sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Kiat Ciptakan Rasa Aman Selama Pandemi di Rumah pada Anak

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 22 Jul 2021 10:00 WIB
5 Kiat Ciptakan Rasa Aman Selama Pandemi di Rumah pada Anak
5 kiat orang tua bersikap untuk menciptakan rasa normal bagi anak selama di rumah/ Foto: Freepik.com

Hari Anak di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, seakan mengingatkan kembali tentang hak-hak anak yang harus terpenuhi. Mulai dari hak untuk mendapatkan pendidikan, pengajaran hingga perhatian dari orang tua. Di masa pandemi seperti saat ini, kondisi anak-anak yang turut 'dirumahkan' dan melakukan banyak aktivitas dari rumah, mulai menjadi perhatian.

Bagaimana tidak, mereka yang biasanya bisa pergi ke sekolah, bertemu dengan guru dan teman-teman terpaksa harus belajar daring. Demikian hal nya dengan aktivitas bermain outdoor yang tidak bisa dilakukan sebagaimana keadaan normal. Mengingat kondisi ini, maka peran orang tua untuk menciptakan rasa aman dan normal bagi anak selama di rumah sangatlah penting.

Dikutip dari Unicef, virus covid-19 membawa serta perasaan seperti kecemasan, stres, dan ketidakpastian, dan perasaan itu juga sangat dirasakan oleh anak-anak dari segala usia. Meskipun semua anak menghadapi emosi seperti itu, mereka perlu diingatkan untuk tetap merasa dicintai dan didukung lebih dari sebelumnya.

Dr. Lisa Damour memberikan kiat bagaimana orang tua dapat membantu menciptakan rasa normal bagi anak selama di rumah. Simak selengkapnya di bawah ini.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id