sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Anak Pendiam dan Pemalu? Begini Tips Melatih Si Kecil untuk Bersosialisasi

Ade Irma Suryani | Senin, 22 Feb 2021 20:00 WIB
Anak Pendiam dan Pemalu? Begini Tips Melatih Si Kecil untuk Bersosialisasi
Anak Kecil/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Orang tua mana yang tidak bahagia jika buah hatinya adalah termasuk anak yang ceria, supel, dan bisa bergaul dengan siapa saja. Namun yang namanya kepribadian, tentu setiap anak juga memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Seperti halnya anak yang pendiam dan pemalu. Memiliki anak yang pendiam dan pemalu terkadang membuat sebagian dari orang tua begitu khawatir. Karena takut akan menghambat proses bersosialisasi di kemudian hari.

Mengingat kemampuan bersosialisasi itu sangat penting, maka para orang tua yang memiliki anak yang pendiam dan pemalu perlu mulai melatih anaknya untuk bisa bersosialisasi dengan baik sejak dini. Berikut tips yang dapat orang tua lakukan dalam melatih anak untuk bisa bersosialisasi. 

 

1. Bina Hubungan yang Lebih Terbuka dengan Anak

Bina hubungan yang lebih terbuka dengan anak.
Hubungan yang Lebih Terbuka/freepik.com

Sedari anak masih usia dini, orang tua perlu membina hubungan yang lebih terbuka dengan anak. Biasakan untuk mengajak anak bercerita dan curhat tentang pengalaman atau hal-hal yang dialaminya sehari-hari di sekolah. Dengan sering mengajak anak mengobrol, maka ia akan terbiasa dalam mengungkapkan isi pikiran dan perasaannya, serta menjadi terlatih untuk berani berkomunikasi. Selain itu, anak dapat menjadi pribadi yang lebih lebih terbuka dengan lingkungan sosialnya. 

 

2. Bangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

Bangun Rasa percaya dini pada anak.
Bangun Rasa Percaya Diri/freepik.com

Tak kalah jauh lebih pentingnya, orang tua juga perlu membangun rasa percaya diri pada anak sejak kecil. Di samping itu, ajarkan juga pada anak secara sederhana tentang pentingnya bersosialisasi dengan orang lain. Orang tua dapat melatih anak dengan membiarkan si kecil menjawab namanya sendiri ketika ada yang bertanya, mengajaknya untuk menyapa anak tetangga, atau menyuruhnya memesan makanan saat di restoran. 

 

3. Ajak Anak untuk Bergabung Kegiatan Kelompok

Agar anak lebih mudah bersosialisasi, ajak bergabung ke dalam kegiatan kelompok.
Kegiatan Kelompok/freepik.com

Agar anak dapat lebih mudah bersosialisasi, orang tua dapat mencoba mengikutsertakan anak ke dalam kegiatan kelompok yang ada di sekolah, seperti halnya kegiatan Pramuka atau kegiatan berkelompok lain yang sesuai bakat dan minatnya. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, selain dapat mengasah bakat anak dalam bidang yang disukai, juga dapat membantu anak yang pendiam dan pemalu menjadi lebih mudah untuk bergaul. 

 

4. Ajak Sanak Saudara untuk Menginap di Rumah

Ajaklah saudara untuk menginap di rumah agar anak ada teman untuk bersosialisasi.
Mengajak Saudara Menginap di Rumah/freepik.com

Saat akhir pekan atau di momen liburan sekolah, orang tua juga dapat mengajak sanak saudara termasuk para sepupu yang seumuran dengan anak untuk berkumpul bersama dan menginap di rumah. Selain dapat menyambung silahturahmi, hal ini juga sekaligus dapat membantu anak untuk lebih terlatih dalam bersosialisasi. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih anaknya yang pendiam dan pemalu agar bisa bersosialisasi. Meskipun begitu, orang tua juga perlu memahami bahwa ada kalanya anak-anak juga bisa sedikit terlambat dalam beradaptasi dengan hal-hal baru, sehingga hal ini pun terkadang ikut mengganggu dalam proses bersosialisasi dengan sekitarnya. Karena itulah, orang tua perlu bersabar dan terus mendampingi si kecil dalam setiap prosesnya. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id