sign up SIGN UP

Siap-Siap! Masalah Ini Pasti akan Sering Ditemui Saat Musim Hujan

Arum Narwastu | Rabu, 15 Sep 2021 18:15 WIB
Siap-Siap! Masalah Ini Pasti akan Sering Ditemui Saat Musim Hujan
Masalah yang dihadapi saat musim hujan/ Foto: Freepik.com
Jakarta -

Musim hujan sudah mulai datang nih, Beauties. Selain banjir, ada lagi masalah-masalah lain yang mungkin akan kamu hadapi saat musim hujan. Apa saja?

1. Rumah Bocor

One woman mopping the floor in her kitchen.Mengepel lantai/ Foto: iStock

Atap yang bocor mungkin tidak kamu sadari saat kemarau. Tapi saat musim hujan datang, tiba-tiba saja rumah jadi bocor dimana-mana. Masalah rumah bocor ini memang sangat wajar terjadi di musim hujan. Tapi, bukan berarti bisa kamu diamkan begitu saja.

Untuk sementara, kamu bisa memakai ember untuk menampung air hujan. Namun saat langit sedang cerah, sebaiknya segera telpon tukang bangunan untuk memperbaikinya ya.

2. Air Merembes

Mirip seperti rumah bocor, air merembes saat musim hujan memang sering terjadi. Mengesalkannya, air merembes sulit ditampung dengan ember. Biasanya air merembes terjadi saat angin berhembus kencang ketika hujan. Air hujan yang harusnya jatuh lurus ke tanah akan berubah arah menjadi miring dan masuk ke sela-sela antara atap dan tembok rumah.

3. Rumah Penuh Serangga

Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan?Kecoa/ Foto: Getty Images/iStockphoto/gan chaonan

Musim hujan membuat banyak serangga keluar dari tempat persembunyiannya. Mulai dari laron, kaki seribu hingga kecoa akan senang berada di rumah dan kamar mandimu. Untun mencegahnya, pastikan kamu rajin membersihkan semua bagian rumah dan kamar mandi. Beri pewangi dan rajin-rajinlah menyemprotkan obat serangga ke lubang pembuangan air.

4. Saluran Air Mampet

Duh! Ternyata volume air yang bertambah saat hujan bisa menyebabkan saluran air jadi mampet. Akhirnya, kamu akan kesulitan untuk menyiram toilet. Segera minta bantuan jasa professional untuk memeriksa saluran air kamu yang mampet ya.

5. Listrik Mati

[FORUM] Tim Tidur Lampu Nyala atau Mati?Lampu emergency/ Foto: Freepik.com

Listrik mati juga sering banget dialami saat musim hujan. Biasanya, hal ini terjadi karena saluran utama listrik tersambar petir. Untuk mencegah jadi tidak produktif karena listrik mati, selalu pastikan baterai handphone, laptop, dan power bank penuh. Jangan lupa untuk menyiapkan lampu emergency agar kamu tidak perlu gelap-gelapan di dalam kamar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id