sign up SIGN UP

Patut Dicoba! Ini Kebiasaan Untuk Membantu Kamu Mengurangi Pemakaian Media Sosial

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 19 Sep 2020 13:00 WIB
Patut Dicoba! Ini Kebiasaan Untuk Membantu Kamu Mengurangi Pemakaian Media Sosial
caption

Seiring berkembangnya teknologi yang kian pesat, media sosial jadi semakin beragam. Pemakainya pun semakin banyak dan tidak mengenal siapa orangnya. Jika dipandang dalam sisi positif, media sosial adalah cara mudah untuk terhubung dengan orang terdekat, membangun jaringan di berbagai bidang, dan mengikuti perkembangan.

Namun terlalu banyak memakai media sosial juga tidak baik lho. Mulai dari menyita waktu, tidak produktif, hingga hidup menjadi toxic. Untuk itu, Beautynesia akan memberikan cara mudah untuk mengurangi pemakaian media sosial sebagai berikut ini.

Sadari berapa lama untuk menghabiskan waktu di media sosial

Menyadari berapa lama untuk menghabiskan waktu di media sosial agar dikurangi.
Ingat berapa lama/freepik.com

Langkah pertama dalam melakukan perubahan adalah menyadari berapa lama untuk menghabiskan waktu di media sosial. Biasanya di handphone bisa terlihat penggunaan waktu pemakaian tiap aplikasi. Identifikasi aplikasi apa yang paling lama dipakai, kapan serta mengapa menggunakannya, dan cara mengganti kebiasaan tersebut. Langkah kecil adalah kunci untuk membentuk kebiasaan sehat dan mengetahui pasti perubahan.

Gunakan tombol mute atau unfollow

Ikuti orang yang dapat memberi motivasi, inspirasi, dan kebahagiaan setiap melihat profilnya.
Tombol mute atau unfollow/pinterest.com/ltechguides

Terkadang saat seseorang menggunakan media sosial, ada rasa membandingkan ke orang lain. Hal ini sudah termasuk ke dalam ketagori toxic. Karena akan membuat perasaan tidak nyaman dan iri kepada kehidupan orang. Untuk itu, cara yang paling bijaksana dan terbaik adalah menggunakan tombol mute atau unfollow. Ikuti orang yang dapat memberi motivasi, inspirasi, dan kebahagiaan setiap melihat profilnya. Hal tersebut bukan hanya meningkatkan kepercayaan diri, tapi secara alami mengurangi pemakaian media sosial.

Jangan periksa media sosial sebelum jam 10 pagi

Tunggu hingga jam 10 pagi tiba atau sejam setelah bangun tidur.
Periksa media sosial diatas jam 10 pagi/freepik.com

Kebanyakan orang akan memeriksa handphone saat bangun tidur, seperti koran pagi. Memeriksa media sosial di pagi hari tidak hanya memulai hari dengan fokus pada apa yang orang lain lakukan tapi juga menyia-nyiakan waktu. Tunggu hingga jam 10 pagi tiba atau sejam setelah bangun tidur. Cobalah menyelesaikan tugas atau tanggung jawab sehingga pagi menjadi lebih produktif.

Matikan notifikasi

Istirahatkan handphone dan matikan notifikasi media sosial.
Matikan notifikasi/freepik.com

Notifikasi dimaksudkan untuk menarik perhatian agar mengecek handphone lagi. Istirahatkan handphone dan matikan notifikasi media sosial sehingga dapat memilih kapan ingin memeriksa media sosial. Hanya perlu nyalakan notifikasi chat jika memang perlu dan penting. Sehingga masih bisa dihubungi oleh banyak orang. Di luar hal itu, taruh handphone jauh dari jangkauan.

Ubah lokasi aplikasi media sosial di handphone

Cobalah untuk mengubah penempatan media sosial agar tidak terlalu kelihatan.
Ubah lokasi aplikasi media sosial/freepik.com

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya telah memeriksa media sosial. Karena lokasi penempatan sangat mudah dilihat mata, untuk itu cobalah untuk mengubah penempatan media sosial agar tidak terlalu kelihatan. Misalnya simpan di halaman terakhir sehingga untuk menggulurnya bisa dalam keadaan sadar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id