sign up SIGN UP

LIFE

Pusing karena Tanaman Hias Sering Kena Kutu Putih? Ini Cara Jitu untuk Mengatasinya

Dian Aprilia | Senin, 05 Apr 2021 08:00 WIB
Pusing karena Tanaman Hias Sering Kena Kutu Putih? Ini Cara Jitu untuk Mengatasinya
caption

Kutu putih termasuk jenis hama yang cukup sering mengganggu pertumbuhan tanaman hias. Biasanya gangguan kutu putih ditandai dengan serat kapas putih atau serangga kecil yang menempel di daun atau batang tanaman. Dalam jumlah banyak, tanaman ini bisa menyebabkan daun menguning, melengkung dan pada akhirnya mati.

Untuk itu berikut beautynesia.id telah merangkum cara-cara jitu untuk melawan gangguan kutu putih:

Jangan Menyiram Air Terlalu Banyak

Tanaman
Tanaman/pexels.com

Kutu putih sangat menyukai tanaman yang mengandung banyak cairan. Seperti halnya tanaman dengan kadar nitrogen tinggi dan pertumbuhan yang lunak. Selain itu, kutu putih juga bisa muncul jika kamu terlalu sering atau terlalu banyak dalam memberikan air (over watering).

Tak hanya itu, kutu putih juga bisa mengganggu tanaman hias yang terlalu sering diberi pupuk. Untuk itu, kamu perlu mengontrol pemberian air dan pupuk agar tidak berlebihan ya!

Memberi Neem Oil

Neem oil atau neem oil memiliki fungsi untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan hama. Selain itu, neem oil juga bisa mengusir hama yang ada di tanaman karena memiliki sifat antifeedant.

Memberi Insektisida

Insektisida
Insektisida/pexels.com

Cara selanjutnya adalah dengan menyemprotkan insektisida secara langsung ke kutu putih. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang cukup sederhana, yakni 4 sdt sunlight dan 1 lt air. Insektisida ini bisa langsung membunuh kutu putih yang menempel di tanamanmu. Pastikan untuk membilas tanaman dengan air bersih setelah beberapa jam ya.

Mencuci Tanaman

Jika kondisi kutu putih sudah terlalu banyak di tanaman hiasmu. Kamu bisa melakukan pembasmian kutu putih dengan mencuci daun dan batang tanaman. Caranya cukup mudah, yakni kamu perlu siapkan air secukupnya di wadah kemudian campurkandengan sabun cair.

Setelah itu masukkan spons atau kain ke wadah dan gosokkan ke daun tanaman. Lakukan dengan lembut aar tak merusak tanaman. Setelah dicuci, selanjutnya semprot dengan air bersih hingga tak ada sisa sabun yang menempel di tanaman.

Antisipasi Munculnya Kutu Putih

Antisipasi kutu putih
Antisipasi kutu putih/pexels.com

Jika sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan kutu putih, selanjutnya lakukan cara pencegahan agar kutu putih tak mengganggu tanamanmu lagi. Lakukan pengecekan secara berkala pada kondisi tanamanmu. Jika melihat ada kutu putih di daun atau batang, segera potong dan buang agar tidak menjalar lebih luas.  

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan kutu putih pada tanaman hias. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id