sign up SIGN UP

Si Paling Mellow! Ini Fakta Psikologi di Balik Kepribadian Orang yang Perasa dan Mudah Tersentuh

Octavia Tunggal Dewi | Jumat, 10 Sep 2021 22:15 WIB
Si Paling Mellow! Ini Fakta Psikologi di Balik Kepribadian Orang yang Perasa dan Mudah Tersentuh
caption

Apakah kamu termasuk orang yang mudah tersentuh? Atau dengan kata lain baper. Setiap orang yang cenderung mudah terbawa perasaan maka akan mudah bereaksi terhadap suatu hal. Sejujurnya mereka memiliki karakter tersebut bukan tanpa sebab atau di rekayasa semata.

Yuk kita simak beberapa fakta psikologi mengenai kepribadian seseorang yang perasa dan hatinya mudah sekali tersentuh di bawah ini, Beauties!

1. Memiliki Empati yang Tinggi

Memiliki empati yang tinggi
Memiliki Empati yang Tinggi/Foto: Freepik.com/User18526052

Seseorang yang mudah terbawa perasaan atau memiliki hati yang mudah tersentuh pada umumnya memiliki empati yang tinggi dan sensitif terhadap energi serta lingkungan di sekelilingnya. Mereka lebih peka terhadap segala situasi bahkan hal-hal kecil di sekelilingnya dibandingkan orang lain. Biasanya mereka turut merasakan apa yang dirasakan orang lain serta memposisikan diri mereka dalam keadaan tersebut.

2. Memikirkan Segala Hal Secara Mendalam

Memikirkan segala hal secara mendalam
Memikirkan Segala Hal Secara Mendalam/Foto: Freeepik.com/Marymarkevich

Orang yang mudah tersentuh biasanya memikirkan segala hal secara mendalam. Mencari tahu beragam dampak yang akan terjadi pada dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Mereka juga cenderung mengkhawatirkan segala hal yang seharusnya tidak perlu dikhawatirkan. Mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengambil setiap keputusan dan jika keputusannya tidak tepat maka mereka tidak jarang akan menangis, merasa bersalah dan menyesal berkepanjangan.

3. Kurang Menyukai Keramaian

Kurang menyukai keramaian
Kurang Menyukai Keramaian/Foto: Freepik.com/Diana.grytsku

Mereka yang berkepribadian sensitif sangat menikmati waktu sendiri dan jarang menyukai keramaian. Ia lebih memilih menghabiskan waktu sendiri di suatu tempat dibandingkan harus bersosialisasi dengan banyak orang di tengah keramaian. Mereka akan merasa tidak nyaman di lingkungan yang ramai dan bising seperti merasa terintimidasi.

4. Memiliki Emosi yang Kurang Stabil

Memiliki emosi yang kurang stabil
Memiliki Emosi yang Kurang Stabil/Foto: Freepik.com/Benzoix

Biasanya orang yang perasa memiliki emosi yang kurang stabil, seperti mudah menangis, sedih, marah bahkan di jarak waktu yang tidak jauh berbeda. Seperti saat ini kamu sedang menangis lalu satu jam setelahnya kamu tertawa bahagia.

Bahkan dengan beragam penyebab yang menurut orang pada umumnya adalah hal yang biasa saja. Namun orang yang mudah terbawa perasaan akan melihat dari sudut pandang yang berbeda.

5. Memiliki Kreatifitas Tinggi

Memiliki kreatifitas tinggi
Memiliki Kreatifitas Tinggi/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Banyak dampak positif dari seseorang dengan karakter mudah terbawa perasaan, salah satunya memiliki kreatifitas yang tinggi. Orang yang perasa memiliki intuisi yang luar biasa dan mudah menangkap inspirasi dari pengalaman serta kegiatan sehari-hari. Seseorang yang perasa lebih mudah berimanjinasi dan memunculkan berbagai ide yang tidak terduga dalam pola pikir orang lain.

Nah Beauties, itu dia beberapa fakta psikologi mengenai seseorang yang mudah sekali tersentuh hatinya. Terdapat beragam dampak positif dan negatif dalam setiap kepribadian dan karakter.

Jangan menganggap bahwa orang yang perasa adalah orang lemah dan merepotkan, karena sejatinya mereka memiliki hati yang lembut serta empati yang tinggi. Semoga bermanfaat!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id