sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Videonya Viral, Ini Rahasia Ibu yang Melahirkan Santai Sambil Makeup

tjitradewi | Sabtu, 09 Jan 2021 12:15 WIB
Videonya Viral, Ini Rahasia Ibu yang Melahirkan Santai Sambil Makeup
caption

Awal tahun lalu warganet dikejutkan dengan video yang memperlihatkan seorang ibu melahirkan dengan santai. Dalam video yang diunggah oleh bidan_novel di akun Instagram-nya tersebut, sang ibu terlihat masih sempat memakai lipstik dan alis dalam persalinan.

Tak sampai di sana, ibu yang memakai baju hitam itu tampak rileks dan sesekali tersenyum sambil melakukan gerakan tiup-tiup sesuai arahan Bidan Novel. Saat bayinya lahir, ia bahkan sempat tertawa dan menenangkan suaminya yang menangis terharu saat melihat putranya untuk kali pertama.

Saking terlihat rileks dan senang, bahkan ada warganet yang mengira bahwa lahiran itu hanya settingan. Namun, tak sedikit yang mengucapkan selamat kepada sang ibu dan juga ingin melahirkan secara santai.

Sarah sempat memakai lipstik di ruang persalinan
Sarah sempat memakai lipstik di ruang persalinan (screenshot IG @bidan_novel)

Lalu, apa ya sebenarnya rahasia sang ibu agar dapat melahirkan dengan santai?

Beautynesia berhasil menghubungi ibu yang viral tersebut. Ia adalah Sarah Isaura, yang melahirkan anak laki-lakinya pada penghujung tahun lalu, yakni 31 Desember 2020 di sore hari.

Sebelum melahirkan, Sarah telah melakukan beberapa persiapan, yakni dengan rutin berjalan kaki, senam ringan dengan tutorial dari You Tube, serta menggunakan gym ball.

"Aku ga ada ikut senam dan yoga karena pandemi. Sebagai gantinya, aku jalan kaki keliling rumah, jalan pagi setiap weekend, dan senam ringan di kamar memakai gymball ataupun gerakan senam ringan di kasur. Gerakan-gerakannya mencontoh dari YouTube," ujar Sarah kepada Beautynesia.

Suami Sarah menemani saat persalinan
Suami Sarah menemani saat persalinan (screenshot IG @bidan_novel)

Sarah mengaku bahwa suami berperan penting agar dapat melahirkan dengan rileks, terutama saat kontraksi datang. 

"Suami selalu ada di samping aku, setiap kontraksi tangan dia selalu sedia buat dicengkram. Tangan satunya untuk elus-elus punggung yang terasa semakin panas. Kasih tahu rasanya kontraksi seperti apa, jadi pendamping tahu harus berbuat apa, dan kita enggak perlu lagi jelasin maunya diapakan."

"Suami juga tahu teknik yang dipakai provider, dia udah mulai bimbing dan praktekin atur nafas yang bener di samping aku. Karena semakin terasa kontraksinya, kadang lupa untuk kontrol emosi, dan atur nafas itu sangat membantu," kata perempuan berambut panjang itu.

Ilustrasi menggunakan gym ball saat hamil
Ilustrasi menggunakan gym ball saat hamil (freepik)

Ketika pembukaan sudah bertambah, Sarah mengatakan bahwa provider lah yang selalu mengingatkan dirinya untuk terus bergerak agar persalinan berjalan mudah. Namun, yang terpenting adalah keinginan dari diri sendiri.

"Memang yang penting keinginan dari diri sendiri untuk membuat persalinan terasa mudah. Aku harus menghilangkan rasa malas, jadi setiap kontraksi datang aku didampingi suami untuk jalan kaki keliling klinik dan main gym ball."

"Setiap kali kontraksi datang, aku duduk sambil di atas gym ball dengan gerakan memutar sambil atur nafas. Menurut provider, cara ini efektif untuk semakin membuka jalan lahir bayi dan membuat perinium semakin elastis. Jujur, rasanya nikmat sekali!" ujar Sarah.

Ia juga mengingatkan agar selalu berkomunikasi dengan bayi yang dikandungnya. Selain itu, tak lupa untuk selalu berdoa dan memohon ampun agar persalinan berjalan dengan lancar.

Ada satu fakta menarik yang mungkin belum banyak orang tahu. Ia memang sudah ingin mengenakan makeup sebelum melahirkan agar menyambut kehadiran putranya dengan cantik.

"Bahkan aku sengaja membawa bulu mata lengkap dengan lem dan penjepitnya. Aku juga sengaja membeli lipstick yang transferproof biar bisa lebih maksimal saat lahiran," kata Sarah.

Sarah sempat merapihkan alis sebelum melahirkan
Sarah sempat merapihkan alis sebelum melahirkan (screenshot IG @bidan_novel)

Saat bukaan sudah lengkap, ia mengaku rasa sakitnya seperti hilang dan excited untuk segera bertemu sang buah hati. Sampai detik terakhir pembukaan lengkap, ia masih dibimbing untuk mengatur napas secara benar dan maksimal. Tak lama, bayinya pun keluar dengan mudah dan langsung menangis kencang.

"Saat itu kulihat suamiku langsung menangis haru, namun entah kenapa aku sama sekali ga ada hasrat untuk menangis, malah aku yang menenangkan dia. Lalu kemudian adegan itu lah yang menjadi viral beberapa hari lalu," ujar Sarah.

Sarah berhasil melahirkan dengan perineum utuh. Kuncinya adalah berdayakan diri, gerak sebisa mungkin, mengatur napas, memilih provider yang menenangkan, tak lupa support suami, dan selalu berdoa.

Semoga Sarah dan bayinya sehat selalu ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id