sign up SIGN UP

LIFE

Tampil Lebih Elegan, Berikut Body Language yang Perlu Dihindari Mulai Hari Ini

Cindy Krisania | Jumat, 20 Nov 2020 07:00 WIB
Tampil Lebih Elegan, Berikut Body Language yang Perlu Dihindari Mulai Hari Ini
caption

Ketika berkomunikasi dengan orang-orang sekitar, kamu cenderung akan memperhatikan apa yang lawan bicara lakukan, seperti bahasa tubuh atau ekspresi yang digunakan. Salah satu hal yang membuat lawan bicara merasa terkesan adalah dengan menampilkan bahasa tubuh yang baik. Maka, kamu perlu menghindari bahasa tubuh yang tidak baik agar kamu tidak meninggalkan kesan buruk di mata lawan bicara kamu. 

Mengapa? Karena bahasa tubuh atau body language merupakan respon alami tubuh setiap manusia dan kamu tidak bisa membohonginya. Rasa percaya diri, ketakutan, kekhawatiran dengan sendirinya akan terpancar dari bahasa tubuh kamu. Untuk menampilkan bahasa tubuh yang positif dan baik langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah percaya diri. 

Agar penampilanmu lebih terlihat elegan dan berkelas, kamu perlu menghindari beberapa bahasa tubuh yang akan memberi kesan negatif pada lawan bicara kamu. Apa saja itu? 

Menyilangkan Kaki dan Lengan 

Kebiasaan Menyilang Lengan dan Kaki
Kebiasaan Menyilang Lengan dan Kaki/Foto: freepik.com

Apakah kamu memiliki kebiasaan menyilangkan kaki atau lengan saat berbicara dengan orang lain? Eits, ternyata ini kebiasaan buruk lho ladies! Ini adalah salah satu contoh bahasa tubuh yang kurang baik dan harus kamu hindari ketika sedang berbicara dengan orang lain. 

Tidak hanya ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, kebiasaan ini juga perlu hindari ketika sedang melakukan presentasi. Selain dinilai kurang sopan, kebiasaan ini juga membuat penampilanmu kurang menarik dan tidak memberi kesan yang baik terhadap orang lain.

Kebiasaan menyilangkan kaki dan lengan juga bisa diartikan bahwa kamu terlihat enggan untuk mendengarkan atau berinteraksi dengan orang lain dan juga terlihat kurang nyaman dengan kehadiran lawan bicara kamu. 

Tangan di Saku 

Kebiasaan tangan di saku
Kebiasaan Tangan di Saku/Foto: freepik.com

Tidak hanya menyilangkan kaki dan lengan saja yang perlu kamu hindari, namun kebiasaan kecil seperti memasukkan tangan ke dalam saku juga merupakan bahasa tubuh kurang baik. Mungkin kelihatan begitu sepele, tapi ternyata hal ini juga memberi kesan bahwa kamu tidak terbuka dengan kehadiran lawan bicara. 

Kebiasaan ini juga memberi kesan ada yang kamu sembunyikan. Selain itu juga, kamu memberi kesan tidak yakin dengan apa yang kamu bicarakan. Jadi, ketika kamu sedang berinteraksi dengan orang lain, hindari memasukkan tangan di saku. Segera keluarkan tangan kamu ketika sadar telah memasukkan tangan ke dalam saku ketika sedang berinteraksi.

Menghindari Eye Contact

Jangan Menghindari Kontak Mata
Jangan Menghindari Kontak Mata/Foto: freepik.com

Pernah dengar enggak alangkah lebih baik ketika sedang mengobrol dengan orang lain kita melakukan kontak mata dengan lawan bicara? Melakukan kontak mata dengan lawan bicara menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang percaya diri dan menyimak dengan baik apa yang sedang lawan bicara kamu katakan. 

Maka, ketika kamu menghindari kontak mata dengan lawan bicara itu menandakan bahwa kamu kurang percaya diri dan bisa saja terlihat tidak dapat di percaya. Saat melakukan kontak mata juga ada etikanya lho, Ladies! Hindari melakukan kontak mata dengan menatap tajam ke mata orang lain yang memberi kesan agresif dan membuat lawan bicara kamu kurang nyaman. 

Itu dia tiga bahasa tubuh perlu kamu hindari ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Buatlah penampilanmu lebih elegan dengan rasa percaya diri yang kuat dan bahasa tubuh yang baik. Semoga bermanfaat. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id