan anak.

Jadwalkan sendiri waktu untuk membaca seperti di malam hari sebelum tidur. Kamu bisa menyisihkan waktu 30-60 menit untuk membaca sebelum jadwal tidur kamu.
Membiasakan Diri Membaca/ Sumber: Freepik.com

3. Buat Jadwal Membaca 

Jadwalkan sendiri waktu untuk membaca seperti di malam hari sebelum tidur. Kamu bisa menyisihkan waktu 30-60 menit untuk membaca sebelum jadwal tidur kamu. Ini juga berarti kamu bisa menaruh smartphone kamu jauh-jauh di waktu sebelum tidur agar tidur kamu menjadi lebih berkualitas tanpa ada paparan layar.

4. Cari Partner untuk Diskusi

Akan sangat membosankan jika kamu membaca untuk dirimu sendiri. Carilah pasangan atau teman untuk saling bertukar pikiran tentang isi sebuah bacaan. Itu akan membantumu untuk bisa membaca lebih serius dan mendalam.

Terkadang pendapat dan opini orang lain bisa melengkapi persepsi lain dari sebuah bacaan. Ini akan membuat membaca menjadi lebih menarik dan seru.

Jadi, itulah beberapa langkah untuk bisa membuatmu lebih bersemangat dalam belajar. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id