sign up SIGN UP

LIFE

Yuk Mulai! Inilah Cara Untuk Membuat Kebun Tanaman Bahan Dapur di Rumah!

Astari Dewi Larasati | Kamis, 08 Oct 2020 08:30 WIB
Yuk Mulai! Inilah Cara Untuk Membuat Kebun Tanaman Bahan Dapur di Rumah!
caption
Jakarta -

Saat seperti ini ada beberapa cara untuk mengisi waktu lowong selama di rumah. Salah satunya adalah berkebun dengan membuat kebun tanaman bahan dapur di rumah. Daripada membelinya, lebih baik untuk menanamnya sendiri, apalagi jika berhasil maka bisa dijalankan bisnis.

Namun ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan dari jumlah ruang yang dimiliki hingga cara menumbuhkan tanaman. Yuk ikuti cara untuk membuat kebun tanaman bahan dapur dirumah sebagai berikut ini.


Cari tempat

Tempat kebun sangat bepengaruh dan harus diperhatikan sesuai kebutuhan.
Cari tempat/freepik.com

Jika ingin membuat kebun di luar rumah, carilah tempat yang mendapatkan sinar matahari dan seberapa luas perkarangan rumah. Bisa ditanam langsung di tanah maupun menggunakan pot tanaman. Sedangkan jika di dalam ruangan rumah, cari ruangan yang mendapatkan sinar matahari serta alat yang tepat. Seperti pot dengan drainase yang baik, tanaman atau benih, tanah yang tepat, pupuk, baki untuk menampung air, hingga sekop.

Cara memilih tanaman

Karena masih awal pilih tanaman yang mudah dirawat kemudian baru yang sulit.
Cara memilih tanaman/freepik.com

Pertama pilihlah tanaman yang tidak terlalu susah merawatnya seperti cabai, daun jeruk, bawang merah, daun bawang, hingga sayuran. Selain itu, dapat memilih tanaman yang sering dijadikan sebagai menu hidangan favorit keluarga. Jika sudah berhasil pada tanaman yang mudah untuk merawat, maka bisa dikembangkan menjadi tanaman yang sulit dirawat sehingga pengetahuan dapat lebih berkembang.

Benih atau tumbuhan jadi

Masing-masing memiliki cara merawat, kelebihan, dan kekurangan.
Benih atau tumbuhan jadi/freepik.com

Untuk membuat kebun tanaman dapur bisa dari benih atau tumbuhan. Biasanya jika akan berkebun di luar rumah maka memilih benih, sedangkan untuk di dalam rumah bisa memilih tumbuhan jadi. Lalu aturan kedalaman menanam benih atau tumbuhan jadi penting untuk diperhatikan.

Jika menanam dalam pot, maka pastikan menabur benih dengan kedalaman sekitar dua kali ketebalan benih. Untuk tumbuhan jadi, perhatikan pemilihan tanah yang tidak terlalu lembap. Pastikan tanaman berjarak satu sama lain, karena jika ditempatkan terlalu dekat maka akan berkerumun sehingga berpotensi menyebabkan masalah dengan sistem akar.

Cara menyiram

Tiap jenis tanaman akan berbeda cara menyiramnya, maka dari itu perhatikan lebih teliti.
Cara menyiram/freepik.com

Tiap jenis tanaman akan berbeda cara menyiramnya, maka dari itu perhatikan lebih teliti. Hindari untuk menyiram tanaman tiap hari karena bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik. Lalu pastikan air tidak merendam tanaman karena akan berakhir membuat akar menjadi busuk. Untuk tanaman di luar ruangan tidak perlu terlalu sering menyiram karena akan mendapat siraman air dari air hujan. Waktu paling tepat untuk menyiram tanaman adalah pagi hari.

Pemilihan pupuk

Pupuk akan sangat berpengaruh untuk menyuburkan tanaman maka jangan berlebihan memakainya.
Pemilihan pupuk/freepik.com

Sebenarnya tanaman tidak perlu memakai pupuk jika tidak terlalu diperlukan. Namun pupuk akan sangat berpengaruh untuk menyuburkan tanaman. Pastikan tidak menggunakan pupuk secara berlebihan dan dua minggu sekali saja. Karena jika memakai pupuk berlebihan maka akan mengubah rasa dari tanaman dapur. Sedangkan tanaman dalam ruangan tidak terlalu membutuhkan pupuk.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id