sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan Weekend Ini! Berikut 3 Alasan Kamu Membutuhkan "Me Time"

Ni Made Dwi Agustina | Sabtu, 05 Jun 2021 13:30 WIB
Lakukan Weekend Ini! Berikut 3 Alasan Kamu Membutuhkan
Cara bahagia dengan me time / sumber: freepik.com

Di sela-sela kegiatan yang padat, terkadang membuat diri menjadi jenuh bahkan frustasi. Tuntutan pekerjaan yang tinggi, seringkali membuat pikiran menjadi beban, sehingga membuat kondisi tubuh menjadi menurun. Tidak ada yang salah dengan bekerja keras, justru hal tersebut penting dilakukan agar target atau rencana yang telah disusun dengan rapi, akan terwujud di kemudian hari. Namun, jika kondisi fisik dan mental sudah mengisyaratkan untuk beristirahat, "apakah baik jika terus dipaksakan?"

Fisik dan mental juga berhak bahagia. Cara bahagia yang bisa dilakukan adalah dengan berikan jeda untuk tubuhmu dengan beristirahat sejenak. Biasanya, orang menyebut ini dengan me time. "Ya, siapa yang suka melakukan me time?", "bagaimana yang kamu rasakan setelah melakukan me time?". Me time itu penting untuk diri kamu, baik secara fisik maupun mental. Yuk, simak pentingnya melakukan me time untuk kesehatan fisik dan mental kamu.

Fisik dan Mental Menjadi Rilex

Enjoy life
Enjoy life/ sumber: freepik.com

Ketika kamu melakukan me time, itulah saatnya kamu mengistirahatkan diri kamu, termasuk fisik dan mental. Istirahatkan diri kamu semaksimal mungkin, lakukan apapun yang membuat kamu lebih rilex atau tenang. Misalnya, beribadah, makan makanan kesukaan, tidur, memasak, bepergian keluar rumah, dan masih banyak lagi.

Menjaga kebersihan tubuh juga berguna untuk fisik dan mental. Adapun cara menjaga kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan body spa, facial treatment, hair treatment, dan lain-lain. Banyak sekali ‘kan yang bisa kamu lakukan? Tindakan ini juga penting dilakukan agar kamu bisa memberikan waktu untuk fisik dan mental agar lebih siap melakukan aktivitas selanjutnya. Me time disebut juga sebagai bukti self love atau mencintai diri sendiri. Bahagia itu sederhana!

Pikiran Lebih Terbuka

Woman relax
Woman relax/ sumber: freepik.com

Pentingnya melakukan me time adalah agar pikiran lebih terbuka. Saat tubuh terasa lebih rilex, pikiran pun akan lebih rilex pula dan pikiran menjadi lebih terbuka. Berbeda halnya ketika kamu tidak memberikan tubuh untuk me time, tentunya beban pikiran terasa lebih berat, suasana hati yang berubah drastis, tidak bisa mengambil keputusan, dan masih banyak lagi yang mampu memengaruhi pikiran.

Di sela-sela kegiatanmu yang membuat suntuk, melakukan me time akan membuat pikiran lebih terbuka. Kamu bisa berpikir lebih jernih untuk mengambil sebuah keputusan. Maka, kamu akan lebih mampu mengontrol pikiran yang lebih baik, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Introspeksi Diri

Woman relax
Woman relax/ sumber: freepik.com

Selama melakukan me time, hal yang bisa dilakukan adalah introspeksi diri. Pada saat kamu mulai introspeksi diri, itulah waktu yang tepat untuk kamu mengevaluasi atau memberikan penilaian terhadap diri kamu setelah melakukan kegiatan yang berkepanjangan. Pikirkan segala hal yang telah kamu lakukan, entah itu baik atau buruk.

Saat kamu berpikir telah melakukan hal yang baik, maka kamu layak mengapresiasikan diri, begitu pula sebaliknya. Ketika kamu berpikir telah melakukan sesuatu yang buruk, maka kamu harus memperbaikinya. Introspeksi diri penting dilakukan agar kamu dapat menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya. "Jadi, sudahkah kamu introspeksi diri?".

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id