sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Parasocial Breakup, Kondisi Patah Hati terhadap Karakter Fiksi

Retno Wulandari | Rabu, 21 Jul 2021 21:15 WIB
Mengenal Parasocial Breakup, Kondisi Patah Hati terhadap Karakter Fiksi
Parasocial breakup/ Foto: Freepik.com

Parasocial breakup adalah kondisi yang tanpa disadari sering dialami oleh siapapun, khususnya kamu para pecinta drama Korea, yang bisa memengaruhi kesehatan mental. Umumya, perasaan sedih dan kecewa terhadap karakter fiksi adalah bentuk respon yang masih wajar untuk dilakukan.

Tapi jika berlebihan, kamu perlu berhati-hati karena bisa jadi kamu mengalami parasocial breakup, Beauties. Masih bingung dengan istilah satu ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Parasocial breakup, patah hati terhadap karakter fiksi
Parasocial breakup/ Foto: Freepik.com

Parasocial breakup merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang yang merasa memiliki kedekatan secara emosional dengan karakter fiksi dalam drama, film, novel, dan lainnya.

Istilah yang diciptakan oleh Donal Horton dan Richard Wohl pada tahun 1956 ini melibatkan pengalaman ilusi dari penonton yang merasa seakan-akan berinteraksi langsung dengan karakter-karakter fiksi dan merasakan adanya feedback dengan mereka.

Awalnya, hubungan ini masih sebatas hubungan antara audiens dengan idola di televisi seperti umumnya. Namun, seiring berkembangnya media dan diiringi kemajuan teknologi, para audiens merasa semakin dekat dengan kehidupan idolanya karena bisa langsung berinteraksi lewat sosial media.

Parasocial breakup, patah hati terhadap karakter fiksi
Parasocial breakup/ Foto: Freepik.com

Meskipun hubungan ini termasuk dalam kategori imajiner antara fans dan idolanya, tapi ketika sang idola memerankan sebuah karakter di sebuah drama atau film, kemudian dihilangkan atau sengaja dimatikan oleh penulis cerita, maka muncul perasaan kecewa dan sedih yang berlebihan dari para penggemar idol tersebut. Nah, kondisi patah hati inilah yang disebut dengan istilah parasocial breakup, Beauties.

Seseorang yang mengalami parasocial breakup biasanya akan menonton berulang-ulang adegan karakter dari sang idola, mencari informasi sebanyak mungkin mengenai karakter yang di idolakan dari platform lain, atau menyaksikan acara lain yang dibintangi oleh sang idola hingga menemukan karakter lain yang membuat mereka akhirnya berhasil berpaling.

Parasocial breakup, patah hati terhadap karakter fiksi
Parasocial breakup/ Foto: Freepik.com

Jangan dianggap remeh, rasa sakit parasocial breakup ini sama sakitnya seperti putus cinta, lho. Perasaan kecewa dan sedih yang terlalu dalam bisa membuat psikologi seseorang jadi terganggu. Setelah mengalami perasaan dan emosi tersebut, seseorang yang mengalami parasocial breakup biasanya akan kesulitan untuk bangkit move on.

Nah, itulah penjelasan mengenai parasocial breakup yang tanpa disadari banyak dialami oleh siapapun, khususnya para pecinta drama Korea. Agar tidak memengaruhi kesehatan mental, ada baiknya untuk mengidolakan karakter atau tokoh dalam drama maupun film sewajarnya ya, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id