sign up SIGN UP

Wilayah Indonesia Terancam Tsunami Raksasa, BMKG Ingatkan Hal Ini

Tim Redaksi CNBC | Selasa, 14 Sep 2021 21:45 WIB
Wilayah Indonesia Terancam Tsunami Raksasa, BMKG Ingatkan Hal Ini
Potensi tsunami/ Foto: freepik/mumumemories
Jakarta -

Indonesia adalah negara yang berada di antara lempengan-lempengan besar dunia. Karena itu, Indonesia punya potensi gempa yang tinggi. Saat terjadi gempa, permukaan tanah akan bergerak dan menimbulkan beragam efek. Misalnya saja tanah retak, longsor, hingga tsunami.

Belum lama ini, muncul peringatan kemungkinan adanya tsunami 'raksasa' setinggi 20 meter yang bisa terjadi di pesisir selatan Pulau Jawa hingga Selat Sunda. Pergerakan lempeng diperkirakan akan menimbulkan gempa besar yang membuat gelombang tsunami besar.

Hingga saat ini, belum ada negara yang mampu mendeteksi tsunami secara cepat, tepat dan akurat. Namun, potensi tsunami bisa dipelajari sehingga kita bisa lebih mempersiapkan diri saat terjadi skenario terburuk.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan jika skenario yang dimaksud artinya masih bersifat potensi yang bisa saja terjadi atau bahkan tidak terjadi. Namun, masyarakat dan pemerintah daerah harus sudah siap dengan skenario terburuk tersebut.

Penasaran dengan berita lengkapnya? Klik DI SINI!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id