sign up SIGN UP

LIFE

Lelah dan Banyak Tekanan? 7 Tips Sederhana Ini Ampuh Mengurangi Stres!

Ayuliy Lestari | Selasa, 15 Sep 2020 07:00 WIB
Lelah dan Banyak Tekanan? 7 Tips Sederhana Ini Ampuh Mengurangi Stres!
Women/tips mengurangi stress/Pexels.com

Siapapun pasti pernah mengalami stres, hanya tingkatannya saja yang berbeda. Ada stres level ringan sampai stres akut yang membutuhkan penanganan khusus.

Meskipun kamu sedang mengalami stres di level ringan, sebaiknya jangan diabaikan Ladies, karena stress juga bisa berpengaruh pada berat badan, kerontokan rambut, tekanan darah tinggi hingga penyakit kronis.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika kamu merasa stres? Salah satunya kamu bisa mencari tahu akar dari permasalahan yang mengakibatkan stres, setelah itu cobalah untuk menyelesaikannya. Lakukan pula tips-tips sederhana untuk mengelola stres berikut!


1. Tersenyumlah

Tips mengurangi stres
Woman/usnplash.com

Ketika stres, kamu akan dominan dengan ekspresi sedih atau lelah, cobalah untuk tersenyum karena banyak penelitian yang membuktikan bahwa senyum cukup baik untuk menghilangkan stres.

Sebuah penelitian di psychological science pada 2012 membuktikan bahwa memasang dunchene smile atau jenis senyuman lebar yang melibatkan otot-otot sekitar wajah dan mata bisa meningkatkan mood. Tersenyum lebar bisa menghasilkan perubahan dalam aktivitas otak yang berhubungan dengan suasana hati. 

2. Mencorat-coret

Tips mengurangi stres
Doodles/Pinterest.com

Ketika kamu banyak tekanan yang mengakibatkan stres maka cobalah mengambil secarik kertas lalu gambarlah sesukamu. Menggambar atau mencorat-coret sangat efektif untuk menenangkan pikiran kamu yang semrawut saat berada di bawah tekanan atau saat kamu sedang bosan, gugup dan tidak bersemangat.

3. Mengunyah Permen Karet

Tips mengurangi stres
Wattpad/Pinterest.com

Tidak hanya bisa menyegarkan nafas dan bagus untuk menekan kebiasaan ngemil saat kamu sedang diet, permen karet juga bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Bahkan mengunyah permen karet juga mampu meningkatkan kewaspadaan dan kemajuan multitasking.

4. Puasa Gadget

Tips mengurangi stres
Woman/usnplash.com

Mengecek email, akun media sosial atau bermain gadget secara terus-menerus ternyata juga menyebabkan stres. sebuah penelitian dari University of California bahkan menemukan bahwa pengguna internet yang sangat aktif akan 5 kali lebih rentan terhadap depresi, jadi ketika kamu merasa sedang stres sebaiknya kurangi kontak dengan gadget dan lakukanlah kegiatan-kegiatan di dunia nyata yang menyenangkan.

5. Mengatur Waktu

Tips mengurangi stres
Woman/usnplash.com

Biasanya stres juga ditimbulkan karena aktivitas yang padat, jadi cobalah mengatur waktu kamu dengan cara membuat list tentang hal apa saja yang akan kamu lakukan hari ini.

Setelah itu luangkan waktu beberapa menit untuk mempersiapkan hari berikutnya. Misalnya seperti memilih satu set outfit beserta aksesorisnya, menyiapkan berkas yang akan dibawa ke tempat kerja atau memesan tempat lebih dahulu saat ingin hangout bersama teman atau bertemu kolega.

6. Membuat Jurnal atau Diary

Tips mengurangi stres
ItsclaudyaG/pinterest.com

Banyak penelitian yang menemukan bahwa menulis mengenai hal apa saja yang membuat kamu depresi selama 20 menit setiap harinya bisa menurunkan kadar stres. Kamu juga bisa mencatat pencapaian atau hal-hal kecil lainnya yang sudah berhasil kamu lakukan.

Jangan lupa pula untuk mencatat apa saja yang membuat kamu bersyukur. Cobalah untuk berterima kasih pada diri sendiri atas apa yang sudah kamu usahakan dengan baik karena mengapresiasi kerja keras diri sendiri juga sangat penting.

7. Meditasi

Tips mengurangi stres
BuzzFeed/Pinterest.com

Teknik pernapasan dalam meditasi terbukti ampuh untuk memperbaiki mood terutama untuk penderita stres dan depresi. Kamu bisa belajar bermeditasi dengan melakukan pose-pose yoga yang simpel atau bisa juga dengan berendam air hangat lalu mendengarkan musik yang santai. 

Itulah 7 cara sederhana untuk mengurangi stres agar kamu merasa lebih baik, Ladies. Semoga bermanfaat!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id