sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kenali 5 Bahasa Cinta, Kamu yang Mana?

Cindy Krisania | Selasa, 17 Nov 2020 21:00 WIB
Kenali 5 Bahasa Cinta, Kamu yang Mana?
caption

Pernah kepikiran engga sih kok rasanya susah sekali memahami maunya pasangan? Udah dikasih semuanya, tapi kok enggak pernah cukup buat dia? Nah, bisa jadi kamu dan pasangan kamu memiliki love language atau bahasa cinta yang berbeda. 

Kamu harus tahu bahwa setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda untuk mengungkapkan rasa cintanya. Menurut Dr. Gary Chapman ada 5 bahasa cinta, untuk menunjukkan rasa cinta yang kamu miliki dan membuat kamu merasa dicintai dan dihargai. 

Lalu, apa bahasa cinta yang kamu dan pasangan kamu gunakan selama ini? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kita simak di bawah ini yuk!

1. Word of Affirmation

Love Language-Word of Affirmation
Love Language-Word of Affirmation/Foto: freepik.com

Seseorang dengan bahasa cinta ini akan lebih sering memuji pasangannya, seperti "Kamu cantik banget hari ini. Presentasi kamu keren banget tadi. Kamu ganteng." dan masih banyak lagi.

Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta seperti ini, apa yang mereka ucapkan bukan hanya sekedar kata-kata, melainkan lebih dari itu. Menurut mereka, melalui kata-kata mereka bisa mengekspresikan perasaan mereka sepenuhnya. 

Jadi, jika pasangan kamu sering menggunakan kata-kata pujian seperti di atas bisa jadi pasanganmu memiliki bahasa cinta word of affirmation. Lalu, untuk membuatnya merasa dihargai dan senang kamu bisa membalasnya dengan kata-kata memuji, sering-sering mengatakan 'i love you', atau mengirimkan surat sederhana yang berisi tentang bagaimana bersyukurnya kamu memiliki dia di hidup kamu. 

Orang dengan bahasa cinta seperti ini cenderung lebih sensitif dengan kata-kata yang kurang menyenangkan. Maka, untuk menghindari pertengkaran dan membuat hubungan kalian lebih awet hindari kalimat yang bisa menyakitinya, dengarkan dia, dan ucapkan terima kasih ketika dia sedang memberi pujian. 

2. Quality Time

Love Language-Quality Time
Love Language-Quality Time/Foto: freepik.com

Jika kamu senang meluangkan waktu untuk pasangan di sela-sela kesibukan, kemungkinan kamu memiliki bahasa cinta quality time. Seseorang dengan bahasa cinta ini beranggap bahwa dengan mereka memberikan waktu adalah cara mereka untuk mengekspresikan cinta mereka. 

Contohnya, seperti pergi ngopi bersama, pergi liburan bersama, atau jika kalian sedang menjalin hubungan jarak jauh, orang dengan tipe bahasa cinta ini sudah menentukan jadwal jam berapa harus menelpon pasangannya. 

Orang dengan bahasa cinta ini akan merasa tidak dihargai ketika kamu sedang ingin bercerita, tapi pasangan kamu malah sibuk dengan update social media. Jadi, hindari ini ya, Ladies!

3. Physical Touch 

Love Language-Physical Touch
Love Language-Physical Touch/Foto: freepik.com

Seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik akan mengekspresikan cintanya dengan melalui sentuhan. Untuk bahasa cinta satu ini akan sangat dilakukan jika kamu memiliki hubungan jarak jauh atau LDR. 

Biasanya orang-orang dengan bahasa cinta tersebut akan mengekspresikan cintanya melalui belaian, pelukan, ciuman ataupun sekedar usapan di kepala. Melalui sentuh fisik ini mereka yang memiliki bahasa cinta tersebut akan merasa dicintai dan dihargai. Mereka akan merasa tidak dihargai dan dicintai ketika mereka merasa diabaikan dan tidak disentuh. 

4. Acts of Service 

Love Language-Acts of Service
Love Language-Acts of Service/Foto: freepik.com

Orang-orang dengan bahasa cinta seperti ini beranggapan bahwa actions speak louder than words. Orang yang memiliki bahasa cinta ini cenderung banyak menunjukkan rasa cintanya melalui aksi dibandingkan melalui kalimat manis. 

Contohnya, membawakan bekal makan siang, membantu pasangan ketika kesulitan, atau menemani pasangan ketika berpergian. Mereka cenderung melayani dan mereka senang dilayani.

5. Receiving Gifts

Love Language-Receiving Gifts
Love Language-Receiving Gifts/Foto: freepik.com

Siapa sih yang enggak senang ketika dikasih hadiah? Jika kamu adalah orang yang selalu merasa senang ketika mendapatkan hadiah, bisa dipastikan kamu memiliki bahasa cinta receiving gifts. 

Sebenarnya cukup sederhana untuk membuat orang-orang dengan bahasa cinta ini merasa senang. Cukup dengan kamu sering memberikan hadiah pada mereka, tidak perlu yang mahal atau mewah. Hadiah-hadiah sederhana juga bisa kamu berikan pada mereka. Apalagi jika hadiah yang kamu berikan hasil dari kerja tanganmu sendiri, mereka akan jauh lebih senang. 

Pada umumnya, setiap orang memiliki kelima bahasa cinta di atas. Namun, dalam bentuk mengekspresikan dan menerima cinta memiliki dominasi pada masing-masing bahasa cinta. 

Nah, setelah kamu membaca perbedaan kelima bahasa cinta, kamu tipe yang mana?

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id