sign up SIGN UP

LIFE

Biar Kerja Fokus, Begini Tips Menjauhkan Gangguan dari Gadget

Dian Aprilia | Kamis, 01 Apr 2021 13:30 WIB
Biar Kerja Fokus, Begini Tips Menjauhkan Gangguan dari Gadget
caption

Kamu setuju gak dengan pandangan bahwa ‘kita tak bisa hidup tanpa gadget?'

Jika coba mengamati rutinitas kita sehari-hari, gadget memang selalu ada di samping kita dan menemani berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan bangun tidur, pasti hal pertama yang dibuka adalah gadget.

Selanjutnya, saat bekerja, makan, refreshing dan lainnya, kita tidak bisa terlepas dengan gadget. Memang gadget ini memiliki manfaat luar biasa untuk mendukung kehidupan kita sehari-hari. Namun gadget juga bisa memberikan dampak negatif, utamanya saat waktu bekerja. Mulai dari kurang fokus, pekerjaan terbengkalai bahkan puncaknya bisa tidak tuntas.

Berikut beautynesia.id merangkum tips dan trik menarik untuk jauhkan gadget saat bekerja:

Teknik Pomodoro 

Teknik Pomodoro
Teknik Pomodoro/pexels.com

Apakah kamu pernah mendengar istilah pomodoro? Pomodoro ini adalah suatu teknik untuk mengelola waktu dengan memberikan waktu singkat untuk istirahat setelah bekerja dalam jangka waktu tertentu. Jadi kamu akan fokus bekerja selama 25 menit, lalu mendapatkan waktu istirahat selama 5 menit.

Siklus waktu tersebut dilakukan secara berulang sebanyak 4 kali. Jika berhasil, kamu berhak mendapatkan waktu istirahat yang lebih panjang, yakni selama 20 menit. Waktu ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan fokus dalam bekerja dan membuat kita lebih enjoy dan tidak tertekan.

Install Aplikasi Forest

Aplikasi forest
Aplikasi forest/play.google.com

Apakah kamu pernah melihat atau memakai aplikasi Forest? Aplikasi ini sangat cocok untuk meningkatkan fokus dalam bekerja dan juga belajar. Aplikasi ini juga bisa bikin kita lebih bisa mengontrol penggunaan gadget. Aplikasi Forest adalah aplikasi pengatur waktu untuk membantu kita tetap fokus dalam jangka waktu tertentu.

Jadi cara kerjanya adalah dengan mengatur waktu sesuai dengan keinginanmu. Misalnya 25 menit, 30 menit, 60 menit dan lainnya bergantung kebutuhan. Selama rentang waktu tersebut, aplikasi akan menanam bibit pohon. Jika kamu berhasil fokus selama waktu tersebut dan tidak keluar dari aplikasi tersebut, maka bibit yang ditanam bisa jadi pohon. Sebaliknya, jika kamu gagal fokus dan keluar dari aplikasi, maka bibit tumbuhan gagal tumbuh dan layu.

Hapus Aplikasi yang Bikin Kecanduan

Media social
Media social/pexels.com

Coba cek dan sadari, aplikasi apa yang selama ini sering membuatmu kecanduan. Misalnya instagram, Tiktok, atau berbagai media sosial lainnya. Jika kamu sulit untuk menahan diri mengaksesnya, kamu bisa melakukan jurus jitu dengan menghapus aplikasi tersebut.

Dengan begitu, saat kamu ingin melihatnya, kamu merasa malas dan enggan menginstall ulang karena ribet dan lama. Jadi hal ini bisa membantumu fokus bekerja, tanpa harus khawatir terdistraksi dengan media sosial.

Matikan Notifikasi Gadget

Gadget
Gadget/pexels.com

‘Duh pesan WA, email, telegram, banyak banget sih!’ Apakah kamu sering mengeluhkan hal yang sama? Jika iya, kamu bisa mematikan notifikasi beberapa aplikasi yang mengganggu dan tidak penting. Sehingga kamu bisa bekerja dengan tenang, tanpa terganggu bunyi atau getar dari notifikasi yang muncul.

Jauhkan Gadget

Gadget
Gadget/pexels.com

Tips terakhir adalah dengan menjauhkan gadget dari jangkauanmu saat bekerja. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau lemari. Hal ini akan membuatmu butuh effort lebih banyak untuk mengambilnya. Jadi kamu bisa fokus bekerja dengan tenang, tanpa khawatir terganggu dengan gadget.

Itulah 5 tips dan trik agar bisa bekerja dengan tenang, fokus dan lebih optimal lagi. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id