sign up SIGN UP

LIFE

Berita Hoaks Covid-19 Semakin Marak, Ini 4 Alasan Pentingnya Menghindari Berita Hoaks di Media Sosial

Ni Made Dwi Agustina | Selasa, 20 Jul 2021 10:30 WIB
Berita Hoaks Covid-19 Semakin Marak, Ini 4 Alasan Pentingnya Menghindari Berita Hoaks di Media Sosial
Foto: Ini 4 Alasan Pentingnya Menghindari Berita Hoaks di Media Sosial/Freepik.com

Perkembangan dunia digital kini tidak dapat dibendung lagi, salah satunya perkembangan media informasi dan komunikasi. Jika berbicara mengenai perkembangan media informasi dan komunikasi, tidak terlepas dari peran media sosial sebagai ‘penghubung’ masuknya informasi yang kemudian di ‘konsumsi’ oleh khalayak ramai. Kondisi ini tentunya menuai pro dan kontra, tidak terkecuali beredarnya berita hoaks yang kian menggunung.

Akhir-akhir ini berita hoaks banyak diperbincangkan, terutama terkait pandemi covid-19. Beragam berita yang masuk melalui media sosial akhirnya menimbulkan persepsi masyarakat, baik itu persepsi benar maupun salah. Persepsi yang salah ini dapat memicu berita hoaks yang akan membuat perpecahan masyarakat. Oleh karenanya, kondisi seperti ini penting untuk di hindari. Berikut ini adalah alasan pentingnya menghindari berita hoaks di masa pandemi covid-19.

1. Tidak Mudah Terprovokasi

Tidak terprovokasi berita hoaks
Tidak terprovokasi berita hoaks/ sumber: freepik.com/ yanalya

Umumnya berita hoaks memiliki sifat persuasif atau mengajak pembacanya untuk mendukung berita yang telah dibuat. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya ‘termakan’ oleh berita hoaks yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut membuat kekacauan.

Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini yang juga tidak kalah banyak beredar berita hoaks di media sosial yang dapat memicu perpecahan masyarakat. Untuk itu, pentingnya menghindari informasi hoaks ini sangat penting agar kita tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

2. Bijak Menggunakan Media Sosial

Berita hoaks di media sosial
Berita hoaks di media sosial/ sumber: freepik.com

Memasuki era digital, penyebaran informasi sudah semakin meluas. Masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi melalui media sosial. Namun, penggunaan media sosial tidak selalu dimanfaatkan secara positif. Salah satunya menyebarkan berita-berita hoaks, termasuk berita hoaks tentang virus covid-19 yang banyak beredar di media sosial.

Penyebaran informasi yang semakin meluas tersebut, membuat masyarakat dihimbau agar lebih barhati-hati dalam menggunakan media sosial. Masyarakat dianjurkan untuk lebih pandai menyikapi berita-berita yang tersebar melalui media sosial.

Kemudian, penggunaan media sosial hendaknya dimanfaatkan dengan baik sebagai sarana mempermudah komunikasi dan penyebarluasan informasi. Hindari penyalahgunaan media sosial untuk hal-hal yang mengandung ujaran kebencian, berita hoaks, SARA, dan masih banyak lagi.

3. Belajar Berpikir Kritis

Tidak mencari berita hoaks
Tidak mencari berita hoaks/ sumber: freepik.com/ dianagrytsku

Berpikir kritis juga tidak kalah pentingnya dalam menghadapi masuknya berbagai berita yang bereda di media sosial maupun kehidupan bermasyarakat. Kita tidak mampu menyaring berita-berita yang masuk melalui media sosial, namun kita dapat mencegah berita-berita hoaks tersebut dengan pikiran yang cerdas.

Sebelum menyikapi sebuah berita, sebaiknya ketahui sumber dari berita tersebut. Jangan langsung memberikan persepsi, apalagi persepsi yang mengandung provokasi.

Kita harus belajar berpikir kritis agar dapat bersikap dengan baik dan tidak ceroboh, sehingga dapat merugikan diri sendiri. Untuk itu, jangan malas untuk mencari tahu terlebih dahulu sumber berita sebelum mengemukakan pendapat kepada khalayak ramai.  

4. Mendukung Penyebaran Berita Faktual

Hilangkan berita hoaks
Hilangkan berita hoaks/ sumber: freepik.com

Salah satu upaya untuk melawan penyebaran berita hoaks yang beredar di media sosial adalah melawan dengan penyebaran berita faktual. Mendukung penyebaran berita faktual penting dilakukan untuk menghindari berita hoaks yang dapat memicu ketidaknyamanan di kalangan masyarakat, misalnya pandemi covid-19.

Kamu bisa mencari berita-berita faktual terkait covid-19 yang diperoleh dari sumber-sumber terpercaya. Perbanyak membaca berita-berita faktual terkait informasi covid-19 dari beragam sumber terpercaya. Kemudian, kamu bisa mendukung berita faktual tersebut melalui media sosial pribadi kamu atau secara langsung. Dengan demikian, kamu bisa turut membantu masyarakat agar terhindar dari berita hoaks.

Beauties, itu dia 4 alasan pentingnya menghindari berita hoax. Setelah mendapatkan informasi segeralah periksa terlebih dahulu kebenarannya ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id