sign up SIGN UP

LIFE

Simpan Bakteri, Matras Yoga Harus Rutin Dicuci

aqillahdiaz | Minggu, 02 May 2021 13:30 WIB
Simpan Bakteri, Matras Yoga Harus Rutin Dicuci
sumber : freepik
Jakarta -

Yoga adalah salah satu olahraga yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Bagi kalian yang menyukai olahraga ini, tentunya matras adalah salah satu barang yang wajib digunakan, bukan? Namun, jangan sampai kalian lupa untuk membersihkan atau mencuci matras yoga tiap kali habis dipakai ya.

Dengan mencuci matras yoga, maka tubuh anda juga akan terhindar dari bakteri yang menempel pada matras bekas keringat. Nah, ini tips n trick yang harus dilakukan agar matras yoga tetap bersih dan awet

Membersihkan matras seminggu sekali

sumber : freepik
sumber : freepik

Jika kalian rutin melakukan yoga, ada baiknya kalian juga rutin mencuci matras, paling tidak seminggu sekali kalian harus mencuci matras yoga kalian. Hal itu harus dilakukan agar tubuh dan kulit kalian terhindar dari bakteri, karena matras bisa menjadi sarang kuman yang berbahaya. Untuk membersihkannya, kalian bisa merendam matras yoga di dalam bak dan didiamkan selama beberapa menit, serta kalian bisa tambahkan sabun deterjen, namun cukup sedikit saja. 

Membersihkan matras dengan air bersih dan lap lembut

sumber : freepik
sumber : freepik

Setelah kalian mencuci dan merendam matras, kalian dapat membilas matras dengan air bersih agar sisa sabun juga hilang dan meminimalisir risiko matras menjadi licin. Kemudian kalian juga dapat menggunakan lap untuk membersihkan kedua sisi matras. Pastikan kalian mengelap di tiap sisi dan tidak membuat permukaan matras menjadi terkelupas. 

Jangan dijemur di panas matahari dan jemur hingga kering

sumber : freepik
sumber : freepik

Jika kalian ingin menjemur matras kalian, ada baiknya jangan dijemur di panas matahari secara langsung, karena akan membuat fungsi material dasar matras menjadi rusak. Kalian dapat menjemur matras di tempat yang teduh. Jangan mengeringkan matras yoga dengan mesin pengering pakaian karena bisa menghancurkan matras anda. Pastikan juga matras kalian benar-benar kering agar tidak timbul jamur. 

Nah, itu beberapa tips n trick agar matras yoga kalian tetap bersih dan awet meskipun sering digunakan ya, ladies. Jangan sampai kalian lupa untuk mencuci matras yoga kalian!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id