sign up SIGN UP

LIFE

Sebelum Mencintai Orang Lain, Cari Tahu Cara Mencintai Diri Sendiri!

tyana | Rabu, 09 Sep 2020 07:00 WIB
Sebelum Mencintai Orang Lain, Cari Tahu Cara Mencintai Diri Sendiri!
caption

Ladies, sudahkah mencintai diri kita sendiri?

Kita tak bisa meminta orang lain untuk mencintai diri kita sebelum tahu bagaimana mencintai diri kita sendiri. Mencintai diri kita sendiri bukan hal egois yang perlu dilakukan.

Cara ini tak hanya berguna untuk diri kita sendiri, tapi juga akan membuat kita tahu bagaimana cara mencintai orang lain termasuk pasangan dan anak. Untuk itu inilah beberapa cara sederhana mencintai diri sendiri.


Bersahabat dengan Diri Kita Sendiri

Cara sederhana mencintai diri sendiri
Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri/pinterest.com/serenitycrystal/

Pernah merasa kurang percaya diri dengan apa yang kita miliki sehingga menyebabkan ketidakpuasan dan merasa orang lain memiliki hal yang lebih baik? Ladies, setiap orang diciptakan unik dan Tuhan tak pernah salah menciptakan mahluk-Nya. Fokus terhadap apa yang kita miliki dan lihat kekurangan kita menjadi hal yang lebih positif. 

Coba lihat cermin, pandangi wajah, dan coba katakan apa kelebihan dari diri kita. Terima semua kekurangan yang kamu miliki dan coba berpikir positif.

Pikiran positif dan optimis akan mendatangkan hal yang positif juga. Jauhkan perasaan-perasaan yang tak diinginkan. Jadikan kritikan dan pandangan negatif orang menjadi bahan introspeksi diri menjadi lebih baik.

Mendengarkan kritikan bukan berarti kita harus mengikuti semua keinginan orang lain. Be yourself and love yourself. Hanya kamu yang punya hak dan kewajiban menjadi apa yang kamu mau tanpa merugikan diri kamu dan orang lain. 

Jangan Egois Terhadap Diri Kita Sendiri

Cara sederhana mencintai diri sendiri
Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri/pinterest.com/ellevolera

Banyak orang yang salah tentang pandangan mencintai diri sendiri sehingga kita berhenti untuk melakukan yang terbaik untuk diri kita. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita dapat melakukan apapun yang ingin kita lakukan tanpa memperhatikan diri kita dan orang lain. 

Mencintai diri sendiri artinya kita akan melakukan segala cara untuk mendapatkan yang terbaik dalam diri kita. Bukan dalam hal negatif tetapi lebih menuju keamanan, kebahagiaan dan kesuksesan.

Coba mulai merubah diri kita sendiri dengan jangan egois terhadap diri kita sendiri. Cukupi kebutuhan diri dan jagalah diri kita sendiri. Mulai dari hal kecil dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidur yang cukup. 

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Cara mencinta diri sendiri
Ilustrasi Love yourself/pinterest.com/carmenhg2000

Pekerjaan, keluarga, dan pertemanan kadang membuat kita lupa akan diri kita sendiri. Membantu dan memikirkan orang lain memang bukan hal yang buruk tapi saat kita lupa terhadap diri kita sendiri itu berarti bukan hal yang sehat untuk dilakukan. 

Luangkan waktu untuk "me time". Kamu bisa datang ke restoran favorit, melakukan perawatan di salon ataupun hanya sekedar jalan-jalan di mall. 

Buat Dirimu Bangga Terhadap Kamu

Cara mencintai diri sendiri
Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri/pinterest.com/jennikayne/

Ladies, apakah kamu sudah bangga terhadap dirimu sendiri? Lihat dengan pencapaian yang kamu miliki. Jangan terlalu fokus melihat pencapaian orang lain dan lupa dengan pencapaian sendiri. Buat dirimu bangga terhadap apa yang telah kamu lakukan tanpa pujian dari orang lain. 

Perhatikan diri kamu sendiri, dan hindari untuk membuat orang lain bangga tanpa diri kamu inginkan. Buatlah perubahan dari yang terkecil untuk menuju pencapaian yang kamu inginkan. 

Bahagiakan Diri Kamu Sendiri

Cara sederhana mencintai diri sendiri
Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri/pinterest.com/weloveeyesxo/

Ladies, buat dirimu bahagia. Tidak akan ada orang yang dapat membuat kamu bahagia kalau kamu sendiri tak berusaha membuat diri kamu bahagia. Mulai dengan hal-hal kecil yang dapat kamu bahagia, tapi hindari apabila hal yang membuat kamu bahagia dapat merugikan diri kamu sendiri.

Contohnya kamu sangat suka dengan junk food sehingga kamu selalu makan itu setiap hari. Hal ini harus dihindari walaupun itu dapat membuat kamu puas tetapi apabila dilakukan setiap hari dalam jangka waktu yang panjang hal tersebut dapat merugikan diri kamu sendiri. 

Lakukan Perawatan

Cara sederhana mencintai diri sendiri
Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri/pinterest.com/asdf666615/

Yuk! Coba cintai diri kita sendiri dengan menjaga apa yang kita miliki. Perhatikan kesehatan dan kecantikan diri kamu sendiri. Olahraga yang rutin tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan dan pikiran kita.

Kamu juga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan dengan melakukan perawatan di rumah ataupun salon. Buat diri kamu menjadi apa yang kamu inginkan. Cintai diri kamu sendiri. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id