sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tanpa Sadar, Ini Tanda Kita Jadi Orang Tua Toxic!

Izzul Millati Umami | Sabtu, 06 Feb 2021 19:00 WIB
Tanpa Sadar, Ini Tanda Kita Jadi Orang Tua Toxic!
caption
Jakarta -

Banyak orang tua yang berusaha keras jadi figure yang baik buat sang anak. Sangat wajar buat bikin kesalahan ketika proses parenting terjadi. Nggak ada sosok orang tua yang sempurna banget. Namun, sebaiknya memang ilmu parenting harus diperbarui terus-terusan. Pastikan tidak jadi orang tua toxic, ya!

Orang tua toxic tentu bikin anak hilang energi, nggak semangat, yang paling parah bikin anak kehilangan jati dirinya sendiri. 

Orang tua yang toxic bikin anak suka bohong

anak bohong
anak bohong/sumber:pixabay

Tanpa sadar, orang tua yang toxic bikin anak jadi suka bohong. Ketika anak mengungkapkan kejujuran yang pahit, orang tua justru menyalahkan kenapa sang anak melakukan hal tersebut. Padahal, menyalahkan anak akan kejujuran justru bikin si anak jadi bohong terus. 

Susah memberikan pujian ke anak adalah tanda toxic parents

pujian anak
pujian anak/sumber:pixabay

Sebagai orang tua yang baik, tentu penting untuk memberikan ungkapan cinta dan pujian pada anak. Ungkapan macam “ibu bangga punya kamu nak” atau “kamu pasti bisa melakukannya kok” adalah beberapa contoh ucapan yang baik untuk didengar anak. Mendengarnya membuat anak merasa dibutuhkan. Sayangnya, banyak orang tua yang justru lupa memberikan pujian. Masih sering terdengar ibu-ibu yang bikin anak insecure dengan ucapan “ibu malu punya kamu” dan lainnya. 

Anak dituntut jadi perfect demi menyenangkan orang lain, utamanya tetangga

toxic parent
toxic parents/sumber:pixabay

Nggak ada satu anak pun di dunia ini yang bisa memilih terlahir dari orang tua mana. Namun, orang tua bisa memilih akan menjadi sosok seperti apa bagi anaknya kelak. Lagi pula, nggak ada anak yang perfect. Seorang anak memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak lain. So, tentu takdirnya pun juga beda. Ketika orang tua masih menuntut anak jadi ini itu, tandanya ia toxic. 

Orang tua yang suka toxic sering mengkritik anak tanpa mendorongnya untuk lebih baik

Alih-alih mendorong sang anak untuk jadi lebih-baik, orang tua toxic akan terus menyalahkan si anak akan kesalahan yang dilakukan. Padahal, sebagai orang tua yang baik sebaiknya cukup memberi tahu kesalahan dan mencontohkan yang baik. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id