sign up SIGN UP

LIFE

Lagi Bad Mood Berkepanjangan? Berikut 4 Tips Agar Bisa Kembali Happy

Dian Aprilia | Jumat, 06 Nov 2020 13:30 WIB
Lagi Bad Mood Berkepanjangan? Berikut 4 Tips Agar Bisa Kembali Happy
caption
Jakarta -

Pasti setiap orang pernah mengalami bad mood atau suasana hati yang sedang buruk. Bad mood bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun bagi wanita dewasa, bad mood seringkali terjadi karena perubahan hormon menjelang menstruasi atau biasa kita kenal PMS (Premenstrual Syndrome).

Selain itu, bad mood juga bisa disebabkan karena tuntutan kerja, patah hati, konflik dengan orang lain dan sebagainya. Meski hal ini wajar terjadi pada setiap orang, jangan sampai kita terlarut dalam suasana hati yang buruk dalam waktu yang lama ya.

Untuk itu, berikut adalah 4 tips yang bisa kamu lakukan saat bad mood, agar suasana hati kembali happy:

Olahraga

Yoga
Yoga/id.pinterest.com

Meski terdengar klise, tapi rutin berolahraga memiliki peran yang sangat luar biasa, baik bagi kesehatan jiwa maupun kesehatan fisik. Tidak berlebihan jika menyebut olahraga mampu mengubah bad mood jadi happy dalam waktu singkat.

Pasalnya olahraga itu mirip dengan bersenang-senang. Sebab olahraga bisa membuat tubuh memompa neutransmiter serotonin yang mampu mengembalikan mood kita. Tak hanya itu, olahraga juga bisa memicu peningkatan dopamin dan neropinephrine yang membuat kita merasa bahagia.

Makan Makanan yang Sehat

Pola makan sehat
Pola makan sehat/pexels.com

Jangan salah, makanan itu tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik aja lho, tapi juga kondisi mood kita. Coba deh ingat-ingat, pernah gak sih kamu merasa bersemangat setelah mengonsumsi makanan tertentu?

Mood seseorang itu dipengaruhi secara langsung oleh kesehatan dan kondisi tubuh. Nah, makanan dan minuman yang kita konsumsi tentu berperang terhadap terbentuknya kesehatan dan juga kondisi tubuh.

Bahkan kontribusi makanan dan minuman dalam memengaruhi kesehatan tubuh mencapai 70%. Untuk itu, membentuk pola makan yang sehat sangat penting untuk membentuk suasana hati yang riang dan bersemangat.

Ngobrol dengan Sahabat, Pasangan, Keluarga

Ngobrol dengan sahabat
Ngobrol dengan sahabat/pexels.com

Ngobrol atau curhat dengan orang lain adalah salah satu aktivitas yang dianjurkan untuk menghilangkan bad mood. Tak melulu harus membicarakan perihal masalah yang sedang dihadapi, kita bisa ngobrol tentang hal lain yang menyenangkan. Seperti ngobrol tentang hobi, aktivitas sehari-hari, film kesukaan, idola dan lainnya.

Ngobrol bisa jadi salah satu media untuk menjadikanmu lebih rileks dan menambah hormon kebahagiaan. Kamu bisa mengajak bicara sahabat, pasangan, ataupun keluargamu untuk kembali happy.

Me Time

Ilustrasi me time
Me time/pexels.com

Cara ampuh yang terakhir untuk memperbaiki mood adalah dengan mengambil waktu untuk me time. Yap, menyendiri tak selalu berarti kesepian atau menandakan pribadi yang tertutup. Bahkan bisa dibilang setiap orang memiliki kebutuhan untuk me time dan asyik dengan dirinya sendiri.

Kamu bisa menikmati kesendirian dengan memutar lagu favorit, mendengarkan podcast, jalan pagi atau sekedar merenung sesaat di kamar mandi. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengurai segala keruwetan yang ada di kepala. Serta menyadari hal-hal yang selama ini luput dari pandangan.

Itulah 4 tips menghilangkan bad mood berkepanjangan, agar kamu bisa kembali happy dan bersemangat dalam menjalani hidup. Suasana hati yang baik akan membuka jalan pada hal-hal baik di sekitarmu. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id