sign up SIGN UP

Sering Dianggap Normal, 5 Kebiasaan Nggak Baik dan Cenderung Toksik Ini Perlu Kamu Hentikan!

Shinta Nikmah | Kamis, 16 Sep 2021 06:00 WIB
Sering Dianggap Normal, 5 Kebiasaan Nggak Baik dan Cenderung Toksik Ini Perlu Kamu Hentikan!
Kebiasaan toksik yang dianggap normal/ Foto: freepik.com

Kebiasaan toksik adalah kebiasaan yang bisa merugikan bagi kamu dan bisa juga bagi orang lain. Karena tidak memiliki manfaat dan justru mendatangkan masalah, kamu perlu menghindari segala kebiasaan toxic yang mungkin sering kamu lakukan.

Namun masalahnya, ada banyak kebiasaan toxic yang dianggap hal yang normal, padahal kebiasaan tersebut bisa menyebabkan orang lain tersinggung. Lalu apa saja sih, kebiasaan toxic yang dianggap normal tersebut?

Body Shaming

Body shaming
Body shaming/ Foto: freepik.com

Perlakuan body shaming memang susah dihilangkan dari kebiasaan banyak orang. Terlebih hal tersebut seperti dianggap normal dan tidak terlalu dipermasalahkan untuk dilakukan. Bahkan beberapa pelaku body shaming berdalih hanya bercanda ketika melakukannya.

Perlu kamu tahu, Beauties, kebiasaan melakukan body shaming seperti mengomentari fisik orang lain hanya karena bentuk tubuhnya yang kurang ideal atau memiliki kulit gelap bisa membuat orang lain sakit hati, lho.

Tidak hanya itu, bahkan mengutip dari Psychologs, body shaming juga bisa mengganggu kesehatan mental. Jadi, hati-hati dalam mengomentari fisik orang lain ya.

Acne Shaming

Acne shaming
Acne Shaming/ Foto: freepik.com

Beauties, memiliki jerawat adalah hal yang normal bagi sebagian perempuan atau laki-laki. Namun mengolok-olok orang yang memiliki jerawat alias acne shaming, merupakan hal toxic yang justru dinormalkan oleh sebagian besar orang.

Tanpa kamu komentari, orang tersebut juga sudah tahu dan mungkin sudah frustasi dengan kondisi jerawat di kulitnya. Jika kamu tambahi dengan komentar yang kurang baik, maka bisa jadi orang lain akan terpuruk dan kehilangan kepercayaan diri. 

Bercanda Secara Berlebihan

Bercanda secara berlebihan
Bercanda secara berlebihan/ Foto: freepik.com

Setiap orang biasanya terhibur dengan candaan yang dilontarkan oleh seseorang. Terlebih jika orang tersebut memang humoris dan bisa membawa suasana lebih ceria. Namun meski hanya bercanda, tetap ada etika yang perlu kamu ketahui, lho.

Jangan sampai kamu bercanda terlalu berlebihan dengan mengolok orang lain walau dengan embel-embel 'hanya bercanda'. Kamu tidak tahu isi hati seseorang yang kamu jadikan bahan lelucon. Meski dia hanya tersenyum menanggapi candaanmu, bisa jadi dalam dirinya merasakan sakit hati. Akan lebih berbahaya lagi jika sakit hati tersebut bermuara pada dendam. 

Jadi, lain kali kamu lebih berhati-hati jika bercanda ya, Beauties.

Meremehkan Masalah Orang Lain

Meremehkan orang lain
Meremehkan orang lain/ Foto: freepik.com

Meremehkan masalah teman atau orang lain hanya karena permasalahan tersebut tidak terlalu berat di matamu, juga merupakan salah satu hal yang kurang pantas untuk dilakukan. Berpikiran bahwa masih ada masalah lain yang memiliki permasalahan lebih berat dibandingkan masalah yang temanmu alami bisa membuatmu kehilangan rasa empati.

Terlebih jika kamu malah mengadu nasib buruk orang lain dengan mengatakan, 'kamu sih, masih mending, coba lihat aku yang bla bla bla...'. Percayalah Beauties, terkadang orang lain hanya butuh didengarkan, bukan butuh dinasehati dengan perkataan yang justru membuat orang lain semakin kecil hati.

Menganggap Orang Lain Terlalu Baperan

Menganggap terlalu baperan
Menganggap terlalu baperan/ Foto: freepik.com

Menganggap orang lain terlalu baperan dengan ucapan atau perbuatanmu juga merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihilangkan, lho. Coba posisinya di balik, misal orang lain mengatakan hal yang kurang mengenakkan lalu kamu dianggap baperan, hanya karena kamu tersinggung oleh perkataan orang tersebut. Kamu pasti kesal, kan?

Nah, jika orang lain merasa tersinggung dengan ucapanmu, segeralah minta maaf. Jangan justru melakukan pembelaan dengan mengatakan orang lain baperan. Hal tersebut justru membuat orang semakin kesal denganmu!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id