sign up SIGN UP

LIFE

Mata Bengkak Karena Menangis? Coba 5 Pengobatan Rumahan Ini

Intan Dwi | Sabtu, 09 Jan 2021 23:00 WIB
Mata Bengkak Karena Menangis? Coba 5 Pengobatan Rumahan Ini
caption
Jakarta -

Apakah kamu sedang mengalami putus cinta atau situasi sulit lainnya yang membuat kamu sedih? Biasanya respon alami yang muncul dari situasi seperti ini adalah menangi dan menangis merupakan bagian dari hidup kita. Menangis merupakan respon emosional yang unik bagi manusia.

Biasanya setelah menangis kamu akan mengalami mata merah dan bengkak yang tentunya ini dapat merusak penampilan. Tapi kamu enggak usah khawatir, kamu bisa coba lima pengobatan rumah ini untuk meredakan mata bengkak dari menangis.

Gunakan Irisan Mentimun atau Kantong Teh

Irisan mentimun dapat membantu menenangkan mata yang bengkak dan mengurangi pembengakakan, tetapi kamu harus menyiapkan mentimun yang sudah didinginkan.
Gunakan Irisan Mentimun atau Kantong Teh/pexels.com

Irisan mentimun dapat membantu menenangkan mata yang bengkak dan mengurangi pembengkakan, tetapi kamu harus menyiapkan mentimun yang sudah didinginkan. Jika kamu melakukannya, cuci mentimun lalu memotong dua irisan ¼ inci. Kamu bisa menyimpan sisa mentimun untuk nanti, biarkan irisan di kelopak mata kamu sampai tidak lagi dingin.

Ide lainnya ada menggunakan kantong teh, sebagian besar jenis teh mengandung kafein dan ada beberapa bukti yang dapat menembus kulit, meredakan bengkak dan meningkatkan sirkulasi. Cara melakukan metode ini, basahi dua kantong teh dan dinginkan selama 20 menit, lalu letakkan di mata selama 15 hingga 30 menit.

Gunakan Obat Tetes Mata

Tetes mata bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah apapun pada mata, mulai dari kekeringan hingga menambah produksi air mata alami.
Gunakan Obat Tetes Mata/freepik.com

Tetes mata bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah apapun pada mata, mulai dari kekeringan hingga menambah produksi air mata alami. Varietas lain menggunakan vasokonstriktor untuk membantu mengatasi kemerahan yang kamu alami saat menangis atau alergi.

Agar terhindar dari iritasi, cobalah pilih produk tetes mata bebas pengawet yang mengandung lebih sedikit aditif. Tapi kebanyakan formula tidak disarankan untuk orang yang menggunakan lensa kotak, jadi bacalah labelnya dengan benar. Menggunakan produk ini, kamu cukup teteskan satu atau dua tetes ke mata hingga empat kali sehari.

Oleskan Witch Hazel

Jika di lemari obat kamu terdapat witch hazel, kamu bisa coba menggunakannya. Zat ini membantu mengatasi peradangan dan kemerahan,
Oleskan Witch Hazel/nzsoapandcandle.co.nz

Jika di lemari obat kamu terdapat witch hazel, kamu bisa coba menggunakannya. Zat ini membantu mengatasi peradangan dan kemerahan, menjadikannya pilihan yang baik untuk melawan mata bengkak. Cara menggunakannya, oleskan witch hazel ke kapas dan tempelkan ke area mata selama 5 hingga 10 menit.

Kompres dengan Sesuatu yang Dingin

Kompres menggunakan air dingin atau es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat menangis.
Kompres dengan Sesuatu yang Dingin/bebeautiful.in

Kompres menggunakan air dingin atau es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat menangis. Cukup ambil kain bersih dan basahi dengan air dingin, duduklah di tempat tidur atau kursi yang nyaman.

Kamu juga bisa mengambil es batu lalu bungkus es batu menggunakan kain dan kompreskan ke mata. Oleskan juga wash lap basah ke kulit di bawah dan sekitar mata kamu selama beberapa menit dengan tekanan lembut.

Pijat Area Mata dengan Lembut

Kalau cara yang satu ini dapat bekerja untuk meningkatkan dan merangsang aliran darah ke area yang  terkena dengan memijat lembut di sekitar mata.
Pijat Area Mata dengan Lembut/freepik.com

Kalau cara yang satu ini dapat bekerja untuk meningkatkan dan merangsang aliran darah ke area yang  terkena dengan memijat lembut di sekitar mata. Caranya, pijat area alis terlebih dahulu kemudian baru pijat dari sudut dalam mata ke luar.

Selanjutnya, lakukan tepukan ringan pada sinus kamu menggunakan dua jari di masing-masing tangan, mulai dari kedua sisi hidung dan ke luar. Bahkan kamu mungkin merasakan cairan bergerak di area ini, lakukan cara ini sekitar tiga menit dan ulangi sesuai kebutuhan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id