sign up SIGN UP

LIFE

Tanaman Hias yang Punya Perawatan Mudah dan Cocok Untuk Pemula, Berminat?

Astari Dewi Larasati | Minggu, 04 Apr 2021 21:45 WIB
Tanaman Hias yang Punya Perawatan Mudah dan Cocok Untuk Pemula, Berminat?
caption

Sejak tahun lalu, jumlah peminat tanaman hias bertambah drastis karena adanya pandemi. Sayangnya banyak orang yang kurang pengalaman sehingga tanaman berakhir mati. Ditambah lagi jika tidak mempunyai ruang untuk tanaman yang cukup dan terbatasnya sinar matahari.

Merawat tanaman terasa sulit dan hobi menjadi terhambat. Namun hal ini tidak berlaku untuk jenis tanaman hias berikut ini. Karena perawatan yang diperlukan mudah dan rendah, sehingga sangat cocok bagi pemula.

Philodendron Brasil

Philodendron Brasil akan terlihat cantik jika diletakkan dekat jendela atau rak.
Pinterest.com/planterina

Dengan daun bergaris berbentuk hati yang tumbuh menjadi tanaman rambat, Philodendron Brasil akan terlihat cantik jika diletakkan dekat jendela atau rak. Walaupun jarang disiram, tanaman tidak akan cepat layu. Bahkan tidak perlu mendapat sinar matahari karena daun dapat terbakar. Waktu yang tepat untuk menyiram adalah saat tanah sebagian kering.

Swiss Cheese Plant

Tanaman jenis ini termasuk mampu tumbuh dimana saja.
Pinterest.com/terrain

Walaupun terlihat mewah dan mahal, perawatan tanaman ini cukup mudah lho. Jika tidak mendapat sinar matahari maka tidak perlu sering disiram. Cukup siram seminggu sekali atau pastikan tanah tetap lembut.

Tanaman jenis ini termasuk mampu tumbuh dimana saja selama memiliki akses sinar matahari. Cukup pastikan ada teralis untuk dijadikan sandaran agar daun lebih sehat dan besar.

Hedgehog Aloe

Hindari meletakkan di tempat gelap karena akan mudah mati.
Pinterest.com/bloomscape

Selama mendapatkan sinar matahari yang cukup, tanaman ini akan tetap hidup. Bahkan seiring waktu bisa menghasilkan bunga. Hindari meletakkan di tempat gelap karena akan mudah mati. Siram dengan air ketika tanah sudah kering lalu gunakan tanah berpasir untuk mencegah kekeringan. Jika daun mengeluarkan bintik cokelat, segera potong dari akarnya.

Dracaena Warneckii

Memiliki ukuran yang tinggi dan perawatan mudah, tanaman ini mempunyai banyak peminat.
Pinterest.com/bloomscape

Memiliki ukuran yang tinggi dan perawatan mudah, tanaman ini mempunyai banyak peminat. Tidak perlu sering disiram karena akan membuat daun menjadi cokelat. Cukup tunggu lapisan atas hampir kering, maka baru bisa disiram. Selain itu, tidak perlu mendapatkan sinar matahari jadi bisa diletakkan di tempat gelap.

Snake Plant

Jenis tanaman satu ini sudah cukup terkenal dan banyak peminatnya.
Pinterest.com/thesill

Jenis tanaman satu ini sudah cukup terkenal dan banyak peminatnya. Karena mampu bertahan dalam situasi apapun bahkan bisa menjadi pembersih udara dalam ruangan. Untuk waktu penyiraman bisa dilihat ketika pot tidak ada air sama sekali. Kemudian bisa diletakkan di ruangan yang sedikit gelap dan lembap. Gunakan tanah berpasir untuk mencegah penyiraman tidak merata yang menyebabkan akar menjadi busuk.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id