sign up SIGN UP

LIFE

Tips dan Trik Kamar Anti-gerah Tanpa Harus Menggunakan AC

Munjidah Hamsa | Jumat, 17 Jul 2020 21:00 WIB
Tips dan Trik Kamar Anti-gerah Tanpa Harus Menggunakan AC
caption
Jakarta -

AC atau Air Conditioner merupakan mesin pendingin ruangan. Tahukah kamu kalau memasang AC dan menyalakannya terlalu sering bisa memberikan efek samping ke tubuh. Memasang AC akan membuatmu mengalami kerugian-kerugian berikut ini:

  • Menggunakan AC bisa memberikan efek kering ke kulitmu jika digunakan terus-menerus
  • Menggunakan AC secara terus-menerus akan membuat tubuh terserap kelembapan alami dan harus dibarengi dengan konsumsi banyak air putih
  • AC ternyata memiliki memiliki kandungan zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida yang bisa menyebabkan sesak napas atau asma
  • Menggunakan AC terlalu sering juga meningkatkan penularan penyakit lebih besar akibat sirkulasi yang minim
  • Menggunakan AC akan mengeringkan selaput lendir, sehingga berisiko mengalami flu dan pilek lebih sering.

Dengan semua risiko di atas, kamu perlu tahu bahwa tidak semua ruangan perlu dipasang AC atau Air Conditioner agar dingin. Ladies bisa mengakali kamar jadi anti-gerah alias kamar anti-pengap tanpa harus pasang AC dengan beberapa trik berikut ini. Yuk, wujudkan kamar tanpa AC dengan cara-cara ini ya!

Tempatkan Kipas Angin Sebagai Sirkulasi Udara Ruangan

Memasang kipas angin dalam ruangan akan membantu sirkulasi udara dalam ruangan mengalir baik.
Pasang kipas angin dalam ruangan/Sumber: freepik.com

Agar ruangan atau kamarmu tetap terasa sejuk, kamu perlu membuat ruangan yang mempunyai sirkulasi atau aliran udara yang baik. Ruangan yang pengap terjadi akibat tidak adanya sirkulasi udara di dalamnya. Kamu bisa akali dengan mengarahkan kipas menghadap ke dinding yang berlawanan dengan tempat tidur atau tempat duduk agar sirkulasi kipas angin mengalir dengan baik.

Salah satu cara agar kamar anti-pengap adalah dengan menempatkan kipas angin di tempat yang tepat. Dengan adanya kipas angin, sirkulasi udara di dalam ruangan akan mengalir dengan baik. Kamu juga bisa meletakkan kipas angin mendekati jendela. Kamu juga bisa meletakkan semangkuk es batu di depan kipas angin untuk dingin yang lebih ekstra.

Pahami Arah Sirkulasi Udara Pintu, Ventilasi, dan Jendela

Adanya jendela, ventilasi, dan pintu akan membantu kamar jadi tidak lagi pengap.
Jendela ruangan membantu agar tidak pengap/sumber: freepik.com

Adanya pintu, ventilasi, dan jendela di suatu ruangan memegang peranan penting dalam menghadirkan sirkulasi udara di dalam ke luar kamar. Jika kamu telah memasang jendela, pasanglah gorden berwarna putih agar cahaya dan sinar matahari mampu terefleksikan sehingga tidak masuk ke ruangan.

Kamu juga bisa memasang ventilasi udara yang lebih besar agar sirkulasi udara yang masuk dan keluar bisa lebih maksimal. Kamu juga bisa memilih pintu yang tidak terlalu rapat atau ada celah di atas atau bawah pintu agar ruangan terasa lebih sejuk.

Manfaatkan Exhaust Fan

Pasang exhaust fan agar udara dalam kamar bisa ditarik ke luar ruangan.
Exhaust fan pada kamar/sumber: freepik.com

Agar kamarmu anti-pengap, kamu bisa lho pasang exhaust fan yang bisa membantu menarik udara ke luar ruangan. Hal ini bisa jadi solusi ketika ruangan yang kamu tempati tidak memiliki ventilasi udara yang cukup besar.

Jangan Menempatkan Terlalu Banyak Barang dan Perabot

Penempatan dan pemilihan perabot juga membantu ruangan terlihat lebih luas dan lapang.
Ruangan dengan kesan luas/sumber: freepik.com

Jika kamu menempati kamar dengan space yang terbatas, kamu wajib pintar pilih-pilih perabot dan menempatkannya agar tidak membuat kamarmu semakin gampang pengap. Hindari penggunaan perabot yang bertekstur, berpola, dan terlalu besar. Jika kamu menempatkan terlalu banyak perabot di dalam ruangan, kamarmu akan jadi penuh dan mempersempit ruang gerak. Agar kamar tidak pengap pilihlah perabot dengan minimalis dan simple.

Pengunaan Lampu Juga Berpengaruh Pada Pengapnya Ruangan

Penataan dan pemilihan lampu dalam kamar dapat mempengaruh pengap tidaknya suatu ruangan.
Penataan lampu dalam kamar/sumber: freepik.com

Tahukah kamu kalau ternyata penggunaan lampu juga memegang peran penting dalam pengap tidaknya kamar tanpa AC. Jangan pilih lampu CFL atau lampu neon karena lampu pijar mengonversi kurang lebih 90% total energi ke panas yang dipancarkan. Pilihlah lampu LED dengan watt kecil yang lebih hemat daya dan tidak memancarkan panas.

Ganti Cat Dinding dengan Warna Putih atau Warna Dingin

Mengecat dinding kamar dengan warna putih atau warna dingin akan membantu ruangan terasa lebih luas dan sejuk.
Ruangan dengan dinding warna putih/sumber: freepik.com

Salah satu cara untuk mengakali kamar yang terasa pengap adalah dengan menggunakan cat warna dingin atau warna putih ke dinding ruangan yang kamu tempati. Dengan menggantinya ke warna putih atau warna-warna dingin seperti hijau muda, tosca, biru muda, dan lain sebagainya, kamar yang kamu tempati akan terasa lebih luas dan lapang. Dengan efek yang dihadirkan, kamu jadi lebih nyaman menempati ruanganmu.

Letakkan Tanaman Hijau Saat Pagi dan Tengah Hari Di Dalam Ruangan

Adanya tanaman indoor akan membantu kamar terasa lebih sejuk.
Tanaman dalam kamar/sumber: freepik.com

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan kamar anti-pengap adalah dengan menempatkan beberapa tanaman hijau di dalam ruangan. Jika kamarmu tergolong sempit, pilihlah tanaman kecil atau sedang di dalam pot. Agar udara di dalam kamar tetap aman selama malam hari, keluarkan tanaman ketika malam hari tiba ya, Ladies!

Gimana? Udah tahu dong cara dan trik agar kamar tidak pengap lagi tanpa harus menggunakan AC? Semoga trik tadi membantumu mempunyai kamar anti-gerah tanpa AC!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id